7 Makanan Khas Pematang Siantar yang Wajib Kamu Coba


Fida  February 7, 2023  0 Comment

Pematang Siantar merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata, Kota Pematang Siantar juga dikenal memiliki berbagai kuliner lezat dan menggugah selera. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 7 rekomendasi makanan khas Pematang Siantar yang dikenal lezat dan wajib kamu coba.

Makanan Khas Pematang Siantar :

1. Mie Gomak

mie gomak
penginapan.net

Pernah mendengar sebutan makanan mie gomak? Mie gomak merupakan salah satu olahan mie yang mudah dijumpai di kawasan Medan dan Sibolga. Tidak hanya itu, mie gomak juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Pematang Siantar yang populer dan menarik untuk kamu coba. 

Mie yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan pasta atau spaghetti. Mie gomak diolah dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal Pematang Siantar, mie gomak juga banyak diburu wisatawan dari berbagai daerah. 

Meskipun dikenal sebagai makanan khas, tetapi hidangan ini tetap dijual dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per porsi. Ada 2 varian mie gomak yang bisa kamu coba, salah satunya adalah mie gomak kering. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Pematang Siantar, makanan yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba. 

2. Nasi Galung

nasi galung
food.detik.com

Selain mie gomak, nasi galung juga menjadi salah satu makanan khas Pematang Siantar yang wajib kamu coba. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang khas dengan banyaknya lauk. Jika dilihat sekilas, nasi galung hampir mirip dengan nasi rames. 

Baca juga :  7 Pecel Enak di Malang Tawarkan Bumbu Kacang Pedas Nan Mantap

Olahan nasi galung dibuat dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan rasa yang menggugah selera. Biasanya, nasi galung dihidangkan bersama dengan lauk berupa ikan manyung, olahan ayam, hingga daging sapi. Selain itu, nasi galung akan semakin nikmat karena adanya tambahan sambal. 

Tidak sedikit yang menyebut nasi galung sebagai hidangan perpaduan kuliner Padang dan kuliner Malaysia. Di Pematang Siantar, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai nasi galung di berbagai restoran atau rumah makan. Hidangan nasi yang disajikan lengkap dengan lauk dan sayur ini tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. 

3. Roti Ganda

roti ganda
tokopedia.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan roti ganda? Dari namanya saja sudah terdengar unik bukan? Roti ganda merupakan salah satu makanan khas Pematang Siantar yang tidak boleh kamu lewatkan. Makanan yang satu ini hanya dapat kamu jumpai di Pematang Siantar dan tidak ada di daerah lainnya. 

Saat mencoba roti ganda, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut di mulut. Roti yang satu ini tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari keju, meses, mentega, dan berbagai selai. Roti ganda dengan isian meses dan kacang menjadi salah satu menu best seller yang wajib kamu coba. 

Meskipun dikenal sangat khas, tetapi roti ganda dijual dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp 9.000,- hingga Rp 17.000,- per bungkus. Tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini saat berada di Pematang Siantar? 

4. Roti Ketawa

roti ketawa
sumut.indozone.id

Selain roti ganda, kamu juga dapat mencoba lezatnya roti ketawa sebagai salah satu makanan khas Pematang Siantar. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan tampilan roti yang satu ini bukan? Roti ketawa biasa dipilih sebagai camilan saat bersantai dan memiliki sebutan lain yakni roket.

Baca juga :  7 Es Dawet Enak di Surabaya Sang Pelepas Dahaga

Jika dilihat dari tampilannya, makanan yang satu ini mirip dengan onde-onde karena dilapisi dengan wijen di bagian luarnya. Jika onde-onde memiliki tekstur yang kenyal, tetapi tidak dengan makanan yang satu ini. Roti ketawa menawarkan tekstur yang renyah serta cita rasa manis. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu akan dibuat ketagihan setelah mencobanya.

Diketawa diperkirakan telah ada sejak puluhan tahun lalu tepatnya sejak 1978. Makanan yang satu ini untuk sangat nikmat dinikmati dalam keadaan hangat, terlebih saat cuaca sedang dingin. Biasanya, masyarakat mengkonsumsi roti ketawa kembali bersantai dan ditemani dengan satu cangkir teh atau kopi. Kamu tidak perlu khawatir karena makanan yang satu ini menawarkan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per bungkus.

5. Ikan Mas Naniura

ikan mas nainura
indonesia.go.id

Diantara banyaknya makanan yang menarik untuk kamu coba, olahan Ikan Mas Naniura menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Makanan yang satu ini kerap disebut sebagai sushi-nya orang Batak. Hal tersebut dikarenakan makanan ini disajikan dalam keadaan mentah.

Untuk membuat olahan ikan mas naniura yang siap dikonsumsi, langkah pertama adalah dengan membersihkan ikan hingga bersih. Setelah bersih, ikan kemudian diolah dengan cara direndam dalam air perasan jeruk purut yang asam. Karena tidak melalui proses pemanggangan maupun penggorengan, hidangan yang satu ini dinilai kaya akan protein.

Tidak hanya itu, ikan mas naniura kemudian disajikan dengan tambahan bumbu kuning sebagai ciri khasnya. Banyaknya bumbu serta rempah yang digunakan untuk membuat olahan makanan yang satu ini tentu akan menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera.

6. Babi Panggang

babi panggang
tripadvisor.co.id

Jika sedang mencari makanan khas Pematang Siantar non-halal, kamu dapat mencoba lezatnya babi panggang. Makanan yang satu ini tentu diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera.

Baca juga :  Kesegaran 10 Ikan Kuah khas Nusantara Paling Lezat di Indonesia

Babi diolah dengan cara tradisional menggunakan bara arang. Hal tersebut untuk menjadi daya tarik tersendiri yang sekaligus menjadikan aroma babi panggang semakin nikmat. Di bagian perut babi akan ditambahkan bumbu serta rempah, diantaranya andaliman.

Baca Juga :

Jalan jalan ke Danau Toba? Nih 7 Tempat Makanan Halal di Samosir

Saat berkunjung ke Pematang Siantar, kuliner babi panggang tentu dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai restoran atau tempat makan. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 80.000,- per porsi.

7. Mie Goyang Siantar

mie goyang siantar
youtube.com

Selain mie gomak, kamu dapat mencoba makanan khas Pematang Siantar lainnya berupa olahan mie yakni mie goyang. Tidak hanya namanya saja yang unik, Mie Goyang Siantar memang memiliki rasa yang lezat dan cukup menggoyang lidah.

Baca Juga :

7 Rekomendasi Mie Sop enak di Siantar, Kesegaranya Bikin Mata Berbinar

Karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu, maka tidak heran jika kuliner mie goyang banyak disukai baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Pematang Siantar. Makanan yang satu ini juga dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah di Pematang Siantar.

Baca Juga :

Menelusuri Jejak Para Raja di Museum Simalungun

Nah, itulah daftar 7 makanan khas Pematang Siantar yang menarik untuk kamu coba. Dari rekomendasi di atas, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply