10 Lokasi Main Flying Fox Paling Menantang Di Indonesia


Reni  June 7, 2022  0 Comment

Flying fox, wahana permainan menantang adrenalin ini kerap tersedia di tempat-tempat wisata. Pengunjung bisa merasakan sensasi terbang di atas ketinggian tertentu. Tak hanya remaja hingga orang dewasa saja yang bisa menaiki, anak-anak pun diperbolehkan dengan ketinggian yang disesuaikan. Berikut ada tempat flying fox menantang di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Apa Itu Flying Fox?

Sebuah wahana permainan yang utamanya menggunakan zip line (alat katrol digantungkan pada kabel baja) di atas ketinggian tertentu. Wahana ini bermula dari Australia, yang awalnya justru diperuntukkan sebagai cara mobilisasi di tempat yang terpisahkan sungai besar.

Flying fox ini banyak digemari orang-orang terlebih bagi yang suka permainan memacu adrenalin, biasanya wahana ini ditemukan di tempat wisata outbound. Berikut 10 Wahana Flying Fox Indonesia

1. Tretes Treetop

Tretes Treetop Adventure
travelpaketwisata.com

Berlokasi di Pasuruan, Jatim. Tempat rekreasi Tretes Treetop cocok dikunjungi bagi mereka yang suka wahana menantang. Anda bisa menjajal ragam flying fox yang berada di area hutan tersebut. Tretes Treetop merupakan salah satu lokasi yang punya flying fox terpanjang di Asia Tenggara.

Jarak lintasan yang disediakan sepanjang 1 KM atau 1000 meter, di mana Anda akan merasakan sensasi terbang diantara pepohonan sekitarnya.

Jika tertarik ingin menikmati flying fox di sini siapkan dana sebesar Rp 150.000 untuk sekali bermain.

Gotravelly

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

Mojosemi Forest Park, Wisata Seru Dan Wajib Dikunjungi!

2. Pantai Taman

Lokasi Main Flying Fox
phinemo.com

Selanjutnya wahana satu ini kian menantang sekaligus seru. Pantai Taman yang berada di Pacitan menyuguhkan permainan flying fox di atas ketinggian sekitar 100 meter, dengan panjang lintasan berkisar 400 meter.

Flying fox milik Pantai Taman ini masuk dalam daftar wahana flying fox tertinggi se-Indonesia. Selagi meluncur, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan seluruh area Pantai Taman  dari atas. Anda bisa lihat hamparan pasir, lautnya yang biru serta perbukitan hijau.

Wahana ini hanya dibuka setiap Sabtu dan Minggu, serta mematok biaya Rp 30.000 saja loh, murah sekali bukan?

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
umbulsidomukti.com

Jantung wisatawan bakal berpacu cepat selama menaiki wahana di Umbul Sidomukti, Semarang. Flying fox di sini dirancang di atas ketinggian 70 meter dengan lintasannya sepanjang 110 meter.

Wisatawan yang meluncur akan menikmati sensasi berdebar dan melihat pemandangan lereng serba hijau di bawahnya. Pengunjung wahana ini juga bisa pilih gaya, baik telungkup bak Superman atau duduk seperti biasanya.

Walau tak seekstrem yang lain, namun berkunjung ke sini tak ada salahnya. Tiket untuk menaiki wahana ini hanya Rp 20.000 saja.

4. Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru
jogjakartour.com

Yogyakarta juga punya lokasi bermain flying fox yang menantang nyali. Bagi Anda si pemberani harus coba menaiki wahana ini setidaknya sekali.

Kalibiru merupakan tempat yang hits didatangi oleh anak muda. Flying fox di sini berada di ketinggian 450 meter dengan pemandangan pepohonan, bukit Waduk Sermo dan Menoreh di dekatnya.

Lintasan yang tersedia ada dua; 50 meter untuk jalur mini dan 85 meter untuk yang lebih menantang. Siapkan dana Rp 35.000 apabila ingin mencoba wahana seru dari Kalibiru.

5. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
salsawisata.com

Sedang berkunjung ke Malang jangan lupa mampir dulu ke Pantai Balekambang dan mencoba wahana flying fox di sini. Berbeda dari Pantai Taman, wisatawan akan merasakan sensasi meluncur di atas hamparan lautan lepas sembari diterpa angin kencang.

Pantai satu ini punya ombak yang ganas dan lumayan tinggi, sehingga Anda akan semakin tertantang ketika menaiki wahana tersebut dengan jarak lintasan berkisar 500 meter. Tak perlu keluarkan kocek dalam, Anda hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk sekali main.

6. Citra Alam Riverside

Citra Alam Riverside
pontas.id

Bogor juga tak mau kalah menyuguhkan wahana flying fox yang menantang nyali. Di Citra Alam Riverside wisatawan dapat mencoba wahana setinggi 15 meter dan meluncur melintasi Sungai Ciliwung.

Tak perlu khawatir soal keamanannya, wahana tersebut menerapkan standar keamanan yang tinggi.

7. Dreamland Cicalengka

Dreamland Cicalengka
travel.tribunnews.com

Cicalengka, Jawa Barat punya salah satu atraksi wisata flying fox yang diklaim sebagai yang terpanjang se-Indonesia. Lintasannya sekitar 700 meter dan ketinggiannya berkisar 1600 mdpl.

Tempat wisata yang baru di bandung 2020 ini menjadikan flying fox sebagai wisata utama yang disuguhkan. Pengunjung harus membayar Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak.

8. Bandung Treetop Adventure Park 

Bandung Treetop Adventure Park
rukmanabalitour.com

Tak usah jauh-jauh ke Bali, di Bandung juga ternyata ada cabang Treetop Adventure Park, loh! Flying fox di sini rata-rata punya ketinggian 20 meter dan harga tiketnya berkisar Rp 200.000 termasuk bermain untuk wahana lainnya.

9. Curug Badak

Curug Badak
udaindra.blogspot.com

Hanya perlu keluarkan kocek sebesar Rp 10 ribu saja pengunjung dapat menantang nyali mereka melalui wahana flying fox yang terletak di Curug Badak, Tasikmalaya.

Selama berada di sini Anda juga bisa sembari berendam di air terjun yang punya debit air cukup deras dan menikmati pemandangan sekitar yang masih asri.

10. Ekowisata Green Village 

Ekowisata Green Village
swaragamafm.com

Tercatat memiliki wahana dengan lintasan terpanjang kedua di Asia Tenggara, Ekowisata Green Village menawarkan sensasi meluncur di lintasan sepanjang 625 meter. Liburan ke sini siapkan dana Rp 100.000, terhitung murah bukan?

Alamat Lengkap

Tretes Treetop: Jalan Raya Trawas, Kec. Pringen, Pasuruan Jawa Timur.

Curug Badak: Kuda Depa, Sukamukti, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ekowisata Green Village: Guyangan Lor, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bandung Treetop Adventure Park: Cikole Jayagiri Resort, Tangkuban Perahu, Lembang, Kab. Bandung Barat.

Dreamland Cicalengka: Tanjung Wangi, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung.

Citra Alam Riverside: Desa Jogjogan, Cilember, Cisarua Bogor.

Pantai Balekambang: Dusun Sumber Jambe, Kec. Bantur, Kab. Malang Jawa Timur.

Wisata Kalibiru: Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai Taman: Desa Hadiwarno, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Umbul Sidomukti: Jalan Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Syarat-syarat Umum Menaiki Wahana

Mau coba naik flying fox? Eits, perhatikan dulu syarat-syarat umum sebelum naik.

  • Tinggi Minimal 110 cm

Biasanya wahana permainan menetapkan tinggi minimal untuk anak-anak sekitar 110 cm, pastikan anak Anda telah mencapai tinggi yang diperbolehkan.

  • Tak Ada Penyakit/Fobia

Untuk wisatawan yang punya penyakit jantung atau fobia ketinggian lebih baik dihindari, ya.

  • Pakaian Nyaman

Selama meluncur Anda akan mengenakan alat pengaman, usahakan gunakan pakaian yang nyaman supaya memudahkan kru memasangkan alat tersebut.

  • Ikuti Arahan

Demi keamanan, ikutilah seluruh arahan yang diberikan oleh para kru.

Fasilitas Tempat Wisata

Deretan tempat bermain flying fox paling menantang di Indonesia yang telah disebutkan tadi mempunyai fasilitas seperti toilet, kafetaria, tempat parkir luas baik untuk mobil maupun motor serta akses jalan menuju lokasi yang mudah.

Ada pun di Citra Alam Riverside menawarkan fasilitas untuk camping bersama keluarga di area hijau terbuka, pelatihan membatik, pelatihan membuat keramik, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 tempat flying fox menantang di Indonesia yang cocok mengisi waktu liburan nanti. Selamat mencoba!



Leave a Reply