Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Kuliner Wajib Coba Saat Berada di Busan


prita  June 29, 2020  0 Comment

Siapa yang tak kenal Busan? Busan bukan hanya menjadi kota terbesar kedua setelah Seoul, namun kota ini juga menjadi kota pelabuhan terbesar dengan pelabuhan tersibuk kelima di dunia. Kota ini berada diantara laut dan gunung sehingga kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya destinasi wisatanya yang menarik perhatian banyak wisatawan, Busan juga punya banyak sajian kuliner dan jajanan lezat yang patut untuk Anda coba. Jika Anda yang telah mempersiapkan perjalanan liburan ke Busan.

Berikut ini adalah 10 daftar kuliner wajib coba di Busan. Dijamin bakal ketagihan!

1. Milmyeon

milmyeon
en.trippose.com

Kuliner wajib coba di Busan yang pertama adalah Milmyeon. Milmyeon merupakan sebuah mi tipis yang terbuat dari ubi jalar yang disajikan dengan kuah kaldu dingin. Kuah kaldu ini sangat kaya akan herbal dan sayuran sehingga sangat menyehatkan tubuh. Milmyeon juga disebut sebagai mie dingin.

Milmyeon dikenal sebagai sajian tradisional yang diwariskan oleh pengungsi dari kawasan utara seperti Hamheung dan Pyeongyang saat mereka mengungsi ke Korea Selatan karena perang. Sajian ini biasa disajikan dingin dan lebih nikmat jika ditemani dengan es serut saat cuaca sedang panas.

2. Pajeon Hongdae

Kuliner terkenal di Busan
theseoulguide.com

Kuliner wajib coba di Busan yang satu ini terbilang cukup legendaris karena telah ada sejak Dinasti Joseon. Sajian ini bernama Pajeon Hongdae, yaitu sebuah panekuk yang terbuat dari campuran telur, daun bawang, tepung beras dan bahan-bahan lainnya.

Biasanya adonan Pajeon Hongdae ini berisikan aneka sayuran dan berbagai makanan laut, seperti udang, kerang, tiram hingga gurita. Sajian ini pun menjadi kebanggan warga lokal karena Pajeon Dongdae kerap diburu tak hanya warga lokal tapi juga wisatawan.

3. Ssiat Hotteok

Kuliner paling enak  di Busan
gayahidup.dreamers.id

Sama halnya dengan Pejeon Dongdae, Ssiat Hotteok juga merupakan panekuk. Bedanya, Ssiat Hotteok berwarna cokelat keemasa dan berisikan kacang-kacangan yang bergizi.

Ssiat Hotteok merupakan kuliner wajib coba di Busan, karena sajian ini mengandung banyak gizi yang berasal dari kacang-kacang. Kudapan ini biasanya disajikan dalam cangkir kertas yang praktis, sehingga sangat memudahkan Anda untuk mencicipinya sambil berjalan-jalan menyusuri indahnya kota Busan.

4. Gomjangeo

gomjangeo
tourtips.com

Berkunjung ke Busan memang wajib hukumnya untuk mencicipi sajian seafoodnya. Salah satu kuliner wajib coba di Busan yang berbahan seafood adalah Gomjangeo.

Gomjangeo merupakan belut laut yang diambil langsung dari lautan Busan. Belut laut ini kemudian dipanggang dan diberi bumbu khas agar tambah nikmat. Untuk menikmatinya, biasanya Gomjangeo diberi tambahan sayuran segar. Beberapa tempat di Busan yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi Gomjangeo antara lain Pasar Jagalchi, Pasar Haeundae, Suan-dong dan Onchenjang. Tentunya masing-masing tempat menyajikan rasa dengan ciri khas yang berbeda.

Belut laut ini umumnya dibungkus dengan daun kemudian terdapat kecap asin serta potongan cabai diatas meja sebagai penambah rasa. Gomjangeo biasanya dijual bersamaan dengan soju.

5. Eomuk

Kuliner enak di Busan
his-travel.co.id

Kuliner wajib coba di Busan selanjutnya adalah Eomuk. Eomuk sering juga disebut sebagai fish cake atau kue ikan. Eomuk terbuat dari daging ikan putih yang kaya akan gizi karena ikan di laut Busan terkenal memiliki kualitas yang sangat baik. Daging ikan tersebut dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung terigu serta beberapa bumbu. Kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan direbus dengan kaldu ikan yang nikmat.

