10 Rekomendasi Pantai di Garut yang kalian wajib dikunjungi


Rio Handika  June 19, 2023  0 Comment

Pantai di Garut – Tidak hanya terkenal dengan julukan Kota Dodol, Garut juga menjadi salah satu wilayah dengan beragam destinasi wisata. Di daerah ini, Anda akan menemukan berbagai wisata seru dan menarik yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata liburan akhir pekan.

Salah satu wisata yang banyak diburu oleh wisatawan, yakni wisata alam pantai di Garut yang begitu indah dan eksotis. Bagi Anda yang berencana pergi liburan ke Garut dan butuh rekomendasi wisata pantai yang wajib dikunjungi, yuk simak di bawah ini. 

Daftar pantai di Wilayah Garut yang Eksotis dan Cocok untuk Liburan

Sebagai informasi penting bagi Anda, bahwa Garut merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang hadir dengan menawarkan sejumlah tempat wisata menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Tidak hanya terkenal dengan panorama pegunungan yang indah saja loh. Apabila berkunjung ke Garut, Anda akan menemukan beragam wisata alam berupa pantai yang mengagumkan.

perempuan berjalan di pantai
unsplash.com

Maka tidak heran jika banyak orang menjadikan Garut sebagai destinasi wisata untuk refreshing. Jadi, apabila Anda suntuk dan sedang banyak pikiran cobain deh liburan ke sini. Sebenarnya ada banyak pantai di Garut yang menarik untuk dikunjungi.

Namun GoTravelly akan membantumu untuk menentukan pilihan pantai di Garut yang terbaik untuk dikunjungi. Berikut 10 rekomendasi wisata pantai di wilayah Garut yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

pantai di garut
unsplash.com

Pantai di Garut

1. Pantai Sayang Heulang

Rekomendasi wisata pantai yang pertama untuk dijadikan bahan pertimbangan Anda, yakni Pantai Sayang Heulang. Anda bisa mendatangi wisata alam pantai ini, yakni di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Diketahui, pantai eksotis satu ini memiliki bentangan alam sekitar 3,5 km. Lanskap pantai tersebut merupakan sebuah hamparan pasir dihiasi batuan karang yang begitu memanjakan mata. Selain itu, pantai ini juga turut menawarkan deburan ombak yang cukup kencang.

Menurut informasi yang beredar, salah satu pantai di Garut ini dikatakan sudah mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini terhitung sejak adanya perkembangan wisata pada akhir tahun 2021 silam, yang mana menghadirkan pemandangan romantis dan pastinya Instagramable. Sebelum menginjakkan kaki di Pantai Sayang Heulang ini, Anda  nantinya akan melewati destinasi wisata Bukit Teletubies. Bukit tersebut juga menjadi salah satu destinasi yang banyak dipilih juga loh.

2. Pantai Gunung Geder Cikelet

Berlokasi di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat, Anda akan menemukan pantai eksotis dan indah bernama Pantai Gunung Geder Cikelet. Tidak kalah populer dengan Pantai Sayang Heulang, pantai ini turut menawarkan keindahan panorama yang indah dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih. Ketika mengunjungi pantai ini, Anda bisa melakukan segala aktivitas wisata yang seru dan menarik untuk dilakukan.

Baca juga :  Nggak Cuman Pantai, Nih 6 Bukit Cantik dan Instagenic Di Pacitan

Yakni mulai dari hunting foto Instagramable, menikmati keindahan sunset di gazebo yang sudah tersedia dan aktivitas wisata seru dan menarik lainnya. Bahkan yang menariknya lagi, disini wisatawan juga bisa menyalurkan hobi memancing lantaran sudah disediakan area khusus untuk memancing. Untuk bisa menikmati sensasi keindahan dan ketenangan dari Pantai Gunung Geder ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk terjangkau sebesar Rp 5 ribu saja. 

3. Pantai Karang Paranje

Berjarak sekitar 97 km dari pusat Kota Garut, Anda akan menemukan salah satu pantai eksotis yang menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung yakni bernama Pantai Karang Paranje. Sebagai salah satu dari sekian banyaknya pantai di Garut, pantai ini banyak dikatakan mirip dengan objek wisata alam Tanah Lot di Bali. Tentu saja, hal ini bukan tanpa alasan lantaran di sekitar pantai tersebut memiliki sebuah tebing yang indah. Yang mana, di tebing tersebut terdapat gazebo yang jika dilihat dari kejauhan mirip seperti Tanah Lot di Bali.

Diketahui, Pantai Karang Paranje ini hadir dengan menawarkan hamparan pasir putih yang cukup luas. Bahkan menurut sumber informasi yang ada, pantai ini memiliki kandungan pasir besi yang cukup melimpah. Ini bisa Anda lihat dari berkilaunya permukaan pasir ketika terkena paparan sinar matahari langsung. Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai satu ini, maka bisa berkunjung ke lokasi pantai tersebut di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat.

4. Pantai Taman Manalusu

Pilihan wisata alam pantai selanjutnya, yakni ada Pantai Taman Manalusu yang beralamatkan di Desa Cigadong, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Di sekitar pantai ini, Anda nantinya akan menemukan batuan karang yang indah dengan deburan ombak yang juga terbilang cukup kencang. Dikarenakan memiliki keindahan alam yang terbilang masih alami, tidak heran jika Pantai Taman Manalusu ini sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata bahari bagi wisatawan ketika berkunjung ke Kota Garut. 

Dibuka selama 24 jam dengan tiket masuknya yang terbilang gratis, Anda nantinya bisa mencoba aktivitas menarik di Pantai Taman Manalusu satu ini Entah itu dengan bermain pasir di pinggiran pantai, bermain air Pantai Taman Manalusu, berburu spot foto yang indah dan estetik dengan background lautan yang indah dan berbagai aktivitas menarik lainnya. Bahkan terkhusus bagi wisatawan yang suka memancing, bisa menyalurkan hobinya di pantai eksotis dan menarik satu ini. 

Baca juga :  10 Museum Terkenal di Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan

5. Pantai Puncak Guha

Tidak kalah menarik dari pantai di Garut lainnya yang tersedia untuk wisatawan, Pantai Puncak Guha ini juga bisa menjadi opsi liburan akhir pekan yang bisa Anda petimbangkan. Lokasi pantai ini, dikatakan sangat dekat dengan Pantai Rancabuaya, tepatnya yakni beralamatkan di Kampung Sirnajaya, Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Salah satu keistimewaan yang bisa Anda temukan di Pantai Puncak Guha satu ini, yakni ada cara yang berbeda untuk  wisatawan dalam menikmati keindahan pantai tersebut. 

Hal ini dikarenakan, setiap wisatawan nantinya akan berada di atas tebing sementara di bagian bawah akan terlihat jelas hamparan laut yang begitu indah dan memukau. Tentunya, ini akan memberikan sensasi pengalaman yang berbeda bagi Anda ketika berkunjung ke wisata pantai tersebut. Meskipun Anda tidak bisa menikmati aktivitas bermain pasir, akan tetapi pantai ini mampu memberikan sensasi deburan ombak menerjang batu karang yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

6. Pantai Santolo

Ketika Anda berkunjung ke Garut, tidak boleh melewatkan destinasi wisata bahari bernama Pantai Santolo satu ini. Pasalnya, pantai satu ini cukup dikenal luas oleh kalangan masyarakat dengan ombaknya yang cukup besar, hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih dan dilengkapi dengan bentangan alam yang begitu panjang. Diketahui, pantai satu ini sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata lanjutan bagi wisatawan setelah mengunjungi LAPAN lantaran lokasinya yang memang berdekatan.

Untuk mengunjungi Pantai Santolo ini, Anda hanya perlu mendatangi lokasi alamatnya saja yakni di Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Selain pantainya yang indah, Anda juga bisa mengunjungi Pulau Santolo yang menawarkan panorama yang indah. Adapun untuk menuju ke lokasi Pulau Santolo, Anda perlu menyewa perahu yang disediakan oleh pihak penyewa. 

7. Pantai Citanggeuleuk

Apabila Anda sedang membutuhkan rekomendasi pantai di Garut yang belum banyak diakses oleh wisatawan, maka bisa berkunjung ke Pantai Citanggeuleuk satu ini. Pantai yang beralamatkan di Kp. Citanggeuleuk, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Garut, Jawa Barat ini menawarkan panorama keindahan alam yang begitu indah. Ini bisa Anda lihat dari panorama pemandangan perbukitan yang eksotis yang mana menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. 

Sementara itu di sisi lain, Pantai Citanggeuleuk ini juga menawarkan hamparan pasir yang berwarna coklat dan cukup landai. Pantai satu ini, umumnya sering kali dimanfaatkan para wisatawan untuk bermain air ataupun bersantai sembari menikmati kesejukan angin laut yang berhembus dengan tenang. Mengingat pantai ini dikatakan masih belum banyak dikunjungi wisatawan, maka untuk tiket masuk ke pantai ini terbilang gratis. 

Baca juga :  10 Obyek Wisata Belarus, Tawarkan Pesona Eropa Yang Berbeda

8. Pantai Rancabuaya

Berikutnya, ada Pantai Rancabuaya yang mana merupakan destinasi wisata alam yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian sebelah barat. Ketika mendatangi pantai satu ini, Anda akan melihat begitu luasnya wilayah Pantai Rancabuaya ini. Di samping itu, pantai ini juga menawarkan hamparan pasir putih yang terasa begitu lembut. Alamat dari Pantai Rancabuaya sendiri, yakni berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat.

Salah satu daya tarik yang bisa Anda temukan dari Pantai Rancabuaya yang indah dan eksotis satu ini, yakni adanya air terjun yang mana airnya langsung mengalir ke laut. Jika Anda berkunjung ke lokasi pantai ini, Anda juga akan menemukan berbagai fasilitas wisata yang cukup memadai. Seperti misalnya yakni mengenai tempat makan, tempat penginapan dan lain sebagainya yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. 

9. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana yang menjadi salah satu pantai di Garut ini, diketahui memiliki luas sekitar 9 hektar. Berlokasi di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat, pantai ini memiliki bentangan alam yang terbilang cukup luas. Selain itu, ada juga hamparan pasir putih kecoklatan yang saling menyambung satu sama lain. Berkunjung ke wisata Pantai Cijayana ini, terbilang menjadi salah satu opsi liburan alternatif. 

Hal ini dikarenakan, Pantai Cijayana hadir dengan menawarkan keindahan alam dan suasana pantainya yang begitu tenang. Terlebih lagi, pantai ini juga belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga, Anda yang butuh tempat terbaik untuk sekedar melepas penat dari kesibukan pekerjaan sehari – hari, tidak ada salahnya berkunjung ke Pantai Cijayana satu ini. 

10. Pantai Sodong Lalay

Adapun rekomendasi pantai lain yang tidak kalah eksotis dan cocok untuk dijadikan pilihan liburan seru dan menyenangkan di akhir pekan, yakni Pantai Sodong Lalay. Seperti namanya, pantai yang beralamatkan di Kampung Cigoa, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Garut, Jawa Barat ini merupakan tempat hidup burung walet yang tinggal di dalam goa – goa kecil sekitaran pantai. Diketahui, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna hitam lengkap dengan batuan karang yang menghiasi sekitar pantai tersebut.

Pantai Sodong Lalay ini sendiri juga terbilang masih belum banyak diketahui wisatawan, sehingga menjadikan pantai ini masih terbilang alami. Selain itu, pantai ini juga memiliki landscape yang tidak kalah indah dari beberapa pantai yang ada di wilayah Garut yang banyak dikunjungi wisatawan.

https://www.youtube.com/@WisataIndonesia2022

Dari beberapa rekomendasi wisata pantai di Garut yang sudah kita ulas satu per satu di atas, manakah pilihan wisata alam pantai yang menarik perhatian Anda? yuk, bagikan pengalaman selama Anda berpetulang di pantai bersama GoTravelly.



Leave a Reply