10 Makanan Khas Kashmir, Aroma Dan Rasanya Bikin Lidah Bahagia


prita  July 16, 2020  0 Comments

Kashmir merupakan sebuah negara bagian India yang memiliki sejuta tempat wisata yang indah. Kashmir dianugerahi pemandangan pegunungan yang cantik karena berbatasan langsung dengan pegunungan Himalayan yang megah. Tak hanya itu, berwisata ke Kashmir tanpa mencicipi kuliner khasnya rasanya kurang afdol. Sajian khas di Kashmir memang cukup beragam dan didominasi oleh daging seperti daging domba, ayam hingga ikan. Namun, kamu juga bisa menemukan sajian vegetarian disini. Istimewanya lagi, bumbu yang digunakan dalam mengolah sajian-sajian khasnya juga sangat otentik dengan aroma yang pastinya menggugah selera. Nah, kalau kamu penasaran apa saja makanan khas Kashmir yang wajib dicoba, berikut ini adalah daftarnya.

1. Rogan Josh

rogan josh
taste.com.au

Makanan khas Kashmir yang pertama wajib kamu coba adalah Rogan Josh. Rogan Josh ini menjadi sajian wajib bagi kamu pecinta daging domba atau bagi kamu yang ingin mencoba rasa dari daging domba.

Rogan Josh merupakan sajian nikmat berbahan daging domba yang berasal dari Kekaisaran Mughal. Sajian ini memiliki rasa yang kuat rasa bawangnya dan berbagai bumbu khas yang membuatnya sangat lezat. Sajian ini juga memiliki kandungan yoghurt dan menjadi salah satu sajian khas Kashmir yang sehat juga rendah lemak. Rogan Josh biasa dinikmati dengan nasi atau naan dan pasti membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

Gotravelly

Menyantap Gurihnya Bubur Roomo Salah Satu Kuliner Khas Gresi

Nasi Uduk Mbah Man : Suasana Nyaman Dan Harga Terjangkau

2. Kashmiri Muji Gaad

kashimiri muji gaad
cookpad.com

Makanan khas Kashmir yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Kashmiri Muji Gaad. Kashmiri Gaad merupakan hidangan khas yang terbuat dari ikan yang dipadukan dengan lobak atau nadur.

Sajian ini adalah perpaduan dari vegetarian dan non-vegetarian karena perpaduan dari rasa ikan dan campuran batang teratai ditambah dengan bumbu rempah khas yang mampu menghasilkan rasa unik di mulut. Kashmiri Muji Gaad juga memiliki aroma yang khas sehingga siapapun yang mencium aromanya pasti akan tertarik untuk mencoba. Hidangan ini biasa disajikan pada acara perayaan dan festival, seperti Gaada Bata yang diselenggarakan di bulan Desember.

3. Dum Olav

Dum Olav
archanaskitchen.com

Dum Olav atau sering juga disebut sebagai Dum Aloo ini merupakan salah satu makanan khas Kashmir yang cukup terkenal. Sajian ini merupakan hidangan vegetarian yang lezat dan sayang sekali kalau tidak kamu coba.

Kuliner ini berbahan kentang yang diolah bersama dengan yoghurt, bubuk jahe, adas dan bumbu rempah khas lainnya sehingga menghadirkan rasa yang unik dan aroma yang nikmat. Dum Alov ini bisa dinikmati dengan chapatti atau naan agar terasa semakin nikmat.

4. Matschgand

Matschgand
blog.kesari.in

Kebanyakan makanan khas Kashmir menggunakan daging sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah Matchgand. Matchgand ini merupakan salah satu hidangan paling favorit di Kashmir yang tak hanya memiliki aroma yang menggoda namun juga rasa yang nikmat.

Matschgand adalah bakso cincang yang diolah dalam kuah merah yang pedas. Sajian ini tentu saja mampu membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya, apalagi jika kamu adalah pecinta makanan pedas.

5. Modur Pulav

modhur pulav
archanaskitchen.com

Makanan khas Kashmir yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka makan nasi dengan rasa yang unik. Modhur Pulav merupakan nasi manis khas Kashmir yang dibuat dengan kayu manis, susu, ghee, gula, kunyit, kacang mete, almond, kapulaga hijau dan beberapa rempah khas lainnya.

