Lagi Hitz, Nih 7 Wisata Prosotan Air Alami di Indonesia


Reni  September 17, 2022  0 Comment

Bermain seluncuran di waterboom memang seru, bagaimana jika perosotan tersebut terbentuk secara alami berbahan bebatuan asli di tengah alam yang asri? Tentu menjadi pengalaman baru yang wajib dicoba. Sejumlah wisata prosotan air alami di Indonesia yang sedang hits belakangan ini kiranya seru untuk mengisi waktu liburan bersama teman ataupun kerabat. 

Indonesia sendiri kaya dengan destinasi wisata alam seperti sungai, air terjun, atau lainnya. Karena proses alami siapa sangka jika bisa terbentuk wahana bermain seru menyerupai seluncuran atau perosotan air lengkap dengan bonus panorama yang tentunya tidak bisa dijumpai di tempat lain. Jadi penasaran bukan? Kira-kira mana saja spot wisata prosotan air alami di Indonesia yang sedang ngehits? Berikut diberikan 7 diantaranya, check this out!

Wisata Prosotan Air Alami:

1. Perosotan Batu Alami Air Terjun Kroya, Bali

Perosotan Batu Alami Air Terjun Kroya, Bali
travel.tribunnews.com

Wisata prosotan air alami di Indonesia yang pertama adalah perosotan batu alami di air terjun Kroya, Bali. Air terjun ini didapati tinggi menjulang lengkap dengan pesona jeram yang menakjubkan. memiliki ketinggian 12 meter dengan lanskap alam cantik dengan pagar tumbuhan hijau yang rimbun.

Air di sana begitu bening dan segar. Saking beningnya air di sana bebatuan yang menjadi dasar kolam air terjun bisa terlihat dengan jelas. Debit airnya tidak lalu deras terutama saat musim kemarau. Meski demikian momen menjajal wisata perosotan air alami satu ini cukup menguji adrenalin. Ngaku pemberani? Pastikan cicipi perosotan air alami ini ya!

Baca juga :  10 Taman Nasional di Jawa, Pilihan Tepat Untuk Liburan Keluarga

2. Way Guyuran Gunung Rajabasa, Lampung Selatan

Way Guyuran Gunung Rajabasa, Lampung Selatan
phinemo.com

Rekomendasi wisata prosotan air alami di Indonesia yang sedang hits berikutnya berada di Lampung Selatan. Awalnya tempat ini hanya sungai dengan aliran air yang deras sehingga bisa dimanfaatkan sebagai perosotan seperti di waterboom

Lokasi wisata perosotan air alami ini cukup tersembunyi berada di alam rimba, sehingga tidak banyak yang tahu. Akan tetapi, tiba-tiba tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang dibuat penasaran ingin menjajal keseruan bermain perosotan di sana. 

Untuk mencapai lokasi wisatawan harus berjalan kaki sekitar 2 jam dari area parkir. Sudah ada jalan setapak berpaving, selama perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan rimbunan pepohonan. Bebatuan di sekitar sungai tidak licin sehingga aman tapi wisatawan tetap harus waspada. Tidak jauh dari lokasi perosotan air terdapat Telaga Bidadari yang bisa dikunjungi untuk sekedar bersantai di tengah alam yang tenang atau berendam.

Gotravelly

Taman Rekreasi Kota: Destinasi Wisata Tengah Kota Bangkalan Yang Indah, Tapi Kok Begini

Keindahan Air Terjun Gumandar 

3. Perosotan Batu Air Terjun Makkunyana, Lampung

Perosotan Batu Air Terjun Makkunyana, Lampung
lampung.com

Masih di Lampung, destinasi wisata prosotan air alami di Indonesia yang sedang naik daun lainnya adalah perosotan batu Air Terjun Makkunyana. Air terjun ini tepatnya berada di desa Teratas, Kota Agung Pusat, Tanggamus. Meski lokasinya cukup tersembunyi tapi kini mulai disambangi banyak wisatawan.

Air terjun ini memiliki air yang bening dan segar. Terdapat bebatuan besar yang menjadi pemecah air terjun dari atas ketinggian 20 meter. Tidak jauh dari air terjun tersebut terdapat spot wisata perosotan air alami yang ketinggiannya terbilang rendah tapi cukup menantang untuk dicoba.

4. Perosotan Alami Air Terjun Muara Karing, Maringin

Perosotan Alami Air Terjun Muara Karing, Maringin
tempatwisata.pro

Air terjun Muara Karing berada di lokasi yang cukup sulit dijangkau. Terlebih saat musim hujan biasanya kondisi jalanan di sana cukup licin. Meski harus bersusah payah semua akan terbayar lunas setibanya di lokasi air terjun. Wisatawan bisa menikmati pemandangan di sana yang masih asri dan mandi berendam di airnya yang segar.

