10 Makanan Khas Kerala Tawarkan Kelezatan Kuliner India Selatan


Fida  June 9, 2020  0 Comment

Kerala merupakan negara bagian di India barat daya. Kerala memiliki banyak sekali tempat wisata indah dan bersejarah juga Makanan khas Kerala lezat enak banget, lho. Wisata alam dengan pemandangan yang mengagumkan juga dengan mudah dijumpai. Selain dikenal dengan berbagai tempat wisata yang memukau, Kerala juga memiliki banyak kuliner khas yang bisa dinikmati. Saat datang kesana, Anda bisa mencoba berbagai makanan ringan hingga makanan berat yang sayang untuk dilewatkan.

1. Erissery

Erissery
vegrecipesofindia.com

makanan khas Kerala wajib coba salah satunya adalah erissery. Pernah mendengar nama kuliner yang satu ini? Erissery sanat mudah dijumpai dan sering dimasak oleh penduduk Kerala. Tidak jarang erissery dihidangkan dalam acara besar seperti Onam.

Erissery dibuat dengan bahan utama yakni labu dan lentil kering. Kari erissery dibuat dari pisang raja merah atau ubi. Tambahan berbagai rempah sebagai bumbu juga membuat hidangan ini semakin sedap. Ada banyak rempah yang digunakan seperti bubuk kunyit, biji jintan, bawang putih, serta tambahan bumbu seperti garam, cabai, lada, kelapa parut, dan lain-lain. Erissery sangat pas jika dinikmati bersama nasi hangat.

Gotravelly

Menikmati Kuliner India Halal Di Petaling Street

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

2. Puttu & Kadala Curry

puttu and kadala curry
sailusfood.com

Hampir sama dengan kue putu yang ada di Indonesia. Kerala juga memiliki hidangan lezat yakni puttu yang dihidangkan bersama kadala curry. Salah satu kuliner wajib coba di Kerala ini menawarkan cita rasa lembut dan gurih.

Puttu dibuat dengan berbagai bahan seperti kue beras dan kelapa parut. Proses pembuatannya yang menggunakan cetakan menghasilkan bentuk rapi pada hidangan yang satu ini. Di Kerala, puttu dihidangkan bersama kadala curry yang khas. meskipun terlihat sederhana, perpaduan rasa puttu dan kadala curry menghasilkan rasa yang sangat lezat lho.

3. Kerala Style Prawn Curry

 Kerala Style Prawn Curry
gurgaonfoodie.com

Salah satu makanan khas Kerala wajib coba di Kerala ini menjadi kuliner tradisional yang masih banyak dicari hingga saat ini. Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan kuliner yang satu ini adalah udang. Selain mudah dijumpai, Kerala Style Prawn Curry juga biasa dihidangkan dalam acara besar.

Kerala style prawn curry dimasak dengan berbagai rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Rempah yang digunakan dalam pembuatan hidangan yang satu ini diantaranya lada, kunyit, cabai, dan tambahan garam. Kuah kari dibuat dengan menggunakan santan dan dihias dengan daun kari. Kuliner yang satu ini dapat dinikmati dengan nasi maupun chapatti.

4. Palada Payasam

Palada Payasam
foodviva.com

Palada Payasam menjadi salah satu hidangan yang disajikan saat acara besar seperti festival dan acara lain. Kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner paling dikenal di Kerala. Palada Payasam dibuat dengan menggunakan bahan dasar nasi ada, ghee, gula, dan juga susu.

Palada Payasam merupakan nasi manis yang sangat cocok dinikmati saat berada di Kerala. Salah satu dari sekian banyak kuliner di Kerala yang sayang untuk Anda lewatkan.

5. Appam with Ishtu

 Appam with Ishtu
appam-ishtu.business.site

Jika dilihat sekilas, salah satu makanan khas Kerala wajib coba di Kerala ini memiliki bentuk yang menyerupai kue apem di Indonesia. Di Kerala, kuliner yang satu ini disebut appam. Bahan yang digunakan untuk membuat appam adalah santan, tepung beras frementasi, air kelapa, dan gula. Apam dibentuk mirip dengan pancake tipis.

Di Kerala, apam dihidangkan bersama ishtu. Ishtu merupakan sup yang dibuat dari santan, kayu manis, cengkeh, bawang merah, serta tambahan sayur atau buah. Sedapnya aroma ishtu sangat menggugah selera. Appam dan ishtu memiliki perpaduan rasa yang luar biasa saat disantap bersamaan.

6. Ethakka Appam

Ethakka Appam
pinterest.com

Selain appam with ishtu, ethakka appam juga menjadi salah satu makanan khas Kerala wajib coba di Kerala. Kuliner yang satu ini merupakan olahan pisang goreng yang dibalur dengan tepung khusus. Lezatnya kuliner yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berada di Kerala.

Ethakka appam biasa dihidangkan saat santai. Dalam beberapa acara, ethakka appam juga disajikan sebagai makanan tambahan. Kuliner yang satu ini cocok dinikmati bersama the atau kopi.

7. Kerala Style Beef

Kerala Style Beef
ruchikrandhap.com

Pecinta olahan daging, Anda bisa mencoba lezatnya Kerala Style Beef saat berada di Kerala. Kerala style beef atau nadan beef menjadi salah satu kuliner wajib coba di Kerala yang sayang untuk dilewatkan.

Daging diolah hingga memiliki tekstur empuk dan gurih. Selanjutnya, daging dimasak dengan tambahan saus kental. Lezatnya saus yang meresap ke daging juga menjadikan banyak orang menyukai kuliner yang satu ini. Kerala style beef cocok dinikmati bersama nasi, porotta, maupun chapatti.

8. Erachi Varutharacha Curry

erachi varutharacha curry
keralatourism.org

Kuliner wajib coba di Kerala selanjutnya adalah erachi varutharacha curry. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa lezat dan sayang untuk dilewatkan. Erachi varutharacha curry juga merupakan makanan tradisional yang semakin jarang dijumpai.

Kuliner yang satu ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Berbagai rempah yang digunakan juga menghasilkan rasa yang lezat. Erachi varutharacha

9. Ada Pradhaman

 Ada Pradhaman
awesomecuisine.com

Menyajikan berbagai kuliner lezat, Kerala juga menawarkan kuliner ada pradhaman untuk Anda coba. Kuliner yang satu ini dibuat dengan beras ada dan susu kelapa manis. Cita rasa yang manis dan tampilan yang menggugah selera sayang untuk dilewatkan.

Salah satu kuliner wajib coba di Kerala ini biasa dihidangkan sebagai makanan penutup. Rasanya yang manis dan lembut membuat siapapun ingin mencobanya terus-menerus.

10. Chatti Pathiri

chatti pathiri
mom-tasticbyshamsheera.blogspot.com

Mirip dengan tampilan lasagna Italia, chatti pathiri menjadi salah satu kuliner wajib coba di Kerala yang sayang untuk dilewatkan. Roti pipih atau pancake dibuat dari tepung, telur, minyak, dan air. Kuliner yang satu ini disajikan bersama telur kocok manis, kacang, dan kismis. Adanya tambahan kapulaga juga menghasilkan perpaduan rasa yang pas.

Tampilan chatti pathiri memang sangat menggugah selera. Tidak hanya bentuknya yang menggoda, rasanya yang lezat juga bisa membuat Anda ketagihan setelah mencobanya.

Nah, di atas adalah 10 daftar kuliner wajib coba di Kerala. Adakah yang pernah mencoba salah satunya?



Leave a Reply