1000GuruSurabaya | Sightseeing
Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
22 Sep 2017


Negeri Atas Angin: Wisata Matoh di Bojonegoro . .

How to Get There

Lokasi Negeri Atas Angin berada di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sekitar 50 km dari pusat kota.Cara termudah untuk sampai di sana adalah dengan bergabung dengan tur atau menyewa mobil di hotel penginapan Anda. Anda juga bisa mencoba berkendara sendiri menuju lokasi Atas Angin karena ditunjang dengan akses jalan yang baik.

 

What to Do

Jika Anda bingung ketika berkunjung ke Bojonegoro, maka wisata satu ini bisa kalian jadikan alternatif destinasi. Namanya ialah Negeri Atas Angin.

 

Untuk melihat atraksi utama wisata ini maka kalian harus berjalan ke atas bukit Cinta. Tenang, bukitnya cukup landai dan medan jalannya sudah rapi kok, jadi tidak perlu ngos-ngosan dan takut medan jalan untuk sampai ke atas.

 

Tiba di lokasi atraksi utama, kalian akan melihat perbukitan dan hutan di Kecamatan Gondang dan Sekar yang terhampar di depan mata. Tampak pula Gunung Kembar yang menyerupai pintu gerbang, namanya Gunung Lawang dan Gunung Kendil.

 

Bukit yang menjadi atraksi utama Negeri Atas Angin ini dinamai Bukit Cinta karena menjadi saksi bisu kisah asmara sepasang kekasih, Raden Atas Aji dan Dewi Sekarsih, pada masa Kerajaan Mataram. Nama Raden Atas Aji diabadikan menjadi nama Negeri Atas Angin, sedangkan nama Dewi Sekarsih diabadikan menjadi nama Desa Sekar.

 

Raden Atas Aji kala itu adalah pria sakti yang telah lama bertapa di bukit ini. Dia menyelamatkan Dewi Sekarsih yang tersesat di hutan. Sekitar 500 meter dari Bukit Cinta, terdapat Gua Watu Telo tempat dua pasangan ini berlindung.

 

Ada satu rumor yang mengatakan bahwa siapapun yang mengutarakan cintanya di atas bukit ini, niscaya akan langgeng.

 

Langgeng tidaknya dengan si cinta memang menjadi misteri, namun keelokan Negeri Atas Angin, tak bisa diragukan lagi.

 

 

 

 

Tips and Trick

-Beberapa waktu terbaik saat berkunjung ke Negeri Atas Angin adalah sat pagi ketika matahari belum begitu terik atau sore saat matahari akan terbenam.

 

-Perhatikan cuaca ketika berkunjung, saat musim hujan bawalah payung untuk melindungi diri dan ketika musim panas bersiaplah dengan angin yang berhembus cukup kencang.

 

 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY