Kelezatan 10 Makanan Khas Tapanuli Bikin Perut Menari


prita  July 9, 2021  0 Comment

Tapanuli merupakan sebutan umum untuk kawasan-kawasan yang berada di pesisir pantai barat Provinsi Sumatera Utara. Selain memiliki sederet tempat wisata keren yang mampu menarik banyak wisatawan, Tapanuli ternyata juga menawarkan ragam kuliner khas yang tak boleh kamu lewatkan. Jika kamu berencana pergi berlibur di kawasan Tapanuli, jangan lupa untuk mencicipi 10 Makanan khas Tapanuli

1. Arsik

Arsik
langsungenak.com

Makanan khas Tapanuli yang pertama adalah Arsik. Arsik merupakan makanan yang cukup populer di Tapanuli sehingga wisatawan yang datang kesana wajib untuk mencicipinya.

Arsik merupakan sajian ikan mas dengan bumbu kuning. Ikan mas memang menjadi bahan utama dalam sajian ini, namun menariknya ikan mas ini tidak dibuang sisiknya. Ikan mas tersebut digoreng kemudian disiram dengan kuah pedas yang kaya rempah. Bumbu tersebut sangat khas dengan campuran rempah khas wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti Asam Cikala dan Kamuliman.

Paket Wisata murah

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat

2. Sup Sipirok

Sup Sipirok
brisik.id

Sup Sipirok juga menjadi makanan khas Tapanuli yang wajib untuk dicoba. Bisa dibilang makanan ini cukup unik dank arena terbuat dari sumsum kerbau.

Mungkin sajian ini masih cukup asing karena biasanya sup terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Namun ternyata daging kerbau juga tak kalah nikmat dengan daging sapi. Sup Sipirok ini disajikan dengan kuah bening dengan cita rasa yang gurih. Sumsum kerbau ini dimasak dengan api kecil dalam waktu yang lama sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk. Biasanya sup sipirok ini disajikan dengan nasi putih dan beberapa lauk lainnya, seperti teri tawar goreng, udang kecepe sambal pati hingga gulai ikan sale.

3. Daging Bakar Sambal Asam

Daging Bakar Sambal Asam
nguli-online.me

Makanan khas Tapanuli berikut ini memang sekilas tampak seperti dendeng balado, namun daging bakar sambal asam ini memiliki rasa yang berbeda. Daging bakar sambal asam khas Tapanuli ini disajikan dalam potongan daging yang lebih kecil.

Daging yang digunakan biasanya daging kerbau atau daging sapi yang dipotong kecil kemudian disajikan dengan saus sambal yang diberi potongan bawang merah. Daging ini memiliki rasa yang cukup menarik dan pedas, tak heran banyak orang yang ketagihan untuk terus mencobanya saat pertama kali mencicipi daging asap sambal asam ini.

4. Lappet

Lappet
tripelaketoba.com

Untuk kamu yang ingin mencicipi makanan khas Tapanuli yang berupa makanan ringan, kamu bisa mencicipi Lappet ini. Lappet merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kelapa yang kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang.

Biasanya Lappet ini dibentuk seperti limas dan proses pembuatannya tidak terlalu rumit. Tepung beras dicampur dengan kelapa parut yang kemudian dibungkus dengan daun pisang barulah dikukus sampai matang. Proses pembuatan lappet ini hampir mirip dengan pembuatan kue ombus ombus.

5. Ombus Ombus

Ombus Ombus
merahputih.com

Selain Lappet, Ombus Ombus juga menjadi salah satu makanan khas Tapanuli yang berupa jajanan. Sama halnya dengan lappet, ombus ombus juga dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang.

Ombus Ombus ini sangat nikmat jika dimakan saat hangat. Jajanan ini sebenarnya berasal dari kawasan Tapanuli Utara namun kamu juga bisa menemukannya di kawasa Sipirok atau Tapanuli Selatan. Biasanya Ombus Ombus ini dinikmati dengan kopi atau teh saat bersantai.

6. Ayam Napinadar

Ayam Napinadar
borukaro.com

Tak hanya daging, makanan khas Tapanuli selanjutnya adalah Ayam Napinadar. Sajian ayam ini biasanya dihidangkan saat apa pesta adat tertentu di Tanah Batak.

Ayam Napinadar ini tentunya memiliki keunikan tersendiri, yaitu penggunaan saus dari darah ayam itu sendiri. Proses pengolahan ayam napinadar ini diawali dengan memanggang ayam terlebih dahulu kemudian disiram dengan saus dari darah ayam yang telah dicampur dengan andaliman atau merica batak dan bawang putih yang telah digiling. Biasanya Ayam Napinadar ini menjadi makanan istimewa yang diberikan pada keluarga atau orang yang dipercaya bisa meraih kesuksesan dalam pekerjaan.

7. Dali ni Horbo

Dali ni Horbo
correcto.id

Makanan khas Tapanuli yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Dali ni Horbo. Mungkin nama sajian ini masih terdengar asing, namun makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan keju. Tak heran jika banyak yang menyebut Dali ni Horbo ini sebagai Keju Batak.

Dali ni Horbo ini terbuat dari susu kerbau dan memiliki banyak sebutan di Batak, seperti Bagot ni Horbo. Dalam Bahasa Batak, Bagot artinya adalah susu, sementara horbo adalah kerbau. Dali ni Horbo ini biasa dinikmati dengan cara direbus atau diolah dengan diarsik bersama bumbu, seperti cabai, daun ubi, bawang rambu, garam dan andaliman. Biasanya keju Batak ini dimasak sampai airnya mongering, kadang juga disajikan dengan saun singkong sebagai lalapannya.

8. Ikan Bakar Sinyarnyar

Ikan Bakar Sinyarnyar
kokigadungan.tumblr.com

Makanan khas Tapanuli yang satu ini dikenal dengan nama Ikan Bakar Sinyarnyar. Ikan bakar ini cukup berbeda dengan ikan bakar lainnya karena diberi tambahan bumbu khusus yaitu bumbu sinyarnyar atau kamuliman.

Ikan bakar ini terlihat lebih berminyak dengan bintik hitam sinyarnyar yang terlihat. Ikan ini biasanya menggunakan ikan mas sebagai bahan baku utamanya. Ikan Bakar Sinyarnyar ini biasa disajikan dengan sambal khas sehingga mampu membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

9. Dengke Mas Na Niura

Dengke Mas Na Niura
id.wikipedia.org

Makanan khas Tapanuli yang satu ini mungkin terdengar asing dan aneh di telinga kita. Dengke Mas Na Niura ini bisa diartikan sebagai makanan masker yang sedang dimasak. Aneh sekali, kan?

Meskipun begitu, Dengke Mas Na Niura ini dulunya disajikan untuk seorang raja karena kuliner ini terbuat dari ikan mas. Namun sekarang, tak perlu menjadi seorang raja untuk bisa menikmatinya karena Dengke Mas Na Niura bisa dicicipi oleh semua orang. Sajian ini terkenal memiliki cita rasa yang luar biasa lezat karena bumbunya yang nikmat. Untuk menikmatinya, kamu bisa menemukan sajian ini di banyak rumah makan di daerah Tapanuli Tengah dengan harga sekitar Rp 40.000 per porsinya. Meskipun harganya agak mahal, namun rasanya tidak akan membuatmu kecewa.

10. Panggang Pacak

Panggang Pacak
beritatagar.id

Panggang Pacak menjadi makanan khas Tapanuli yang terakhir untuk dicoba. Panggang Pacak tak hanya dikenal di Tapanuli saja namun juga cukup populer di seluruh Sumatera Utara.

Pacak memiliki arti tepuk, hal ini dikarenakan ikan ini dibuat deperti ditepuk pada proses pemanggangannya. Inilah yang membuat sajian ini menjadi salah satu makanan khas yang populer. Sajian khas ini bisanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Harga yang cukup terjangkau untuk sajian yang lezat dan pastinya bisa membuatmu ketagihan.

Itulah tadi 10 makanan khas Tapanuli yang wajib untuk kamu coba saat bertandang kesana. Kuliner mana nih yang paling ingin dicoba?



Leave a Reply