Berpetualang Menjelajahi 11 Tempat Trekking di Sentul, Bogor


Reni  August 7, 2022  0 Comment

Ingin healing sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota Jakarta? Tempat trekking di sekitar kawasan Sentul kabupaten Bogor bisa menjadi pilihan yang tepat. Kawasan Sentul dikenal memiliki udara yang sejuk, alami dengan pemandangan yang asri. Wisatanya pun beragam mulai air terjun, perbukitan hingga desa yang tentram.

Nggak sekedar berwisata, selama trekking kamu bakalan diajak untuk menikmati suasana pedesaan yang alami. Melewati aliran sungai, hutan pinus, kebun kopi, naik turun perbukitan, area persawahan hingga beberapa air terjun dengan air bening berwarna hijau tosca.

Jalur trekking hampir semuanya dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Waktu tempuh bervariasi, tergantung medan dan jarak perjalanan, semua rute bisa ditempuh dengan kurun waktu mulai dari dua hingga 8 Jam.

Tertarik untuk mencoba tantangan yang menyenangkan. Yuk, pantengin daftar jalur trekking berikut ini

1. Curug Putri kencana

Curug Putri Kencana
sulsel.suara.com

Tempat trekking favorit di Sentul yang pertama adalah Curug Putri kencana. Lokasi Curug berjarak sekitar 23 KM menuju arah Timur dari kota Bogor.

Dari loket pintu masuk menuju curug Putri kencana sekitar 500 meter saja. Tapi jika menggunakan mobil, tentu jaraknya lebih jauh lagi tempat parkirnya lebih jauh. Kondisi jalan menuju curug kondisinya masih berupa tanah dan bebatuan. Dengan kondisi seperti ini, pengalaman trekking benar benar terasa.

Curug Putri tidak terlalu tinggi. Air kolamnya sangat jernih dengan warna hijau tosca. Alam sekitarnya dirangkul oleh pepohonan tinggi dan rindang. Suasanya sangat asri dan bersih. Cocok untuk kamu yang pingin healing, menjauh sementara dari hiruk pikuk keramaian kota Jakarta.

Gotravelly

Indahnya Berburu Sunrise Di Gunung Batur Bali

Akhir Pekan Sambil Trekking Menyenangkan Di Bukit Teletabis Rongi

2. Gunung Pancar

Gunung Pancar
travel.kompas.com

Meski termasuk jalur trekking gunung, namum jalurnya cocok untuk para trekker pemula. Atau cocok untuk kamu yang ingin bertualang sejenak untuk menghindari kebosanan dalam keseharian.

Gunung pancar ini memiliki ketinggian sekitar 300 – 800 meter di atas permukaan laut. Jalur trekking lumayan santai, nggak terlalu menguras tenaga. Selama perjalanan kamu diajak untuk menghirup keindahan hutan pinus yang rimbun dengan panorama instagenic. Sambil istarahat selama perjalanan kamu bisa foto foto cantik.

3. Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih
kataomed.com

Lokasi trekking di sentul yang satu ini tergolong lebih muda. Jalurnya lebih santai. Cocok bagi kamu para trekker pemula.

Jalur trekking PP (pulang pergi) panjangnya sekitar 4 Kilometer. Butuh waktu sekitar 2  hingga 3 jam untuk trekking, tergantung pengalaman trekker. Selama perjalanan trekking, nikmati suasana persawahan, sungai yang bersih dan jernih cocok buat foto foto kece!

Lokasi : Kampung Wangun Landeuh, Karang tengah, Babakan, Madang

4. Goa Garunggang Ke Curug Leuwi Asih

Goa Garunggang
tempatwisata.pro

Ingin Trekking yang lebih menantang? Rute trekking dari Goa Garunggang ke Curug Leuwi asih bisa kamu coba. Siapkan tenaga lebih karena rute ini akan memaksa kamu untuk melewati Goa Garunggung disusul menanjaki area perbukitan bukit Kolecer, kemudian bukit Sereh, area persawahan, hutan pinus hingga sampai di Curug Leuwi asih.

Jarak tempuh sekitar 8 KM pulang pergi, memakan waktu sekitar 6-7 jam lamanya.

5. Curug Cibingbin

Curug Cibingbin
getlost.id

Seperti halnya curug Leuwi asih. Curug Cibingbin dikenal sebagai salah satu tempat trekking di Sentul dengan jalur tergolong ringan. Bahkan cocok untuk anak anak. Rute perjalanan menuju curug dibutuhkan waktu sekitar empat hingga lima jam dengan berjalan santai. Jaraknya sekitar 6 Kilometer.

