6 Destinasi Wisata Olahraga Di Indonesia Sehat Jiwa Raga


Altesa  November 28, 2021  0 Comment

Saat ini banyak sekali tema liburan yang bisa kamu pilih, mulai dari solo travelling, city tour, wisata olahraga, history tour, sampai dengan wisata religi. Banyak sekali pilihan yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan diri kamu. Banyaknya pilihan tema wisata ini, juga dikarenakan mulai banyaknya destinasi – destinasi wisata yang dikembangkan ataupun ditemukan saat ini. Banyak sekali destinasi – destinasi wisata alam baru yang bisa dikunjungi, dari pantai hingga perbukitan cantik dengan pemandangan menawan yang bisa kamu nikmati. Selain itu, generasi saat ini mulai menyadari travelling merupakan salah satu cara atau terapi untuk healing dari kesibukan pekerjaan sehari – hari maupun sekedar menghabiskan waktu yang bermanfaat dengan keluarga atau orang – orang terdekat. Kali iniGgotravelly akan memberikan kamu rekomendasi destinasi – destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun juga aktifitas – aktifitas yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Tak usah khawatir semua destinasi – destinasi ini ada di Indonesia. Sudah banyak destinasi – destinasi wisata di Indonesia yang menarik dan menunggu untuk dikunjungi. Destinasi yang akan kita bahas kali ini adalah 7 destinasi wisata olahraga di Indonesia sehat jiwa raga. Jadi, tidak hanya liburan kamu juga bisa sekaligus mendapatkan manfaat berolahraga, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Yuk langsung aja berikut list destinasi wisatanya.

1. Berselancar

Berselancar di pantai
indonesiaituindah.com

Tidak diragukan lagi Indonesia memiliki banyak sekali pantai – pantai yang indah. Selain itu, tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah beberpa pantai juga memiliki deburan ombak yang bagus untuk berolahraga selancar. Beberapa pantai memiliki ombak yang tinggi dan satbil sehingga asyik untuk digunakan berselancar.Selain membakar kalori dalam tubuh kita, manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan berselancar adalah memperkuat otot bahu, melatih keseimbangan tubuh, meningkatkan asupan vitamin D, dan menjaga kesehatan jantung. Buat kamu pemula, tak usah kawatir dibeberapa pantai di Indonesia yang memiliki fasilitas berselancar biasanya juga menyediakan paket belajar selancar untuk pemula baik untuk anak – anak maupun dewasa. Berselancar jelas masuk dalam destinasi wisata olahraga yang wajib kamu coba.

Beberapa destinasi pantai yang bagus untuk berselancar antara lain mulai dari yang sangat terkenal adalah pantai kuta bali. Tidak hanya Kuta, Pulau Bali juga memiliki beberapa pantai lain yang biasa digunakan peselancar bahkan manca negara untuk berselancar salah satunya adalah pantai uluwatu. Jika kamu bosan di Pulau Bali, masih ada pilihan pantai lain seperti di Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Utara, atau Pulau Sipora Sumatera Barat, Pulau Nihiwatu di provinsi Nusa Tenggara Timur, dan masih banyak lagi.

Gotravelly

Pantai Watu Ulo

Pulau Kumala, Wisata Seru Di Bumi Kukar

2. Bersepedah Gunung

 Bersepedah Gunung
asset.kompas.com

Akhir – akhir ini bersepedah menjadi salah satu jenis olah raga yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Mulai banyak klub – klub bersepedah yang muncul di berbagai kota. Tak jarang juga beberapa orang bisa merogoh kocek yang dalam untuk membeli jenis sepedah yang diinginkan dan harganya pun terbilang cukup mahal. Jenis bersepedah juga bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu, ada bersepedah keliling kota, persawahan, maupun di pegunungan. Biasanya jenis bersepedah pegunungan adalah jenis olahraga untuk penyuka olahraga extream, karena medannya yang sulit dan menantang untuk di taklukan. Hal ini, menjadi daya Tarik tersendiri bagi penyuka olahraga extream, selain mendapatkan adrenalin mereka juga bisa menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara di daerah pegunungan. Manfaat yang bisa kamu dapatkan saat bersepedah anatar lain adalah merawat persendian tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan pastinya menurunkan kalori,

Tempat bersepedah gunung di Indonesia yang bisa kamu coba antara lain di daerah Sentul dan Galunggung. Daerah Sentul cocok sekali untuk kamu yang ingin mencoba olahraga ini dan tempat tinggal kamu ada di Ibu Kota, karena destinasi ini tidak jauh sehingga kamu bisa mengunjunginya sewaktu – waktu tanpa libur yang panjang. Selain itu, destinasi olahraga bersepedah gunung lain adalah Didataran tinggi Ubud Bali, ataupun di Taman Sepeda Patar di Sumatera Barat.

3. Panjat Tebing

Panjat Tebing
jogjaadventuretrip.com

Destinasi wisata olahraga selanjutnya adalah aktifitas panjat tebing. Olahraga ini biasanya dilakukan di alam terbuka dengan tebing – tebing yang tinggi.  Aktifitas ini sangat cocok untuk kamu yang suka ketinggian dan memiliki lengan yang kuat. Panjat Tebing juga memiliki banyak sekali manfaat anatara lain meningkatkan focus serta konsentrasi, mengatasi stress, memperkuat lengan otot, serta masih banyak lagi.

Beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk mencoba olah raga panjat tebing dengan aman adalah gunakan pakaian yang nyaman, lengkapi dirimu dengan alat – alat keselamatan seperti harness, jika bisa gunakan sepatu khusus panjat tebing, dan jangan meaksakan diri. Untuk kamu pemula pastikan kamu ditemani dengan orang – orang yang berpengalaman di bidang panjat tebing untuk mencoba olahraga yang cukup berbahaya ini. Beberpa destinasi wisata olahraga panjat tebing yang bisa kamu coba di Indonesia adalah Tebing Citatah Bandung Jawa Barat, Tebing Lembah Harau Sumatera Barat, Tebing Gunung Padang Sumatera Barat, Gunung Parang Jawa Barat. Bosan di daerah pegunungan kamu bisa coba Tebing Pantai Siung yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Lari Marathon

Lari Marathon
cdn.krjogja.com

Selain bersepadah destinasi olahraga lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan lari marathon.Lari menjadi salah satu olahraga yang murah dan simple untuk dilakukan. Tidak banyak alat yang diperlukan dan tidak membutuhkan banyak sekali persiapan untuk melakukan olahraga ini. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan dimana saja, bahkan hanya sekedar mengelilingi kompleks rumah kita. Beberapa jenis lari yang saat ini mulai banyak diminati adalah lari marathon. Lari marathon merupakan olahraga lari dengan jarak tempuh yang jauh, biasanya jarak yang di tempuh adalah sekitar 42 kilo meter. Olah raga ini membutuhkan ketahanan fisik yang sangat kuat. Saat ini banyak destinasi atau event acara perlombaan lari marathon tidak hanya di jalanan kota, namun juga di daerah pegunungan, maupun pantai.

Salah satu event lari marathon di daerah perkotaan dan cukup sering digelar adalah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang menarik untuk di jelajahi dengan lari karena salah satunya adalah banyak sekali situs – situs bersejarah yang ada di kota ini, sehingga peserta juga bisa menikmati keindahan situ – situs bersejarah yang ada di Indonesia khusunya Yogyakarta. Salah satu destinasi yang menjadi jalur atau tempat pembukaan event marathon ini adalah Candi Prambanan.             Selain marathon di sekitar kota, di Indonesia kamu bisa menikmati event marathon di daerah pegununga. Salah satu event yang terkenal dan dijadikan destinasi atau tempat marathon adalah gunung bromo. Disini kamu tidak hanya disuguhkan pemandangan gunung bromo, namun juga udara yang segar dan sejuk di gunung bromo. Tertarik untuk mencoba beberapa event diatas?, kamu bisa cari info lebih lengkapnya di sosial media mereka atau website resmi mereka, siapa tahu akana da event yang digelar dalam waktu dekat ini, dan bisa kamu coba.

5. Diving

Diving
twofishdivers.com

Diving merupakan destinasi wisata olahraga menyelam menggunakan alat pernafasan atau alat diving dengan kedalaman biasanya mencapai 40 meter di bawah laut. Diving merupakan olahraga lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa menikmati keindahan beberpaa wilayah laut di Indonesia yang menakjubkan. Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan, banyak sekali destinasi pantai dan laut yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berwisata dan berolahraga diving. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan olah raga ini adalah melatih pernafasan, melenturkan otot tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata olaharaga spot diving yang bisa kamu coba anatara lain, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Utara, Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, dan tidak lupa Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. Selain berolahraga, kamu juga bisa belajar dan mengenal aneka jenis ikan dan tumbuhan laut di habitat aslinya.

6. Snorkling

Snorkling
img.okezone.com/

Snorkling atau selam dangkal biasanya dilakukan di permukaan laut saja. Berbeda dengan diving snorkeling biasanya dilakukan di spot spot yang dangkal (tidak terlalu dalam). Selain itu, snorkeling tidak membutuhkan alat yang rumit seperti olahraga diving. Destinasi olahraga ini merupakan gambaran sederhana dari olahraga diving, sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin menikmati keindahan laut. Tenang saja biasanya untuk pemula akan diberikan pelampung badan sehingga kamu bisa menikmati keindahan laut dengan mengambang di permukaan.

Beberapa spot – spot terbaik di Indonesia untuk destinasi olahraga ini adalah Karimun Jawa di Jawa Tengah, Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, Gili Labak di Jawa Timur, Raja Ampat di Papua dan masi banyak lagi.

Nah, banyak sekali kan pilihan destinasi wisata olahraga yang bisa kamu lakukan di Indonesia. Jadi pilihan destinasi apa yang akan kamu pilih?. Jangan lupa untuk menajaga kebersihan alam kita disaat kamu berkunjung di destinasi wisata terutama wisata alam kita.



Leave a Reply