10 Makanan Khas Turkmenistan Bikin Ketagihan


prita  August 21, 2022  0 Comment

Turkmenistan merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tengah yang menawarkan pemandangan alam memukau. Tak hanya itu, negara ini juga menawarkan beragam kuliner khas yang bisa membuat siapapun ketagihan saat pertama kali mencobanya. Makanan khas Turkmenistan tentu cukup banyak ragamnya, mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, makanan penutup hingga kudapan. Semuanya makanan tersebut terkenal memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Turkmenistan dan penasaran ingin mencicipi apa saja makanan khas Turkmenistan yang enak, berikut ini adalah daftarnya.

1. Chorek

Chorek
mission-food.com

Chorek menjadi makanan khas Turkmenistan pertama yang wajib untuk kamu cicipi. Chorek ini merupakan sajian roti pipih khas Turkmenistan yang terbuat dari tamdyr, yaitu oven tanah liat yang dianggap sebagai tempat paling suci di sebuah rumah.

Menurut tradisi di Turkmenistan, sajian ini tidak boleh dipotong atau dipatahkan sembarangan dengan satu tangan. Melainkan harus dipecah dengan kedua tangan. Membalik sepotong chorek menghadap ke bawah atau membuangnya juga dilarang.

Gotravelly

Cobain Ragam Varian Sambel Mbah Djono, Pedesnya Bikin Nyonyor!

Nyobain Katsu Ala Jepang Yang Viral Di Kimukatsu

2. Kovurma

Kovurma
turkishfoodie.com

Makanan khas Turkmenistan yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Kovurma. Kovurma merupakan daging yang dipotong kecil-kecil dan digoreng atau ditumis dengan lemak hewani.

Kovurma dianggap sebagai salah satu sajian paling lezat dan bisa dimakan baik panas maupun dingin. Untuk membuat sajian ini diperlukan bahan-bahan seperti daging sapi, bawang bombay, bawang putih, paprika hijau dan merah, tomat merah, daun bawang, saus sambal, lada hitam, kentang dan garam.

3. Gutap

Gutap
mrsmahiya.wordpress.com

Dalam Bahasa Indonesia, Gutap memiliki arti bulan sabit. Gutap merupakan sebuah sajian sejenis roti pipih ya g diberi isian daging sapi atau daging domba dan bawang.

Cara membuat gutap ini dengan memasaknya dalam wajan di atas kompor dan dimakan dengan satu tangan. Gutap memiliki beragam varian isi, mulai dari daging, kentang, bayam atau labu.

4. Kazanlama

Makanan Khas Turkmenistan
chefspencil.com

Makanan khas Turkmenistan berikutnya adalah Kazanlama. Kazanlama ini disebut sebagai hidangan kuno karena secara tradisional sajian ini disiapkan oleh para gembala di padang pasir menggunakan saxaul, yaitu semak gurun yang juga digunakan untuk memasak sashlik.

Kazanlama dibuat dari daging domba yang dipotong kemudian diberi bumbu garam, bawang putih dan paprika. Setelah itu daging domba ditempatkan langsung ke atas bara panas dan ditutupi dalam kuali besar. Kazanlama memang bukan menjadi sajian yang mudah dibuat, namun menjadi sajian ya g patut untuk kamu tunggu.

5. Pilaf

Pilaf
symbolhunt.com

Pilaf merupakan makanan khas Turkmenistan yang terdiri dari nasi dan daging. Biasanya, penduduk Turkmenistan lebih suka menikmati sajian ini dengan menggunakan daging domba.

Cara membuat sajian ini yaitu dengan membumbui campuran nasi yang diberi rempah-rempah, lada, bawang, sayuran yang dipotong tipis dan terkadang juga diberi buah segar atau buah kering. Sementara untuk bagian daging, dipanggang dengan potongan bawang bombay dan wortel, kemudian direbus bersama nasi hingga berubah menjadi kuning cerah.

6. Dograma

Dograma
caspiannews.com

Makanan khas Turkmenistan yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Dograma. Secara harfiah, dograma memiliki arti memotong-motong dan sajian ini memiliki sejarah yang cukup panjang karena berasal dari ritual pengorbanan.

Biasanya dograma disiapkan untuk hari libur dan pada acara keagamaan khusus, seperti Gurbanlyk, yaitu hari libur keagamaan yang jatuh pada hari kesepuluh bulan Islam Zulhijja. Proses pembuatan sajian ini dimulai dengan memanggang beberapa roti pipih dalam tamdyr atau oven tanah liat dan merebus daging kambing segar dalam kuali besar hingga dagingnya empuk. Kemudian roti dirobek menjadi potongan-potongan kecil dan dicampur dengan irisan bawang serta daging suwir, lalau disajikan dalam mangkuk dan diguyur dengan kuah kaldu panas.

7. Dogroma Chorba

Dogroma Chorba
caspiannews.com

Jika kamu pecinta sup, maka kamu wajib untuk mencicipi makanan khas Turkmenistan yang satu ini, yaitu Dogroma Chorba. Dogroma Chorba merupakan sup daging lain dengan rasa yang luar biasa dan menjadi salah satu sajian yang cukup populer.

Dogroma Chorba ini sangat mudah dibuat, yaitu  dengan cara merebus daging kambing atau daging domba beserta ginjal, jantung dan paru-parunya menggunakan garam dan merica untuk bumbu serta diberi tambahan tomat. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus menjadi satu dan dimasak dalam kaldu mereka. Potongan roti pipih dan bawang cincang menjadi pelengkap untuk menikmati dogroma chorba ini.

8. Manti

Manti
whats4eats.com

Makanan khas Turkmenistan selanjutnya adalah Manti. Manti merupakan pangsit yang diberi isian daging, bawang, garam dan lada hitam.

Manti ini bisa disajikan dalam dua versi, yaitu versi kukus dan versi digoreng. Untuk versi gorengnya cenderung memiliki dasar cokelat dengan tekstur yang renyah, sementara varian kukusnya lebih berisi dan berair. Kamu bisa memilih varian sesuai dengan selera kamu.

Manti sebenarnya tak hanya bisa ditemukan di Turkmenistan saja, Manti juga bisa ditemukan dengan mudah di Turki dan Azerbaijan juga Kazakhstan.

9. Shurpa

Shurpa
whatscookinginyourworld.blogspot.com

Shurpa juga menjadi salah satu makanan khas Turkmenistan yang tak kalah nikmat untuk kamu coba. Jika diperhatikan sekilas, shurpa ini memiliki tampilan yang mirip dengan sop khas Indonesia.

Sama halnya dengan Manti, Shurpa juga tak hanya terkenal di Turkmenistan, tapi juga di negara Asia Tengah lainnya. Shurpa merupakan sup yang terbuat dari kaldu kambing dan lengkap dengan tambahan kentang juga tomat. Kemudian terdapat tambahan sayuran dan bumbu, seperti bawang goreng, wortel, tepung terigu, daun salam, garam dan merica. Setelah selesai, selanjutnya sup ditambah dengan krim asam dan ditaburi dengan daun seledri agar semakin nikmat.  

10. Shashlyk

Sashlyk
en.wikipedia.org

Makanan khas Turkmenistan yang terakhir adalah Sashlyk. Sajian yang satu ini terbilang mirip dengan sate khas Indonesia karena berupa potongan daging yang ditusuk. Bedanya, daging yang digunakan biasanya adalah daging domba, kemudian dipanggang di atas api terbuka yang terbuat dari haloxylon. Haloxylon merupakan semak yang mirip pohon yang banyak tumbuh di Gurun Karakum Turkmenistan yang luas. Tumbuhan ini memberikan rasa pada daging yang dimasak di atasnya. Bisa dibilang Shashlyk menjadi salah satu sajian yang paling populer di Turkmenistan dan paling banyak dicari. Meskipun begitu, shashlyk juga tak hanya bisa kamu temukan di Turkmenistan saja, tapi juga beberapa negara di Asia Tengah lainnya.

Itulah tadi daftar makanan khas Turkmenistan yang patut untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Sajian khas Turkmenistan ini memang didominasi dengan daging kambing ataupun domba dengan bumbu rempah yang khas. Nah, dari 10 makanan khas Turkmenistan di atas, kira-kira makanan mana yang paling ingin kamu cicipi?



Leave a Reply