Selama perjalanan kamu juga bisa singgah ke beebrapa curug lain yakni curug Tiga perjaka, curug Cisalada, curug Ngumpet dan sampai di Curug Cibingbin.

Lokasi : Jalan Bojongkoneng, Bojong Koneng, Madang

6. Rute Bukit Paniisan Ke Curug Cibingbin

Bukit Paniisan
trekkingwisatasentul.com

Jika menurut kamu rute Cibingbin terasa ringan dan ingin tantang lebih, cobain trekking Ke Curug Cibingbin dari bukit Paniisan. Jarak tempuhnya mencapai 13 hingga 15 kilometer. Butuh waktu tujuh hingga 8 jam lamanya. Lumayan menguras keringat.

Jalur yang bisa dipilih ada 2, lho. Yakni rute pertama via Habitur dan rute satunya via Cimandala.

Karena rutenya lebih jauh, tentu saja kawasan dan pemandangan yang ditawarkan lebih banyak lagi, selain beberapa curug, seperti curug Tiga perjaka, curug Ngumpet dan curug Cibingbin kamu juga diajak untuk melewati kawasan hutan rakyat.

7. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
travel.kompas.com

Lokasi Trekking di sekitar sentul adalah curug Leuwi Hejo. Curuh ini sering disebut sebagai Green canyon Bogor. Hal ini dikarenakan deretan tebing batu pegunungan di sekitarnya, jadi mirip dengan Green canyon di Amerika Serikat.

Leuwi dalam bahasa Sunda sendiri berarti kolam, sedangkan hejo berarti hijau yang merucuk warna kolam air terjunnya yang berwarna tosca. Kolamnya sendiri memiliki kedalaman yang berbeda mulai dari 2 meter hingga 10 meter. Suasana masih asri dan hijau pepohonan di sekitarnya.

Lokasi : Kampung Cileungsi, Karang tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor

8. Curug Leuwi Liek

Curug Leuwi Liek
ftp.triptrus.com

Tempat trekking di Sentul selanjutnya Curug Leuwi Liek,  lokasi tak jauh dari Curug Leuwi hejo. Untuk trekking di curug leuwi Liek dan Curug Leuwi hejo membutuhkan waktu sekitar 3 jam Trekking. PP jaraknya sekitar 3 jam saja.

Sepanjang jalur trekkking, kamu akan dimanjakan dengan area persawahan yang menghijau. Perkebunan kopi dan yang paling menyenangkan adalah melewati sungai dengan aliran air yang jernih.

9. Bertualang di Curug Cibaliung

Curug Cibaliung
hargatiket.net

Lokasi trekking di Sentul masih dengan destinasi air terjun yakni Curug Leuwi Liek. Kondisi trekkingnya lumayan menguras tenaga. Jadi disarankan untuk trekker yang berpenglaman dengan kondisi badan yang fit.

Jarak tempuh sekitar 7 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar lima hingga enam jam, tergantung seberapa pengalaman kamu trekking.

Meski tergolong tidak mudah tapi pengalaman yang ditawarkan juga lebih. Selama perjalanan bakal diajak untuk melewati ara persawahan, aliran sungai, Leuwi hejo, leuwi benjol Serta kebun kopi. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa singgah di sederet curug lainnya yaitu curug barong, Leuwi cepet, Leuwi Liuk hingga rute perjalanan berakhir di Curug Cibaliung.

Lokasi : Kawasan Cibadak, Kecamatan Sukamakmur

10. Curug Love

Curug Love
travel.okezone.com

Sama dengan Curug Cibaliung, jalur trekking di sentul yang satu ini juga penuh tantangan. Meski demikian jalur ini juga sangat menyenangkan. Jarak tempuh sekitar 6 Kilometer. Dan sesampai di Curug kamu bisa bermain air sepuasnya. Segerin badan setelah melewati jalur yang menantang.

11. Desa Cisadon

Desa Cisadon
kumparan.com

Setelah lokasi trekking di sentul sebelumnya menuju air terjun, jalur trekking yang satu ini berbeda, menuju desa Cisadon. Desa terpencil bertengger di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut.

Lanskap yang ditawarkan sangat memanjakan mata, dikelilingi deret perbukitan menghijau dan asri. Udaranya sangat bersih dan sejuk. Cocok untuk healing sejenak, menjauh dari hiruk pikuk keramaian kota Jakarta.

Bagaimana dengan deretan  jalur Idi Sentul yang barusan kami ulas? Menyenangkan sekaligus menantang, bukan? selain pemandangan yang indah, jalur trekking sangat bervariasi. Ada yang memiliki jalur ekstrim dan jauh hingga jalur yang mudah bahkan cocok untuk anak anak dan rombongan keluarga.



Leave a Reply