Eomuk khas Busan memiliki rasa yang lebih ringan jika dibandingkan dengan Eomuk yang banyak ditemukan di Seoul. Tak jarang penjual Eomuk di Busan menyediakan kecap asin dalam botol sebagai penambah rasa, Anda pun bisa mengambil kuah rebusan Eomuk secara cuma-Cuma.

6. Twigim

twigim
idntimes.com

Twigim memang banyak sekali ditemukan di Korea dan salah satunya adalah Busan. Twigim hampir mirip dengan tempura yang terdiri dari berbagai macam syuran dan aneka seafood yang dicelupkan dalam adonan kemudian di goreng. Tak heran jika banyak wisatawan Indonesia menyebut kudapan ini sebagai Tempura Korea.

Di Busan, Twigim memiliki berbagai macam varian rasa seperti udang, labu hingga telur Korea yang manis. Tapi, jika Anda seorang vegetarian, Anda pun bisa mencicipi rasa dangmyeon yaitu sejenis mie beras. Twigim ini menjadi salah satu kuliner wajib coba di Busan yang tentu tak boleh Anda lewatkan. Andapun tak perlau khawatir soal harga, karena Twigim adalah jajanan pinggir jalan yang harganya tentu tidak menguras kantong.

7. Steamed Chicken

steamed chicken
koreanbapsang.com

Kalau Anda bosan dengan olahan seafood atau Anda tidak bisa makan seafood, ayam tentu bisa menjadi pilihan dan salah satu kuliner wajib coba di Busan berbahan ayam adalah steamed chicken.

Salah satu restoran yang menyajikan steamed chicken paling lezat di Busan adalah Two Guy Steamed Chicken (Dunamja Jjimdak). Restoran ini menyajikan steamed chicken dengan porsi besar yang dimasak menggunakan saus kecap, cabai, kentang, kue beras, ubi dan mie gelas. Anda pun bisa menambahkan keju sebagai toppingnya. Namun perlu Anda ketahui jika steamed chicken disajikan tanpa nasi.

8. Tteokbokki

tteokbokki
seriouseats.com

Berkunjung ke Korea Selatan belum afdol rasanya jika belum mencicipi Tteokbokki. Anda yang gemar menonton Drama Korea pasti tidak asing dengan jajanan yang satu ini, Tteokbokki terbuat dari rice cake atau tepung beras yang kemudian disiram dengan saus berbahan dasar Gochujang. Kudapan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan pedas.

Tteokbokki juga bisa dinikmati dengan telur, pangsit hingga mie ramen. Jajanan ini memang bisa dengan mudah ditemukan di seluruh Korea Selatan dan salah satunya adalah Busan. Tak sedikit pula wisatawan memasukkan Tteokbokki sebagai salah satu kuliner wajib coba di Busan.

9. Dakkochi

Kuliner wajib coba di Busan
hellochef.me

Dakkochi juga masuk dalam daftar kuliner wajib coba di Busan. Buat Anda yang masih asing dengan kudapan yang satu ini, Dakkochi merupakan sate ayam tanpa kulit yang dilumuri dengan saus pedas atau asam manis.

Selain ayam, varian lain yang bisa Anda coba adalah hot dog. Hot dog ini dipotong kecil kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang bersama dengan daging ayam lainnya. Untuk soal rasa tentu tak perlu diragukan lagi.

10. Buchimgae

Kuliner enak di Busan
simplelifeandgivethanks.com

Kuliner wajib coba di Busan yang terakhir adalah Buchimgae. Buchimgae adalah sebutan untuk pancake ala Korea yang mana pancake ini berbeda dengan pancake pada umumnya.

Buchimgae banyak ditemukan di Busan dan kerap masuk dalam daftar kuliner wajib coba di Busan oleh wisatawan. Sajian ini biasanya berwana hijau dan merah, yang mana Buchimgae hijau diisi dengan sayuran sedangkan Buchimgae merah berisikan kimchi. Kudapan ini dibuat dari adonan tebal yang digoreng, kemudian dipotong kecil dan dicelupkan dalam saus kedelai.

Demikianlah 10 kuliner wajib coba di Busan yang perlu Anda masukkan dalam daftar rencana perjalanan Anda. Selamat mencoba!



Leave a Reply