10 Hidangan Khas Lebaran di Berbagai Negara Miliki Kelezatan Tersendiri


sisil angelin  May 31, 2019  0 Comment

Hidangan khas lebaran dari berbagai negara tentunya beragam, sebab setiap negara pastinya memiliki makanan khas tersendiri. Tentunya kegiatan lebaran sendiri tidak terlepas dari makanan, sebab selain bersilaturahmi nantinya para tamu akan dihidangkan makanan. Pastinya makanan khas lebaran juga sangat lezat, tentunya keunikan makanan khas lebaran dari berbagai negara wajib Anda coba. Karena sangat lezat dan dapat menggoyang lidah Anda.Berikut Hidangan Khas Lebaran dari berbagai manca negara yang lezat

1. Ketupat dari Indonesia

Ketupat dari Indonesia
bebasketik.com

Tentunya Indonesia juga memiliki makanan khas saat lebaran, dimana makanan ini disajikan sejak turun temurun. Tentunya makanan yang satu ini juga tidak asing oleh masyarakat di seluruh Indonesia, oleh sebab itu tidak heran jika saat lebaran banyak daerah di Indonesia yang menyajikan makanan yang satu ini. Walaupun setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas tersendiri. Untuk makanan khas lebaran di Indonesia adalah ketupat, dimana ketupat sendiri berisi beras yang dimasukkan ke dalam daun yang berbentuk belah ketupat. Jadi dengan mengkonsumsi ketupat sama seperti mengkonsumsi nasi namun dalam bentuk yang lebih padat, tentunya tidak akan sah mengkonsumsi ketupat tanpa adanya opor ayam. Sebab sejak dulu mengkonsumsi ketupat pasti bersama dengan opor ayam, tentunya Anda juga bisa menemukan makanan ini saat di luar hari raya namun tidak akan berbeda rasanya jika mengkonsumsinya saat hari raya.

Gotravelly

Cafe Sawah : Kafe Dan Resto Unik Di Desa Wisata Pujon Kidul

De Classe Gelato And Caffe, Nongkrong Instagramable Ditemani Lelehan Gelato Enak Dan Murah

2. Kulhi boakibaa dari Maladewa

Kulhi boakibaa dari Maladewa

Lonumedhu.com

Salah satu makanan khas lebaran dari Maladewa adalah kulhi boakibaa, jadi jika Anda berkunjung ke Maladewa pastinya dapat mencicipi makanan yang satu ini. kulhi boakibaa sendiri merupakan nasi yang dicampur dengan daging tuna segar. Biasanya makanan yang satu ini ditemani dengan gulha, dimana gulha sendiri merupakan bola-bola yang terbuat dari ikan. Tentunya banyaknya menggunakan bahan ikan pada makanan khas Maladewa tidaklah mengherankan mengingat wilayah Maladewa dikelilingi oleh laut sehingga banyak sekali terdapat ikan. Pastinya makanan yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda pecinta ikan karena sudah pasti rasanya sangat lezat mengingat menggunakan bumbu khas wilayah sekitar.

3. Ceebu jen dari Afrika Barat

Ceebu jen dari Afrika Barat

Pinterest.com

Salah satu hidangan khas lebaran dari berbagai negara lainnya adalah ceebu jen dimana makanan yang satu ini merupakan makanan khas Afrika Barat tepatnya dari Senegal. Tentunya makanan yang satu ini sangat identik dengan lebaran, dimana sangat mudah Anda temukan pada saat lebaran. Cebuu jen sendiri merupakan makanan yang terdiri dari nasi dimana terdapat ikan dan sayur  khas Afrika Barat, tentunya makanan yang satu ini sangat besar kandungan gizinya karena terdapat sayuran dan ikan di dalam makanan ini sehingga tidak hanya sekedar untuk mengenyangkan saja. Jadi tidak heran jika Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini.

4. Sup mie la mian dari Tiongkok

Sup mie la mian dari Tiongkok

Qraved.com

Walaupun muslim di negara Tiongkok masih minoritas namun umat muslim di Tiongkok juga sangat bahagia dan antusias dalam menyambut lebaran. Tidak heran jika mereka juga memiliki makanan khas lebaran, berbeda dari negara lain yang menggunakan nasi sebagai makanan khasnya namun berbeda dari Tiongkok. Sebab mereka menggunakan makanan pokok yang khas dengan negara mereka yaitu mie lebih tepatnya adalah sup mie la mian. Mie la mian sendiri juga dikenal sebagai mie tarik, dimana sajian ini merupakan sajian tertua di Tiongkok pastinya bahan utama dari mie ini adalah adonan tepung terigu yang ditarik menggunakan tangan sehingga menjadi panjang. Jadi tidak heran jika saat lebaran makanan ini akan banyak di setiap rumah umat muslim.

5. Biryani dari Asia Selatan

Biryani dari Asia Selatan

detikNews.com

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan nasi biryani, dimana nasi ini merupakan makanan lebaran khas Asia Selatan. Tentunya kelezatan dari nasi ini tidak perlu Anda ragukan lagi dimana nasi ini dimasak bersama dengan campuran rempah, sayur, dan daging sehingga membuat makanan ini kaya akan rasa. Sebenarnya nasi ini berasal dari Persia namun masuk ke India, tidak heran jika banyak orang mengenal makanan yang satu ini merupakan makanan khas India. Dimana makanan ini termasuk dalam hidangan khas lebaran dari berbagai negara.

6. Baklava dari Turki

Baklava dari Turki
recipetineats.com

Untuk umat muslim di Turki pastinya merayakan lebaran dengan menyantap baklava, dimana jika negara lain menyajikan makanan berat namun berbeda dengan Turki. Sebab mereka menyediakan makanan sejenis pastry, tidak heran jika makanan ini sangat cocok untuk Anda penggemar pastry dan tidak suka makanan yang berat. Baklava sendiri merupakan kue yang memiliki tekstur serta kue ini memiliki beberapa lapisan, di dalam kue ini terdapat isian berupa kacang. Untuk bagian atasnya biasanya disiram dengan sirup maupun madu sehingga membuat rasanya nikmat.

7. Kebab dari Timur Tengah   

Kebab dari Timur Tengah

BBC.com

Untuk makanan khas lebaran dari Timur Tengah tidak kalah unik yaitu kebab, dimana makanan ini pastinya sudah tidak asing lagi oleh masyarakat di Indonesia. Namun untuk kebab yang ada di Timur Tengah memiliki cara pengolahan yang berbeda, dimana sebenarnya pengolahan kebab sendiri beragam. Namun biasanya masyarakat Timur Tengah mengolahnya seperti burger maupun sate, hal ini tentunya membuat kebab khas Timur Tengah berbeda dengan kebab yang biasanya Anda konsumsi walaupun sama-sama menggunakan daging.

8. Khahk dari Mesir

Khahk dari Mesir
travel.kompas.com

Sama seperti Turki, hidang khas lebaran dari berbagai negara seperti Mesir lebih menyajikan kue dibandingkan dengan makanan berat. Khahk sendiri merupakan kue yang telah ada sejak 1540 sebelum masehi, dimana kue ini merupakan kue bukat yang memiliki isi kacang dimana bagian luarnya diberi taburan tepung gula. Kue ini sendiri memiliki kandungan gizi yang tinggi sebab terdapat kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi dimana bagus untuk tubuh.

9. Tagine dari Afrika Utara

Tagine dari Afrika Utara
foodandwine.com

Untuk Afrika Utara sendiri memiliki makanan khas lebaran yaitu Tagine, namun Tagine ini sebenarnya bukanlah nama makanan namun lebih kepada alat memasak. Alat memasak ini sendiri terdiri dari tanah dimana sering digunakan dalam masakan khas Maroko, Argentina, dan Tunisia. Umumnya makanan yang dimasak di dalam tempat ini adalah daging dan sayur khas negara Afrika Utara. Tentunya terdapat campuran bumbu khas negara tersebut sehingga membuat rasanya semakin mantap.

10. Sheer kurma dari Pakistan

Sheer kurma dari Pakistan

Vaya.in

Selain di Arab, kurma merupakan komoditas yang berlimpah di Pakistan. Tidak heran jika makanan khas lebaran di negara ini menggunakan kurma sebagai bahan utamanya, dimana makanan khas lebaran negara ini adalah puding buah kurma dimana diberikan campuran susu serta mie vermicelli. Pastinya makanan ini tidak hanya lezat namun juga sangat kaya akan gizi mengingat banyak sekali kandungan vitamin dan zat yang diperlukan oleh tubuh pada buah ini. Karena hidang khas lebaran dari berbagai negara sangat unik maka jangan sampai Anda melewatkan makanan  ini karena tidak hanya enak namun kaya akan gizi.



Leave a Reply