Segernya Es Dawet Kudus Cak Minto, Bikin Rela Ngantri!

es dawet kudus cak minto

gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
22 Jul 2019


Segernya Es Dawet Kudus Cak Minto, Bikin Rela Ngantri!
Pas ngetik review ini jadi nelen ludah keinget rasanya, segerrr!

Kota Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Selain memang banyak sekali penduduknya dan dikenal sering macet, Surabaya juga dikenal sebagai kota yang punya cuaca panas. Wajar dong ya, namanya juga ibukota pastinya tempatnya polusi apalagi Surabaya lokasinya ada di kawasan pesisir. Nah, untuk menyegarkan siang hari di Surabaya aku kemarin sempet nyobain es yang enak banget, bukan khas Surabaya sih tapi yang beli rame banget yaitu Es Dawet Kudus Cak Minto.

lokasi es dawet kudus cak minto

Es Dawet Kudus emang udah terkenal kelezatannya dan rasanya juga khas banget. Untungnya, sekarang aku ngga perlu buat jauh-jauh ke Kudus kalo pengen minumnya, cukup dateng aja ke Jalan Mayjend Sungkono no 5, Surabaya. Ngga susah buat cari warung dawet ini guys, lokasinya ada di pinggir jalan tepatnya setelah kantor KPU Surabaya, kalian langsung bisa mengenalinya dengan banyaknya kendaraan yang terparkir disana, yang beli antri banget guys.

Lokasi warungnya sederhana sekali dan ngga terlalu besar. Pembelinya yang rela ngantri pun sampe harus rela untuk duduk di trotoar yang adem banget karena banyak dipenuhi pepohonan. Meskipun tempatnya sederhana, tapi ternyata es dawet ini udah legendaris banget lho guys. Es Dawet ini dibuat sendiri oleh pemiliknya yaitu Ruminta atau yang dikenal dengan nama Cak Minto. Kedai dawet ini udah ada sejak tahun 1996 dan masih bertahan hingga saat ini. Rasanya pun katanya masih sama dari dulu sampe sekarang, ngga berubah tetep enak karena menggunakan bahan pilihan. Pantesan aja yang beli banyak banget.

es dawet kudus cak minto

Lalu apa istimewanya sih? Segelas atau seporsi Es Dawet Cak Minto ini sederhana sekali guys. Disajikan dalam gelas yang sedang, isiannya ada dawet berwarna merah muda, tape, santan, susu kental manis, gula merah dan serutan es batu. Rasa manisnya berasal ngga hanya dari susu kental manisnya aja guys tapi juga dari gula merahnya yang bikin rasanya makin istimewa. Teksturnya yang agak kental ini karena porsi susu kental manis yang cukup banyak. 

pembuatan es dawet kudus cak minto

Untuk rasanya? Ngga usah diragukan lagi guys. Seger banget dan cocok banget dinikmati saat udara Surabaya lagi panas-panasnya. Rasa manis yang dihasilkan dari gula merah ini pas banget, ngga terlalu manis yang aneh gitu. Ditambah lagi dengan tekstur dawetnya yang super lembut plus rasa asam manis yang berasal dari tapenya guys. Pokoknya ketika semua bahan ini tercampur dalam gelas, rasanya bener-bener perfect.

es dawet kudus cak minto

Harga yang dipatok untuk segelas Es Dawet ini ngga mahal kok guys, cuma Rp 8.000 aja per gelasnya. Dengan harga kurang dari Rp 10.000, kalian udah bisa menyegarkan tenggorokan kalian ditengah panasnya Kota Surabaya.

es dawet kudus cak minto

Sebagai camilannya, disini juga tersedia berbagai gorengan yang bisa kalian pilih. Ada tahu bakso, sate puyuh, sate usus dan masih banyak lagi lainnya. Harganya pun cukup terjangkau, kisaran Rp 1.000 sampe Rp 3.000.

es dawet kudus cak minto

Nah, itu dia ulasan aku saat mencoba segarnya Es Dawet Kudus Cak Minto ini guys. Kalian yang ada di Surabaya, wajib banget cobain minum langsung disini. Ohya, kalo kalian mau kesini, Kedai Es Dawet Cak Minto ini buka setiap hari mulai jam 09.00 sampe jam 17.00. Saran aku, kalo kalian ngga pengen antri terlalu lama dan pengen menikmati Es Dawet ini dengan tenang, kalian jangan datang saat jam makan siang ya guys. Selamat mencoba ya..

Youtube by Gotravelly

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY