7 Kuliner Khas Gunung Kidul Ada Belalang Goreng Hingga Bakmi Endolita


sisil angelin  September 14, 2021  0 Comment

Indonesia memang terkenal sekali dengan destinasi wisata alamnya yang indah, budaya yang beragam, adat yang berbeda-beda, dan karena banyak perbedaan inilah yang membuat kuliner-kuliner di Indonesia ini beragam serta memiliki keunikan tersendiri disetiap kulinernya. Namun kali ini kita bakalan bahas salah satu kuliner yang berada di Kabupaten Gunungkidul – Yogyakarta, dan hidangan khas yang akan kita bahas ini memang memiliki keunikan yang memembuat wisatawan lokal bahkan mancanegara penasaran dengan kulinernya. Jadi daripada kalian penasaran sama kuliner-kuliner khas Gunung Kidul langsung aja yuk simak artikel GoTravelly kali ini, dan pastikan kalian mencicipinya saat berada di Kabupate Gunungkidul.

1. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa
idntimes.com

Kuliner yang akan kita bahas pertama ini memang menjadi salah satu kuliner khas Gunung Kidul yang disukai masyarakat sekitar Gunung Kidul. Makanya tak heran jika mencari Bakmi Jawa ini sangatlah mudah, dan diberbagai plosok desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul kalian bisa menemukan banyak sekalo penjual Bakmi Jawa dengan harga serta rasa yang berbeda-beda. Namun salah satu desa yang terkenal sekali dengan Bakmi Jawa yang gurih, manis, dan lezat ialah di Desa Piyaman. Untuk harga 1 porsi Bakmi Jawa ini dibandrol sekitar 12 ribu hingga 13 ribuan saja. Jadi tektur dari Bakmi Jawa ini juga kenyal, kuahnya gurih, dan ada manisnya sedikit jadi rasanya yang unik inilah yang membuat masyarakat Kabupaten Gunungkidul menyukainya.

Gotravelly

Isi Perut Di Angkringan Kopi Joss Pak Tris Tugu Jogja!

JiwaJawi Jogja : Wisata Kuliner Yang Tersembunyi Di Yogyakarta

2. Glinding Burung Dara

Glinding Burung Dara
bukalapak.com

Dari namanya saja unik ya guys? Yups makanan yang satu ini memang menjadi salah satu kuliner khas Kabupaten Gunungkidul. Jadi Glinding Burung Dara ini adalah burung dara yang masak dengan campuran bumbu serta rempah, dan ditambahkan kelapa parut sehingga terkstur dari Glinding Burung Dara ini tidak alot serta gurih! Memang Glinding Burung Dara ini cukup susah ditemukan sekarang, dan jika kalian menemukan penjual Glinding Burung Dara ini wajib banget deh cicipi kelezatan Glinding Burung Dara. Ohya 1 ekor Glinding Burung Dara ini dibandrol sekitar 2 ribuan saja, gimana murah bangat kan?

3. Soto Ayam Kuah Bening

Soto Ayam Kuah Bening
gridi.id

Setiap daerah tentunya memiliki keunikan dalam rasa, dan dalam penyajian Soto Ayam. Nah salah satunya ada di Kabupaten Gunungkidul yang menawarkan Soto Ayam dengan kuah yang bening, dan beraneka pilihan lauk yang bisa kalian pilih sendiri untuk menikmati Soto Ayam. Untuk menemukan Soto Ayam yang enak kalian bisa mampir ke Desa Logandeng untuk mencicipi Soto Ayam kuah bening dengan lauk yang berlimpah. Jadi rasa dari Soto Ayam kuah bening ini memang gurih, rempahnya kerasa, dan isian dari Soto Ayam kuah bening ini cukup mengenyangkan. Soto Ayam kuah bening ini bisa jadi pilihan kalian yang lagi cari kulineran unik, enak, dan murah di Kabupaten Gunungkidul. Karena rasanya itu emang mantep, dan 1 porsi Soto Ayam ini dibandrol sekitar 10 ribuan saja. Jadi untuk kalian yang tertarik mencobanya langsung aja yuk jelajahi kuliner di Kabupaten Gunungkidul dijamin kalian akan dibuat ketagihan dengan gurinya Soto Ayam kuah bening ini.

4. Sate Ayam Kampung

Sate Ayam Kampung
wisatakulinerjogja.com

Selain soto di Kabupaten Gunungkidul juga ternyata memiliki sajian sate ayam yang terbilang unik, dan lezat. Karena daging yang digunakan ialah ayam kampung, dan rasa dari Sate Ayam Kampung khas Kabupaten Gunungkidul ini memang unik. Jadi kalian bisa merasakan tektur daging ayam kampung yang empuk, bumbu sate yang gurih, manis, asin, dan ditambah dengan sambal memang menjadi perpaduan yang sempurna. Jadi untuk kalian yang ingin mencicipi Sate Ayam Kampung ini bisa datang ke Noto Taman untuk mencicipi Sate Ayam Kampung nya yang sudah terkenal sejak tahun 1963 dengan rasanya yang super lezat, dan Noto Taman yang menjual Sate Ayam Kampung ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Kabupaten Gunungkidul loh! Jdi 1 porsi Sate Ayam Kampung yang ada disini dibandrol sekitar 23 ribuan, dan dijamin 100% menggunakan ayam kampung pemilik dari Sate Ayam Kampung Noto Taman ini pernah mengatakan jika mereka tetap menjaga kualitas Sate Ayam Kampung yang mereka jual dari tahun ke tahun.

5. Belalang Goreng

Belalang Goreng
indozone.com

Kuliner khas Kabupaten Gunungkidul yang akan kita bahas ini memang menjadi salah satu kuliner extrime bagi pengunjung yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Karena memang menu Belalang Goreng ini cuku menjijikan bagi sebagian orang, namun ang harus kalian tau Belalang Goreng ini memiliki rasa yang gurih, dan bikin nagih. Bahkan saking lezatnya Belalang Goreng ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berada di Kabupaten Gunugkidul, dan Belalang Goreng ini sangat muda ditemukan dipenjual pinggir jalan. Untuk harga dari Belalang Goreng ini biasanya sekitar 25 ribuan saja, dan kalian sudah bisa mendapatkan Belalang Goreng 1 toples. Ohya Belalang Goreng ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh yaitu menurunkan kolesterol, merawat tulang, merawat gigi, meremajakan kulit, dan baik untuk ibu hamil. Nah gimana kalian tertarik untuk mencoba kuliner extrime khas Kabupaten Gunungkidul ini?

6. Nasi Tiwul dan Tiwul Manis

 Nasi Tiwul dan Tiwul Manis
detikfood.com

Kuliner khas Kabupaten Gunungkidul yang satu ini memang sudah ada sejak tahun 1960 hingga saat ini. Jadi tiwul ini menjadai salah satu pengganti nasi, karena nasi tiwul ini sama mengenyangkannya seperti nasi, dan untuk tiwul manis ini memang terbilang unik karena kalian bisa memilih ingin varin rasa apasaja. Untuk menemukan Nasi Tiwul dan Tiwul Manis kalian bisa membelinya dipasar tradisional. Namun Nasi Tiwul dan Tiwul Manis yang paling terkenal di Kabupaten Gunungkidul ialah Tiwul Yu Tum.

7. Sayur Lombok Ijo dan Nasi Merah

 Sayur Lombok Ijo dan Nasi Merah
travelingyuk.com

Kuliner khas Gunung Kidul yang akan kita bahas terakhir ini memang terbilang sederhana, namun rasa dari Sayur Lombok Ijo, dan Nasi Merah ini memang sangat sempurna. Makanya tak heran jika Sayur Lombok Ijo, dan Nasi Merah ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berada di Kabupaten Gunungkidul. Sayur Lombok Ijo, dan Nasi Merah ini biasanya bisa kalian temukan di Warung Makan bu Sudar atau Warung Jirak yang terkenal sekali hidangan Sayur Lombok Ijo serta Nasi Merahnya yang lezat. Untuk harga 1 porsi Sayur Lombok Ijo, dan Nasi Merah ini dibandrol sekitar 15 ribuan saja loh guys! Untuk rasa dari Sayur Lombok Ijo, dan Nasi Merah ini ada gurih, pedas, serta bumbu yang melimpah membuat rasanya ini cukup strong.

Itulah beberapa Kuliner Khas Kabupaten Gunung kidul yang wajib kalian coba, dan pastinya membuat jelajah kuliner kalian di Kabupaten Gunungkidul berkesan. Jadi tunggu apalagi yuk buruan cobain 7 makanan Khas Gunungkidul yang kita bahas diatas. Semoga Informasi ini bermanfaat untuk kalian yang lagi berlibur dikawasan Gunungkidul.



Leave a Reply