10 Jajanan Tradisional Indonesia Dari Olahan Pisang Rasanya Nendang


Fida  March 17, 2021  0 Comment

Indonesia menawarkan cukup banyak jajanan tradisional dengan cita rasa lezat dan unik. Berbagai jajanan tradisional khas Indonesia masih banyak diburu hingga saat ini baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan jajanan tradisional tersebut juga terbilang unik salah satunya adalah pisang.Ada cukup banyak jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia. Tidak hanya berupa makanan, tetapi juga ada yang berupa minuman segar.

1. Pisang Epe

Pisang Epe
cookpad.com

Salah satu jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia adalah pisang epe. Pisang epe merupakan makanan khas Makassar yang menawarkan cita rasa lezat serta keunikan tersendiri. Pisang epe dibuat dengan cara menekan pisang hingga sedikit penyet kemudian dipanggang.

Sebelum disajikan, pisang epe diberi tambahan saus gula aren atau durian. Tidak heran jika kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan disukai oleh semua kalangan. Jangan lewatkan untuk mencoba lezatnya pisang epe saat berada di Makassar.

Review kuliner

Getuk Pisang Diana Magetan (Oleh-Oleh Khas Magetan)

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

2. Sale Pisang

sale pisang
blog.sayurbox.com

Salah satu jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia yang cukup populer adalah sale pisang. Sale pisang dikenal dengan cita rasanya yang manis dan aromanya yang khas. Jajanan yang satu ini banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah.

Sale pisang dapat langsung dikonsumsi atau dicampur dengan tepung dan kemudian digoreng. Jajanan olahan pisang yang satu ini juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh. Manisnya yang pas dan teksturnya yang unik menjadikan sale pisang wajib Anda coba.

3. Pisang Molen

Pisang Molen
travel.tribunnews.com

Siapa yang tidak kenal dengan pisang molen? Salah satu jajanan tradisional dari olahan pisang ini cukup populer dan mudah dijumpai di Indonesia. Bagian luar pisang molen merupakan olahan tepung yang digoreng dan menghasilkan tekstur yang renyah. Sedangkan di bagian dalam terdapat isian pisang dengan tekstur lembut dan telah dipotong-potong.

Renyah dan gurihnya kulit molen yang berpadu dengan manisnya pisang menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Jajanan pisang molen sangat mudah dijumpai di pinggir jalan dan menawarkan harga yang sangat terjangkau.

4. Nagasari

nagasari
blog.tokowahab.com

Ada cukup banyak jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia, salah satunya adalah nagasari. Nagasari merupakan jajanan yang cukup populer dan mudah dijumpai khususnya di pulau Jawa. Pisang dibalut dengan olahan tepung berwarna putih dengan cita rasa manis. Teksturnya yang lembut menjadikan jajanan yang satu ini banyak diminati oleh semua kalangan. Nagasari sangat mudah dijumpai di beberapa acara seperti pernikahan, hajatan, dan lain-lain.

Jajanan yang satu ini melalui proses pengukusan sebelum akhirnya dapat dinikmati. Nagasari juga menggunakan bungkus daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang khas.

5. Cekodok

Cekodok
daridapur.com

Satu lagi jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia yakni cekodok. Cekodok merupakan jajanan yang banyak ditemukan di kawasan Sumatera Barat atau Sumatera Utara. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan bulat yang jika dilihat sekilas hampir mirip dengan bola ubi.

Cekodok dibuat dengan bahan utama pisang yang dicampur tepung terigu. Adanya tambahan bumbu lainnya menjadikan cita rasa cekodok semakin nikmat. Setelah digoreng hingga kecoklatan, cekodok siap dinikmati untuk teman bersantai. Saat berada di daerah Sumatera Barat atau Sumatera Utara, sayang rasanya untuk tidak mencoba jajanan tradisional dari olahan pisang yang satu ini.

6. Es Palu Buntung

Es Palu Buntung
lifestyle.okezone.com

Es palu buntung merupakan salah satu jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia. Yang khas dari jajanan yang satu ini adalah adanya potongan pisang membuat cita rasa semakin nikmat. Es palu buntung berasal dari Makassar dan sering dijumpai saat bulan Ramadan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan yang satu ini diantaranya santan, tepung beras, daun pandan, gula pasir, dan vanili. Adanya tambahan sirup, es batu, serta potongan buah pisang segar menjadikan cita rasa es palu buntung sangat sayang untuk tidak Anda coba.

7. Pisang Plenet

Pisang Plenet
travel.tempo.co

Bagi anda pecinta jajanan tradisional dari olahan pisang, anda bisa mencoba lezatnya sensasi pisang planet yang berasal dari Semarang. Jika dilihat sekilas, tampilan pisang planet mirip dengan roti maryam. Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pisang planet adalah buah pisang.

Anda bisa mencoba pisang banget dengan berbagai tambahan topping seperti coklat, keju, dan masih banyak lagi. Pisang plenet menjadi salah satu jajanan yang banyak disukai oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Jajanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di pinggir jalan dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

8. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang
tokopedia.com

Getuk pisang menjadi salah satu jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia. Jajanan yang satu ini sangat mudah dijumpai khususnya di daerah Jawa Timur. Gethuk pisang memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan lontong. Jajanan yang satu ini juga menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya.

Bahan dasar yang biasa digunakan dalam pembuatan getuk pisang adalah pisang ambon atau pisang kepok. Teksturnya yang lembut dan cita rasanya yang khas menjadikan jajanan yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan. Anda dapat dengan mudah menjumpai getuk pisang di daerah sekitar Kota Kediri. Getuk pisang biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan ramah di kantong.

9. Pisang Karamel

 Pisang Karamel
lifestyle.okezone.com

Ada cukup banyak jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia, salah satunya adalah pisang karamel. Pisang karamel sangat cocok dinikmati bagi Anda yang suka dengan cita rasa manis. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan yang satu ini adalah buah pisang, gula pasir, gula merah, dan sedikit air.

Pisang diolah dengan cara dipotong tipis dan digoreng sebentar. Kemudian larutkan gula merah gula pasir dan sedikit air hingga mengental menjadi karamel. Setelah itu pisang yang telah digoreng tadi ditambahkan ke dalam adonan karamel dan siap disajikan. Cukup mudah bukan?

10. Keripik Pisang

keripik pisang
food.detik.com

Salah satu jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia yang paling mudah dijumpai adalah keripik pisang. Jajanan yang satu ini tentu sudah tidak asing dan banyak disukai oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Kripik pisang biasa disajikan dengan rasa yang berbeda-beda seperti gurih, manis, hingga asin.

Jajanan keripik pisang sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau juga menjadikan jajanan ini banyak diminati. Renyahnya tekstur keripik pisang yang berpadu dengan bumbu akan memanjakan lidah siapapun yang mencobanya.

Nah diatas merupakan daftar 10 jajanan tradisional dari olahan pisang di Indonesia. Jajanan manakah yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply