9 Tempat Wisata di Palembang yang Tersembunyi Keindahannya


sisil angelin  July 25, 2018  0 Comment

Para pelancong yang suka menjelajah wilayah nusantara barangkali sudah mengetahui beberapa tempat wisata di Palembang yang sangat sayang bila dilewatkan. Palembang yang merupakan Ibukota Provinsi Sumatera Selatan dan juga kota terbesar kedua di Sumatera ini memang sudah terkenal dengan Jembatan Ampera, Kerajaan Sriwijaya, dan Pempeknya. Tetapi banyak yang belum mengetahui kalau Palembang juga ternyata memiliki tempat-tempat eksotis untuk dinikmati keindahannya.

1. Pulau Maspari

Pulau Maspari

Tribunnews.com

Pulau yang masih sedikit diketahui bahkan oleh orang Sumatera Selatannya sendiri ini bisa ditempuh dari Kota Palembang selama kurang lebih 6 jam perjalanan air. Letaknya di Pantai Timur Sumatera. Lamanya perjalanan akan terobati dengan adanya hamparan pasir putih dengan bebatuan yang sangat indah. Tempat ini sangat menarik bila dijadikan tempat untuk berswafoto bersama keluarga atau teman-teman. Karena belum begitu terkenal, tempat ini masih minim fasilitas. Pulau Maspari ini masih terjaga keindahannya dan belum tercemar. Jadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan Anda ke Palembang.

Tirto Tani Joyo, Wisata Air Rintisan Dari Gurah

Pantai Gemah ; Satu Lagi Pantai Bagus Yang Menawarkan Pemandangan Dan Wahana Air!

2. Cuphug Maung Lahat

Cuphug Maung Lahat

YouTube.com

Air terjun yang terletak di Dusun Karang Dalo Desa Trans Kecamatan Dempo Tengah ini masih sangat sulit untuk dijangkau karena medannya yang masih sukar untuk ditundukkan. Para pelancong yang ingin mengunjungi air terjun ini harus menempuh waktu sekitar 9 jam dari Palembang. Keistimewaaan dari air terjun ini adalah tingkatan dan cabang-cabangnya. Kita bisa bermain air di sungai dimana air terjun itu tumpah karena air terjun ini tidak menumpuhkan air yang deras. Berswafotopun akan sangat menyenangkan dengan latar belakang air terjun yang indah ini. Sembilan jam perjalananpun menjadi tidak berarti bila dibayar dengan air terjun yang sangat menawan ini.

Baca juga :  Permata Benua Amerika, Berikut 10 Tempat Wisata di Galapagos

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang

YouTube.com

Tempat ini dahulunya adalah tempat keluarga kerajaan Sriwijaya beribadah. Mereka akan berkontemplasi dan bertapa di tempat ini. Itulah sebabnya penduduk sekitar Bukit Siguntang yang berketinggian sekitar 30 meter dari permukaan laut ini menganggap bukit ini sakral. Banyak sekali orang yang mau berziarah ke Bukit Siguntang yang juga berisikan makam-makam para bangsawan yang diketahui sebagai pendiri Kota Palembang.

4. Gunung Dempo

Gunung Dempo

tempatwisataunik.com

Ini adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan yang bisa dicapai dari Kota Palembang dengan kendaraan sendiri selama kurang lebih 6 jam. Kita bisa juga mencapai gunung ini dengan bus umum dari Lahat. Ketika sudah sampai, Anda mungkin akan berpikiran bahwa Gunung Dempo ini mirip dengan Lokon Tomohon.

5. Air Terjun Bidadari Lahat

Air Terjun Bidadari Lahat

ragapnian.wordpress.com

Air terjun ini terletak 8 km dari Lahat Palembang, tepatnya di Karang Kecamatan Pulau Pinang. Di sekitar air terjun ini terdapat tiga air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Sumbing, Air Terjun Naga, dan Air Terjun Bujang Gadis. Para pelancong yang sangat suka dengan air akan sangat berbahagia berada disini berfoto-foto mengabadikan keindahan alam sekitarnya. Ketiga air terjun ini dicapai hanya dengan menyusuri aliran air dari Air Terjun Bidadari.

6. Kampung Kapitan

tempat wisata terdekat

TripAdvisor.co.id

Ini adalah Kampung Cina yang ada di Palembang. Tempat ini menyimpan sejarah budaya etnis Cina. Mengapa tempat ini dinamakan Kapitan? Karena pada jaman kolonialisme Belanda, ada seorang pria dengan status sosial yang tinggi, ditunjuk oleh penguasa Belanda untuk mengelola dan memimpin tempat ini. Masalah sosial seperti perekonomian, perceraian, pernikahan, perpajakan, dll, diatur oleh seorang kapitan. Jika Anda berkunjung ke tempat ini maka Anda akan merasa Anda hidup pada 250 tahun ke belakang dengan adanya bangunan-bangunan tua yang arsitekturnya adalah perpaduan antara etnis Palembang, Cina, dan Belanda. Bangunan-bangunan tersebut dibiarkan seperti apa adanya di masa lampau hanya dirawat dengan cukup baik.

Baca juga :  10 Wisata Budaya di Sumatera, Bikin Lebih Cinta Indonesia

7. Pulau kamaro

Pulau kamaro

daerah.sindonews.com

Bila Anda berada disini dan Anda berfoto-foto lalu Anda bagikan di sosmed, maka orang awam akan mengatakan bahwa Anda sedang berada di negeri China. Bayangkan saja, disana terdapat Pagoda dengan 9 lantai, Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, patung-patung dewa dewi Cina, dan Kelenteng Dewi Kuan Im. Hanya dengan perahu tradisional ataupun boat yang bisa disewa di sekitar Jembatan Ampera, Anda akan bisa mencapai pulau ini kurang dari 1 jam dari jembatan.

8. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Lihat.co.id

Ini adalah air terjun berketinggian sekitar 40 meter dari permukaan air laut. Tidak terlalu tinggi memang, tetapi lingkungan sekitarnya yang asri, hijau, dan sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama disini. Perjalanan dari Kota Pelambang ke tempat ini akan sangat menyenangkan karena Anda akan disuguhi pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

9. Danau Ranau dan Gunung Seminung

Danau Ranau dan Gunung Seminung

Ringkaskata.com

Dengan tujuh jam perjalalan dari Palembang maka Anda akan mencapai danau yang berair jernih dengan warna biru kehijau-hijauan ini. Terlebih lagi, danau ini memiliki tetangga yaitu Gunung Seminung yang bersebrangan dengannya. Gunung Seminung ini berdiri tegak dan gagah yang membuat pemandangan sekitarnya menjadi sangat indah dan tak terlupakan.
Selain dari Sembilan tempat-tempat indah tersebut, tentu Palembang dan Sumatera Selatan masih memiliki banyak tempat-tempat indah yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Berikut ini adalah tips-tips untuk berwisata ke Palembang, sehingga niat Anda untuk menghabiskan liburan Anda ke Palembang ini akan semakin bulat.

Tips untuk bepergian ke Palembang

∙ Akan sangat baik bila perjalanan Anda ke Palembang direncanakan jauh-jauh hari. Dengan begitu, tidak akan ada hal-hal penting yang Anda lewatkan. Baik itu keperluan selama perjalanan, selama di Palembang, juga informasi-informasi mengenai tempat-tempat indah di Palembang.

Baca juga :  Uji Nyali di 10 Destinasi Tempat Horor di Palembang

∙ Tinggalah selama di Palembang di tempat-tempat yang harganya terjangkau oleh Anda. Jangan sampai tagihan kartu kredit Anda melambung tinggi sepulang dari Palembang ini.

∙ Bila mengunjungi suatu kota, tentu saja Anda ingin sekali mengadakan tur kota. Berbelanja oleh-oleh dan menikmati makanan serta minuman lokal adalah diantara jadwal Anda. Palembang tentu saja memiliki tempat-tempat makan dan nongkrong dengan harga yang cukup mahal, tetapi tidak ada salahnya juga Anda mengunjungi tempat-tempat dengan harga terjangkau. Apalagi bila dana Anda terbatas. Kota Palembang tentu saja memiliki tempat-tempat murah tetapi menyenangkan bila dikunjungi.

∙ Pilihlah destinasi yang tepat ketika Anda berada di Palembang. Palembang dan Sumatera Selatan adalah tempat yang luas untuk dikunjungi. Pastikan Anda memiliki waktu dan dana yang mencukupi bila Anda memang ingin menjelajahi tempat-tempat disini sebanyak mungkin. Tetapi bila Anda tidak terlalu banyak waktu dan tidak ingin menghabiskan banyak sekali dana, maka Anda harus memilih destinasi wisata yang tepat untuk keadaan dan kebutuhan Anda. Pastikan Anda merencanakan dan mempelajari tempat-tempat wisata di Palembang ini terlebih dulu sebelum Anda datang kesini.

∙ Pastikan Anda selalu membawa obat-obatan pribadi Anda karena dikhawatirkan Anda akan susah menemukannya. Terlebih lagi bila Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu. Jangan sampai liburan Anda menjadi liburan dimana Anda tergeletak sakit di kota orang.
Bagaimana? Apakah Anda merasa ingin segera ke Palembang untuk menikmati ke sembilan tempat-tempat wisata diatas? Semoga artikel tentang tempat wisata di Palembang ini memberi Anda cukup informasi sehingga Anda lebih matang lagi dalam mempersiapkan perjalan Anda ke Palembang di musim liburan berikutnya.



Leave a Reply