10 Makanan Khas Tanjung Pinang Ada Mie Lendir Hingga Tepung Gomak


prita  September 24, 2021  0 Comment

Makanan khas Tanjung Pinang – Tanjung Pinang merupakan sebuah pulau yang berada Provinsi Kepulauan Riau. Tanjung Pinang dulunya dikenal sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Riau – Lingga dan sekarang pulau ini terkenal dengan ragam wisata pantainya yang indah. Disini kamu bisa menemukan banyak sekali pantai-pantai cantik, salah satunya adalah Pantai Trikora yang berada tak jauh dari pusat kota.

Selain bisa menjelajah pantai-pantai cantik di Pulau Tanjung Pinang, kamu juga wajib untuk mencicipi ragam kuliner khas dari pulau tersebut yang terkenal sangat unik dan pastinya memiliki cita rasa nikmat. Seperti 10 makanan khas Tanjung Pinang berikut ini

1. Mie Lendir

Mie Lendir
idntimes.com

Makanan khas Tanjung Pinang yang pertama wajib kamu coba adalah Mie Lendir. Mie Lendir ini merupakan sajian khas Tanjung Pinang yang cukup populer dan legendaris, tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Tanjung Pinang selalu memburu sajian ini.

Mie Lendir merupakan mie dengan kuah kental bagaikan lendir. Kuliner ini sebenarnya terbuat dari ubi jalar dan kacang tanah yang dicampur hingga menghasilkan warna cokelat. Penyajian dari mie lendir ini pun tak jauh berbeda dengan mie kuning. Mie lendir ini menawarkan cita rasa enak dan gurih dan bisa ditambah dengan telur rebus dam cabe rawit agar terasa semakin nikmat.

Paket wisata murah

Tarantula Barak Coffee & Space: Alternatif Tempat Nongkrong Dan Kerja Yang Cozy Di Surabaya

Comu Coffee Jombang : Cafe Dengan Tempat Nyaman Dan Pelayanan Super Ramah!

2. Mie Tarempa

Mie Tarempa
kompasiana.com

Kuliner khas Tanjung Pinang selanjutnya juga masih berupa olahan mie, yaitu Mie Tarempa. Disebut sebagai Mie Tarempa karena sajian khas ini berasal dari Pulau Tarempa.

Mie Tarempa ini juga tak kalah populer di Tanjung Pinang dan dianggap berbeda dengan mie lainnya. Mie Tarempa ini dibuat dengan mencapurkan telur dan tepung dalam pengolahannya yang kemudian dicampur dengan aneka rempah. Mie Tarempa ini juga tersedia dalam berbagai pilihan, seperti Mie Tarempa Kering, Mie Tarempa Lembab, Mie tanpa kuang hingga mie dengan sedikit kuah. Semua bisa kamu pesan sesuai dengan selera.

3. Luti Gendang

Luti Gendang
idntimes.com

Luti Gendang juga menjadi salah satu makanan khas Tanjung pinang yang tak kalah populer dengan kedua sajian khas sebelumnya. Luti Gendang merupakan sebuah sajian roti yang dibuat dengan ukuran kecil-kecil yang mana pada masing-masing rotinya diberi isian yang berbeda agar bervariasi.

Cita rasa dari Luti Gendang ini pastinya beragam dan memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga banyak sekali yang suka dengan kuliner yang satu ini. Luti Gendang memiliki cita rasa gurih yang bisa membuat siapapun yang mencobanya merasa ketagihan. Makanan ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau bahkan kamu bisa menjadikannya sebagai oleh oleh khas Tanjung Pinang karena bisa tahan lama.

4. Deram Deram

Deram Deram
genpi.co

Deram Deram atau yang juga dikenal dengan nama Drum Drum ini merupakan sebuah makanan tradisional khas Tanjung Pinang yang cukup populer.

Jika diperhatian sekilas, deram deram ini memiliki tampilan bagaikan kue cincin khas Betawi dengan ukuran yang lebih kecil. Deram deram memiliki warna cokelat dan bentuk bagaikan kue donat. Soal rasa, deram deram ini menawarkan cita rasa yang mirip dengan kue cincin, yaitu manis dan legit di lidah. Hal ini dikarenakan deram deram terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah sehingga rasanya sangat legit.

5. Bingke Kembang

Bingke Kembang
youtube.com

Makanan khas Tanjung Pinang yang satu ini juga wajib masuk daftar dalam kuliner tradisional Tanjung Pinang yang wajib untuk dicicipi. Sesuai dengan namanya, bingke kembang ini memiliki bentuk menyerupai kembang atau bunga yang dipotong segitiga bagaikan kue.

Bingke Kembang ini memiliki warna hijau dengan aroma pandan yang cukup kuat. Bingke Kembang ini dibuat dari santan sebagai bahan dasarnya yang kemudian ditambah dengan beberapa bahan lainnya. Kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih dengan tekstur yang lembut seperti kue lumpur. Produksi Bingke Kembang ini cenderung terbatas setiap harinya, konon penjual kue ini hanya membuat 30 biji saja per harinya. Untuk itu, kamu harus membelinya terlebih dahulu sebelum diambil oleh orang lain.

6. Nasi Dagang

Nasi Dagang
antaranews.com

Nasi Dagang memang diketahui sebagai salah satu makanan khas Melayu yang cukup banyak ditemukan di kawasan Tanjung Pinang. Kuliner tradisional Tanjung Pinang ini memang mirip dengan nasi kucing karena dibungkus dengan daun pisang dan porsinya yang kecil.

Nasi Dagang ini memang mirip seperti nasi uduk, namun olahan nasi ini diberi tambahan santan yang kemudian ditambah dengan berbagai jenis lauk serta sambal. Biasanya Nasi Dagang ini banyak dijual di warung pinggir jalan dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 saja.

7. Nasi Lemak Gesek

 Nasi Lemak Gesek
andalastourism.com

Selain Nasi Dagang, Nasi Lemak juga merupakan salah satu kuliner Melayu yang banyak ditemukan di Tanjung Pinang. Nasi Lemak di Tanjung Pinang ini juga menjadi salah satu menu kuliner tradisional yang cukup populer dan menjadi favorit banyak orang.

Menariknya, nasi lemak di Tanjung Pinang ini disajikan dengan ragam pilihan lauk yang bisa kamu pilih sesuai selera. Lauk-nya pun merupakan lauk khas Tanjung Pinang seperti otak otak, cumi dan ragam pilihan seafood lainnya. Beberapa pilihan lauk umum tersebut dicampur dengan bumbu khas Tanjung Pinang yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Salah satu tempat terbaik di Tanjung Pinang untuk menikmati nasi lemak adalah Nasi Lemak Gesek yang berlokasi di Jalan Gesek KM 21, Bintan.

8. Tepung Gomak

Tepung Gomak
cookpad.com

Pernahkah kamu mendengar soal Tepung Gomak? Tepung Gomak ini merupakan salah satu makanan khas Tanjung Pinang yang cukup populer dan wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana.

Tepung Gomak ini merupakan jajanan yang unik dan banyak ditemukan di kawasan Pasar Pecinan. Sajian ini disebut dengan tepung gomak karena berbalut dengan tepung tebal. Pada bagian luar tepung gomak ini terbuat dari kacang hijau dengan isian kelapa parut yang sebelumnya telah diolah dengan gula merah. Tepung gomak ini memiliki cita rasa yang mirip dengan dadar gulung sementara bagian luarnya mirip seperti mochi.

9. Gonggong

Gonggong
pergidulu.com

Gonggong juga masuk dalam daftar makanan enak khas Tanjung Pinang yang menjadi buruan banyak wisatawan. Gonggong merupakan jenis kerang yang hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera, khususnya kawasan Tanjung Pinang.

Gonggong memiliki bentuk seperti siput dengan cangkang berwarna putih. Gonggong ini biasanya diolah dengan cara direbus kemudian setelah matang dimakan dengan dicocol ke sambal. Kuliner tradisional ini memiliki cita rasa agak manis dengan daging yang kenyal sehingga memberikan sensasi yang menyenangkan.

10. Otak Otak

Otak Otak
idntimes.com

Makanan khas Tanjung Pinang yang terakhir adalah Otak Otak. Otak Otak memang menjadi salah satu jajanan yang cukup familiar di telinga kita karena cukup banyak ditemukan di sekitar kita.

Namun, kamu harus mencoba otak otak khas Tanjung Pinang ini karena berbeda dengan otak otak pada umumnya. Jika biasanya kamu menemukan otak otak berwarna putih keabu-abuan, maka otak otak khas Tanjung Pinang ini memiliki warna kuning dan wangi rempah yang cukup kuat. Tak hanya itu, tekstur dari otak otak khas Tanjung Pinang ini sangat lembut dan lumer di mulut.



Leave a Reply