10 Makanan Khas Nepal Bikin Lidah Bergoyang


sisil angelin  December 20, 2018  4 Comments

Makanan Khas Nepal  sangat beragam. Negara Nepal yang merupakan salah salah satu Negara yang terletak di Pegunungan Himalaya yang berbatasan dengan Tiongkok dan juga India di barat, timur dan juga selatan. Negara yang memiliki bendera yang bentuknya unik dua buah segitiga siku-siku. Nepal juga merupakan negara kecil yang menggunakan bahasa yang sama dengan India, dan bahkan terkadang banyak orang yang beranggapan bahwa Nepal adalah bagian dari Negara India.

Walaupun memiliki wilayah yang tidak luas namun banyak tempat wisata yang menarik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan, selain itu juga tersedia kuliner yang lezat yang wajib kamu coba. Nah kali kita akan membahas mengenai makanan khas Nepal yang harus kamu ketahui.

Berikut ini adalah makanan khas Nepal

1. Mutton Curry

Mutton Curry

archanaskitchen.com

Makanan ini lebih sering dimakan pada malam hari dan makanan ini biasanya akan disajikan bersamaan dengan chapati yang merupakan makanan dari India yang dikombinasikan dengan beras Basmati. Mutton Curry sangat menggugah selera apalagi bagi kamu yang sangat menyukai makanan berkuah tentunya kamu akan menyukai makanan ini. Untuk kamu yang ingin mencicipi ini kamu bisa mendapatkan makanan ini di restoran terkenal yang ada di Nepal. Mutton curry harganya juga ramah kantong dan tidak terlalu mahal. Wajib untuk kamu coba jika berkunjung ke Nepal.

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

Explore Agra: Menikmati Masala Dosa Paling Nikmat Di India

2. Dal bhat

Dal bhat

Reddit.com

Selanjutnya adalah Dal Bhat salah satu makanan khas nepal yang sangat dikenal dan sebagian orang menjadikannya sebagai makanan pokok. Dal bhat memiliki kesamaan dengan nasi rames dan sayur serta potongan daging ditambah lagi dengan sop kacang-kacangan. Dal bhat juga sering ditambahkan kari tentu terbayangkan bagaimana lezatnya makanan yang satu ini dan pasti akan membuat kamu ingin tambah lagi. Ada juga dal bat tarkari yang merupakan nasi steam yang disajikan dengan kacang-kacangan dan juga kari. Makanan yang sangat ideal untuk kamu yang sedang menjalankan program diet karena memiliki komposisi daging dan juga sayuran yang seimbang, sehingga porsi makan kamu terjaga.

3. Momo

Momo

YouTube.com

Momo juga salah satu makanan yang tidak kalah enak dan dikenal dari makanan lainnya. Kamu akan sangat mudah untuk menemukannya Di restoran-restoran dan juga tempat-tempat sekitarnya yang berada di Nepal. Selain memiliki rasa yang enak, momo juga merupakan makanan khas Nepal yang hampir mirip dengan mie pangsit rebus, makanan ini biasanya juga disajikan dengan campuran kari. Momo adalah makanan favorit masyarakat nepal. Momo adalah dumping yang terbuat menggunakan bahan-bahan seperti daging cincang dan juga sayuran. Dan biasanya menggunakan daging kerbau namun juga tersedia dagin sapi dan daging ayam. Masakan ini bisa direbus dan juga bisa dengan cara dipanggang.

4. Sel roti

Sel roti

yummynepalikitchen.com

Makanan ini akan sedikit sulit untuk kamu temui karena sel roti akan ada ketika berlangsungnya sebuah karnaval yakni tihar. Sel roti juga merupakan hidangan wajib yang harus ada disaat karnaval atau acara tihar. Makanan khas Nepal ini terbuat dari tepung nasi, cinnamon, gula, krim pisang, mentega dan cardamon yang dipadukan menjadi satu. Kamu pasti akan sangat menyukai makanan yang satu ini rasanya yang begitu manis. Banyak para wisatawan yang datang ke acara karnaval karena ingin mencicipi makanan yang satu ini.

5. Noodle soup

Noodle soup

vegansandra.com

Mie adalah salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang, kemanapun kamu pergi kamu pasti akan menemukan makanan ini. Di Nepal mie  (Tukhpa) merupakan makanan Tradisional dan sangat mudah untuk dibuat. Mie termasuk kedalam makanan khas Nepal yang dicampur dengan jahe dan ayam.

6. Gundruk Dhido

Gundruk Dhido

tranquilhomestay.wordpress.com

Ini adalah satu masakan khas Nepal yang sehat dan juga punya cita rasa yang enak. Makanan ini sehat karena bebas gula atau sugar free. Makanan sejenis bubur yang merupakan bubur jagung yang dibuat menggunakan bahan-bahan seperti tepung jagung, jewawut dan juga jagung. Masakan ini biasanya disajikan dengan gundruk, gundruk itu adalah sayur-sayuran yang dikeringkan dan juga difermentasi.

7. Veggie Rice

Veggie Rice

archanaskitchen.com

Makanan yang akan membuat perut kamu tidak terlalu terasa kenyang, veggie rice yang juga dikenal dengan sebutan veg pulao yang dapat anda makan pada malam hari sama seperti mutton curry. Veggie rice yang terbuat dari bahan beras basmati dan juga dicampurkan dengan sayur-sayuran. Makanan ini akan sangat mudah untuk kamu temui di restoran terkenal yang ada di Nepal. Harganya juga lumayan murah sehingga untuk dompet anda. makanan ini lebih mirip seperti cemilan sehingga sangat cocok untuk kamu nikmati saat sedang bersama dengan keluarga sambil melihat keindahan Nepal.

8. Beans stew

Beans stew

vidhyashomecooking.com

Salah satu makanan khas Nepal yang mengandung nutrisi tinggi dan juga sangat lezat dan nikmat. Makanan ini dibuat dengan menggunakan 9 bahan dasar yang sulit untuk kamu dapatkan. Seperti buncis, green garam, kedelai, black garam, field pie, garden pea, dan beras kacang.

9. Aalu tama

Aalu tama

saagukhaja.blogspot.com

Makanan khas tradisional untuk masyarakat Nepal yang tinggal di daerah perbukitan. Makanan yang terbuat dari kentang dan tambahan black eyed bean dan rebung yang menghasilkan rasa sedikit asam. Makanan ini juga dapat kamu tambahkan yogurt.

10. Lamb Bhutuwa

Lamb Bhutuwa

hamrokhana.blogspot.com

Makanan yang sangat dikenal di Nepal yang merupakan olahan daging domba panggang dengan nasi dan juga acar tomat serta sayur. Makanan ini wajib untuk kamu coba saat kamu berada di nepal, dijamin kamu akan menyukainya.

Masakan khas Nepal terdiri dari berbagai masakan etnis, tanah iklim dan juga keragaman budaya yang ada. Ada beragam jenis masakan yang sangat terkenal dan disukai di Nepal. Disana juga sangat dikenal minuman teh. Masih banyak makanan yang lezat di Nepal selain masakan yang tertulis diatas. Dan untuk makanan kelas atas atau menengah juga lebih sering menggunakan masakan budaya barat yang dikonsumsi setiap hari.

Banyak dari masakan khas Nepal yang merupakan makanan variasi dari masakan Asia yang kaya akan rasa rempah-rempah namun juga ada makanan dari Eropa seperti Roti, keju, kue pastry dan juga es krim. Makanan seperti daging sapi sangat jarang dimakan karena bersangkutan dengan Agama yang ada di negara Nepal. Bahan dasar daging di negara Nepal adalah daging Babi. mereka juga senang mengkonsumsi sayur-sayuran yang membuat masyarakat disana sehat.

Nah itu dia 10 makanan khas Nepal yang wajib untuk ketahui dan juga jika kamu berkunjung kesana kamu wajib untuk mencicipinya. Pasti akan memanjakan kamu dengan masakan khas Nepa, masakan yang kaya akan rempah-rempah. Namun untuk kamu yang beragama Islam kamu perlu memastikan bahwa makanan yang kamu makan halal, karena disana banyak menggunakan daging Babi jadi harus sedikit untuk kamu waspadai. Sekian dulu ya pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu semua, terima kasih.



Leave a Reply

4 Comments
  1. Samuel says:

    Itu noodle sup namanya Thukpa kali ya

  2. Daryant Stha says:

    Bhatmas gak ada ya semacam cemilan pendamping waktu minum

  3. Bibie says:

    Pernah coba makan momo.. Rasanya mirip siomay bumbu kacang..
    Dal bhat tarkari pernah makn juga.. Tpi gk suka aroma karinya????????