Modhur Pulav ini memiliki cita rasa manis dengan aroma khas dan pastinya sehat bagi tubuh. Terlebih lagi dengan adanya kunyit dalam sajian ini sehingga memberikan warna dan rasa yang lebih menarik. Kunyit yang digunakan dalam Modhur Pulav ini juga merupakan khas Kashmir yang dipanen langsung disini. Tak heran jika Modhur Pulav memiliki rasa yang khas dan tidak akan kamu temukan dalam masakan lain.

6. Momos

Momos
economictimes.indiatimes.com

Hidangan yang satu ini memang tidak langsung berasal dari Kashmir, namun sajian ini sangat populer di Kashmir dan sering dianggap sebagai salah satu makanan khas Kashmir. Berasal dari Tibet, Momos disajikan dengan sentuhan lokal di Kashmir.

Momos merupakan pangsit yang berisi daging cincang, sayuran atau keju. Momos biasa dinikmati dengan saus pedas dan menjadi salah satu hidangan favorit di kawasan India Utara. Kalau kamu adalah penyuka pangsit, maka tak ada salahnya untuk mencoba Momos saat kamu berlibur ke Kashmir.

7. Aab Gosht

 Aab Gosht
recipebook.io

Makanan khas Kashmir yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan Mutton atau daging Domba. Mutton memang menjadi salah satu bahan paling penting yang digunakan untuk membuat makanan sehari-hari warga Kashmir. Di Kashmir sendiri bahkan terdapat 30 jenis makanan yang menggunakan Mutton sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah Aab Gosht ini.

Aab Gosht juga menjadi salah satu sajian paling populer di Kashmir. Sajian ini bisa diolah dengan du acara, yaitu ala Kashmir dan ala Iran. Aab Gosht terdiri dari Mutton yang diolah dengan susu dan beberapa bumbu khas lainnya, seperti kapulaga dan lada hitam sehingga menghadirkan cita rasa yang sangat lezat.

8. Goshtaba

Goshtaba
cooktube.id

Kalau kamu adalah pecinta bakso, wajib untuk mencoba makanan khas Kashmir yang satu ini. Goshtaba merupakan salah satu hidangan tradisional Kashmir yang biasa disajikan untuk Raja dan keluarganya. Dari aromanya kamu bisa mencium aroma makanan khas kerajaan yang menggugah selera.

Goshtaba pada dasarnya adalah bakso khas Kashmir yang terbuat dari daging kambing cincang, lalu dimasak dengan kuah yoghurt dan bumbu khas Kashmir sehingga menciptakan rasa yang unik dan aroma yang menggoda. Mencicipi Goshtaba ini tentunya akan memberikan pengalaman seru bagi kamu yang suka makan bakso.

9. Lyodur Tschaman

 Lyodur Tschaman
iox.vicinito.com

Makanan khas Kashmir yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang vegetarian. Jika kebanyakan sajian di Kashmir menggunakan daging, maka lain halnya dengan Lyodur Tschaman ini.

Lyodur Taschman merupakan sajian keju cottage yang diolah dengan saus berbahan krim kunyit. Sajian ini berasal dari kawasan pegunungan di Kashmir dan menjadi menu sehari-hari masyarakat lokal disana. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin jika wisatawan yang kesana juga ingin mencicipi Lyodur Tschman ini.

10. Yakhni

Yakhni
swatisani.net

Makanan khas Kashmir yang terakhir wajib kamu coba adalah Yakhni atau sering juga disebut sebagai Yoghurt Lamb Curry. Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan jika sajian ini merupakan kari domba dengan yoghurt.

Yakhni terbuat dari daging domba yang dimasak dengan saus yoghurt dan dibumbui dengan bunga Mawal, kapulaga hijau, kapulaga hitam, pasta bawang dan daun mint kering serta biji adas. Sajian ini akan terasa semakin nikmat jika dinikmati bersamaan dengan nasi. Yakhni bisa menjadi pilihan jika kamu ingin mencoba sajian Kashmir dengan rasa otentik.

Demikianlah 10 makanan khas Kashmir yang wajib untuk kamu coba saat berlibur kesana. Tentunya sajian-sajian diatas sangat lezat dan otentik, sehingga kamu tidak akan menemukannya di kawasan lain. Selamat mencoba.



Leave a Reply

One Response
  1. Fikri says:

    Rata-rata mirip masakan padang yah