10 Makanan Khas Suriah, Super Lezat dan Menggiurkan!


Jehan  December 4, 2022  0 Comment

Suriah merupakan negara di sisi selatan Turki yang cukup dikenal dengan kuliner enaknya. Makanan khas Suriah memiliki rasa yang beragam, cita rasa gurih hingga manis menjadi perpaduan menarik di setiap menu spesialnya.

Apa saja makanan khas Suriah yang bisa kamu coba dan nikmati? Berikut 10 sajian khas Suriah yang lezat!

1. Yalanji

yalanji
lookandcook.com

Yalanji salah satu makanan khas Suriah yang memiliki rasa lezat. Makanan yang dibuat dari daun anggur yang diisi dengan nasi dan berbagai macam sayuran ini menjadi salah satu menu makanan pembuka yang banyak dinikmati oleh masyarakat lokal.

Daun anggur yang menjadi bahan dasar Yalanji, biasanya digunakan dalam masakan lain bernama Yabraq. Yalanji sangat cocok untuk kamu yang vegetarian atau ingin mengisi perut dengan makanan penuh serat dengan sayuran.

Saat memakannya, kamu akan mencium aroma kaldu yang cukup kuat yang akan melumer memenuhi sudut indera perasamu. Kamu akan merasakan rasa yang cukup kaya dari sebuah masakan sederhana milik Suriah ini.

Meskipun Yalanji tidak menggunakan bahan daging sama sekali, makanan yang satu ini tetap saja akan membuatmu kenyang. Pencernaanmu akan dipenuhi dengan makanan yang penuh akan serat dan super lezat!

2. Kibbeh Bil Sanieh

kibbeh bil sanieh
simplyleb.com

Kibbeh Bil Sanieh merupakan hidangan berbahan daging domba. Makanan khas Suriah yang satu ini cukup terkenal sebagai hidangan tradisional yang memiliki rasa enak dan lezat. Jika kamu membayangkan makanan daging itu identik berlemak, maka kamu tidak akan melihat Kibbeh Bil Sanieh seperti itu.

Kibbeh Bil Sanieh tidak diolah dengan cara digoreng melainkan Kibbeh Bil Sanieh dimasak dengan cara di oven. Sehingga tekstur serat dari daging tidak akan mengeluarkan banyak minyak yang tidak sehat.

Makanan yang menjadi favorit banyak orang ini, terdiri dari tiga lapis bagian daging. Lapisan satu dan tiga yang menjadi dasar dan atas makanan berbahan daging dengan campuran bulgur. Sedangkan untuk lapisan di bagian tengahnya adalah tumisan daging giling yang dicampur dengan kacang pinus.

Baca juga: Makanan Fiji yang Bikin Nagih

3. Kebab Halabi

kebab halabi
medmunch.com

Kebab Halabi merupakan hidangan daging panggang khas Suriah yang cukup popular. Biasanya makanan berbahan daging ini disajikan dengan menggunakan saus tomat khas Suriah dengan strained yoghurt, yakni yoghurt yang diproses dengan cara menghilangkan whey di dalamnya. Hidangan satu ini merupakan menu yang cukup sederhana namun kaya akan rasa dan sangat lezat.

Kebab Halabi di masak dengan daging giling sapi atau domba yang dicampur dengan kacang-kacangan. Selain itu bahan Kebab Halabi menggunakan campuran bumbu khas yang ditambah dengan bawang Bombay dan irisan herb sayuran lain.

Sehingga ketika kamu menggigit makanan ini, kamu akan merasakan kenikmatan dari sebuah hidangan sederhana. Biasanya Kebab Halabi dihidangkan dengan bihun atau nasi berbumbu yang akan membuat rasanya semakin mantap.

4. Fattoush

fattoush
simplyleb.com

Fattoush hidangan dengan rasa segar yang akan membuatmu merasakan rasa super light disetiap suapannya. Makanan ini merupakan salah satu jenis salad khas Suriah yang berasal dari Lebanon. Fattoush memiliki tampilan yang sangat segar dan sangat cocok dimakan sebagai hidangan pembuka di setiap waktu.

Selain rasanya yang light, salad memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Bahan yang digunakan dalam Fattoush adalah irisan tomat, paprika, lobak, seledri, daun mint, peterseli dan flatbread. Flatbread lah yang menjadi salah satu ciri khas dari salad Fattoush ini. Tekstur dari flatbread yang renyah akan memberikan sensasi berbeda saat kamu menikmati Fattoush.

Dari berbagai macam bahan yang segar tersebut ditambah perasan jus lemon, minyak zaitun, taburan garam, merica, dan sumac yang akan menghasilkan rasa dari Fattoush. Ketika kamu memakan Fattoush, kamu akan merasakan rasa otentik yang sangat pas, perpaduan dari manis dan asam menyatu membuat Fattoush sangat enak untuk dinikmati.  

5. Samaka Harra

samaka harra
syriancooking.com

Hidangan ikan dengan bumbu khas Suriah yang juga berasal dari Lebanon ini memiliki rasa super lezat. Warna merah dari saus tomat yang pedas pasti akan menggoda siapa saja yang melihatnya. Dari mata turun ke hati, begitulah makanan khas Suriah yang satu ini.

Saat kamu menyantap hidangan ini, kamu akan merasakan rasa ikan yang segar dengan perpaduan rempah yang sedap. Samaka Harra di masak dengan cara dipanggang dengan saus pedas yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, merica, garam, dan tomat. Siapa saja yang mencoba menu ini, pasti tidak akan berhenti ingin menambah makan dan makan lagi.

Baca juga: Turkmenistan Punya Sajian Lezat yang Patut dicoba!

6. Ful Medames

ful medames
thespruceeats.com

Ful Medames merupakan makanan khas Suriah yang cukup terkenal di Timur Tengah. Makanan yang satu ini biasa dihidangkan saat sarapan. Dari bahan-bahannya, Full Medames menjadi makanan sehat yang baik untuk pencernaan dan nutrisi tubuh.

Bahan yang digunakan dalam Full Medames terdiri dari, kacang fava, irisan tomat, dan peterseli. Saus yang digunakan untuk membuat rasa Full Medames memiliki rasa enak dari perasan jus lemon lalu ditambahkan minyak zaitun dan tahini. Tahini merupakan saus yang terbuat dari biji wijen dengan proses pematangan dipanggang dan dicampur dengan minyak zaitun serta garam.

Di Suriah sendiri, Ful Medames menjadi sarapan yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat lokal. Ketika kamu menikmati Ful Medames, kamu akan menemukan rasa gurih yang super enak dan terasa sangat menyehatkan untuk disantap.

7. Jibbneh Mashallale

jibneh mashallale
kaleela.com

Jika kamu perhatikan tampilannya, makanan yang satu ini tampak cukup unik. Jibbneh Mashallale merupakan hidangan yang menggunakan bahan utama keju. Tampilan yang ada pada Jibbneh Mashallale terlihat seperti terpelintir karena dalam prosesnya keju ditarik dan dipilin menjadi satu membentuk pola kepang.

Makanan khas Suriah ini menjadi salah satu makanan popular yang biasa dinikmati dengan kue tradisional lainnya. Biasanya Jibneh Mashallale dimakan bersama dengan ka’ak, yakni kue berisi kurma yang dicampur dengan mentega.

8. Muhammara

muhammara
loveandlemons.com

Muhammara adalah hidangan yang sebenarnya adalah side dishes khas Suriah. Makanan pelengkap yang berbentuk saus ini menjadi salah satu makanan khas Suriah yang berasal dari Aleppo dan harus kamu cobain!

Berbahan dasar cabai merah dan paprika yang dibakar lalu dicampur dengan kenari menghasilkan rasa yang lezat. Biasanya Muhammara dihidangkan dengan flatbread, namun tidak hanya itu saja kamu juga bisa menikmati saus merah ini dengan potongan daging ayam atau roti bakar.

Saat kamu mencobanya, Muhammara akan membuat lidahmu mendapatkan sensasi rasa sempurna dari perpaduan asam, pedas, dan manis yang sempurna.

9. Baklava

baklava
sunset.com

Baklava merupakan salah satu makanan khas Suriah yang memiliki rasa legit dan biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Bentuknya yang kecil memiliki tekstur sedikit renyah yang akan cepat meleleh dimulutmu!

Baklava terbuat dari pistachio yang diletakkan di antara dua lapis adonan kataifi parut. Rasa manisnya berasal dari sirup gula dan ditambah dengan sedikit air jeruk nipis. Perpaduan rasa yang dihasilkan dari bahan Baklava akan membuatmu mencicipi sensasi lezat di setiap gigit.

10. Awameh

awameh
lovedamascus.com

Awameh merupakan makanan yang biasa disebut sebagai dumplingnya orang Suriah. Makanan khas Suriah ini memiliki rasa manis yang berasal dari madu, kayu manis atau sirup gula.

Awameh memiliki bentuk seperti bola-bola kecil yang diolah dengan cara digoreng dengan minyak panas. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama secangkir kopi atau teh.

Dari 10 makanan Khas Suriah tersebut, menu mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu?



Leave a Reply