Baca juga :  10 Lokasi Main Flying Fox Paling Menantang Di Indonesia

Satu lagi kegiatan yang wajib dicoba yaitu menjajal perosotan alaminya. Perosotan dari bebatuan licin yang akan membawa tubuh wisatawan meluncur dari atas air terjun sampai di tepian sungai Batang Merangin. Agar tetap aman harap selalu berhati-hati selama menjajal wisata prosotan air alami di Indonesia ini ya. Pastikan pula untuk membawa kembali sampah yang dimiliki agar tidak mengotori alam yang masih asri.

5. Lemukih Water Slide Perosotan Alami, Bali

Lemukih Water Slide Perosotan Alami, Bali
travel.okezone.com

Wisata prosotan air alami di Indonesia berikutnya adalah Lemukih Water Slide. Tempat ini menyajikan pemandangan indah dengan suasana alam pedesaan yang masih asli. Tepatnya Lemukih Water Slide berada di desa Lemukih, Sawan, Buleleng, Bali. Lokasinya cukup jauh dari Denpasar tapi masih terbilang mudah dijangkau menggunakan kendaraan.

Di sini wisatawan akan menemukan 3 air terjun dengan ketinggian berbeda. Air terjun di sisi paling kanan merupakan yang paling tinggi, ketinggiannya mencapai 4 meter dan terdapat kolam besar di bawahnya. Berturut-turut 2 air terjun di sisi kirinya lebih kecil dan lebih pendek. 

Di sekitar air terjun inilah terdapat wisata perosotan air alami dengan panjang 45 meter. Anak-anak desa setempat sering bermain seluncuran di sini. 

6. Perosotan Tengah Sawah, Mojokerto

Perosotan Tengah Sawah, Mojokerto
m.merdeka.com

Jika beberapa wisata prosotan air alami di Indonesia yang sudah disebutkan sebelumnya berada di sekitar air terjun, maka yang satu ini ada di tengah sawah. Karena itulah perosotan alami ini dinamai PTS atau Perosotan Tengah Sawah yang lokasinya ada di dusun Sudimoro, Sampang Agung, Kutorejo, Mojokerto.

Seperti namanya, perosotan alami ini berada di tengah sawah. Merupakan perosotan alami dari kali atau sungai yang di sisi kanan dan kirinya terdapat tumbuhan hijau yang subur. Banyak anak-anak setempat yang bermain meluncur di perosotan alami tersebut. 

Baca juga :  10 Tebing Terindah di Dunia Favorit Wisatawan Dunia

Wisata perosotan air alami ini terbuat secara alami, di mana aliran air sungai dipenuhi lumut sehingga bisa digunakan untuk meluncur seru tidak kurang sejauh 200 meter. Kalinya cukup lebar dengan dinding beton yang tinggi. Di sisi ujung terdapat gorong-gorong besar yang biasanya digunakan sebagai titik awal luncur.

7. Waterboom Alami Parit Abangan, Lombok

Waterboom Alami Parit Abangan, Lombok
mataramkita.blogspot.com

Terakhir, wisata prosotan air alami di Indonesia hitz lainnya berada di Lombok. Bukan sungai ataupun air terjun, perosotan alami ini merupakan sebuah saluran irigasi sawah yang sudah dibangun sejak jaman Belanda. Lokasi parit Abangan tepatnya berada di desa Pringgarata, Batukliang, Lombok Tengah, NTB.

Tak hanya warga setempat, sejumlah wisatawan dari daerah lain dibuat penasaran hingga rela jauh-jauh datang untuk menguji adrenalin menjajal seluncuran waterboom parit Abangan. Malah ada juga wisatawan asing yang penasaran dan turut mencoba meluncur di parit ini. Bermain perosotan di sini memang seperti bernostalgia masa kecil, bermain di aliran air dengan pemandangan hijau khas pedesaan.

Bagi wisatawan yang ingin menjajal wisata perosotan air alami ini diharapkan tetap berhati-hati. Pasalnya aliran air di perosotan ini cukup deras dan disambut ombak ketika sampai di ujung perosotan.

Sangat menarik bukan? Itulah 7 wisata prosotan air alami di Indonesia yang sedang hits. Tentu menjadi bonus tersendiri saat liburan ke tempat wisata alam ternyata ada wahana alami yang bisa dimainkan. Akan tetapi, mengingat perosotan air terbentuk secara alami dan mungkin belum dilengkapi dengan standar keamanan setiap wisatawan harus berhati-hati dan bisa menjaga diri. 



Leave a Reply