pritagizela | Traveler
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia | halal
23 Mar 2021


Cobain Jajan Pentol Maido, Jajanan Pentol Dengan Porsi Timbangan

Jajan pentol pake porsi timbangan? Yup, Pentol Maido ini jajanan pentol sederhana tapi punya keunikan yang bikin ketagihan..

Post Content

Minggu lalu kebetulan lagi gabut banget guys dan pengen banget cari jajanan di daerah sekitar rumah. Salah satu jajanan yang paling aku suka adalah pentol guys. Pentol emang jadi salah satu street foodyang paling banyak digemari, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Beberapa waktu lalu, aku sempet share pengalaman aku jajan pentol yang naik kelas di Pentol Gilaaa, nah kali ini aku cicipi jajanan pentol yang sederhana, tapi tetap istimewa yaitu Pentol Maido.

Video by Gotravelly

Pentol Maido ini sebenernya adalah Pentol Corah khas Madiun. Mungkin buat kalian yang masih belum familiar dengan jajanan ini, jadi pentol corah ini adalah jajanan khas daerah Madiun dan sekitarnya. Sama kayak jajanan pentol pada umumnya, pentol corah ini terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu. Namun yang membedakan adalah adonannya diberi kulit tahu pong. Ciri khas lain yang membedakan pentol corah dengan pentol lainnya terletak pada sausnya yang pedas.

Pentol Corah ini biasanya banyak ditemukan di jalanan kota Madiun, Ngawi hingga Ponorogo. Namun sekarang, tak perlu jauh-jauh kesana untuk bisa menikmati pentol corah ini karena di Sidoarjo udah ada dan lokasinya pun ngga jauh dari rumah.

Ini booth nya

Well, Pentol Maido ini sebenernya adalah kios kecil yang ada di halaman Alfamart Sukodono, tapi belakangan ini cukup hits di Sidoarjo. Menariknya lagi, pentol corah disini dijual dengan cara timbangan. Hah? Kok bisa? Bisa dong guys!

Jadi, menu pentol corah di Pentol Maido ini dijual dari 500 Gram dan 1 kilogram. Jadi, pentol yang disajikan nanti akan ditimbang. Menarik banget sih, soalnya porsinya jadi banyak banget. Nah, karena datengnya Cuma berdua, akhirnya aku pesen yang 500 gram aja. Ohya, untuk sausnya disini juga ada tiga pilihan ya guys. Sambel Pedes Nangis, Sambel Pedes Melek dan Sambel Pedes Ngakak.

Daftar Menu Pentol Maido


Menu Sambalnya

Pesenan 500 Gram Pentol Corah plus Sambel Pedes Melek pun langsung tersaji. Pentolnya waktu itu masih baru mateng jadinya masih hangat dan enak banget. Nah, porsi setengah kilo ini lumayan banyak juga menurutku guys. Kenyang deh pokoknya!


Pentol corah ini bentuknya kotak-kotak dengan tekstur yang lembut dan ngga keras. Sebenernya rasa pentolnya biasa aja, tapi yang bikin ngga biasa itu adalah sambelnya. Sambel pentol corah ini banyak banget guys dan yang aku pilih ini, sambale pedes melek bener-bener bikin melek. Menurut aku sih sambel ini pedes banget, tapi buat kamu yang suka banget sama pedes mungkin bakal ngerasa kalo sambel ini biasa-biasa aja. Cuma sambel ini cocok banget dicocol langsung sama pentol corahnya. Enak banget.



Ohya, pentol corah ini juga bisa kalian order online lho guys. Jadi mereka juga menawarkan menu frozen dengan ukuran yang sama, yaitu 500 gram dan 1 kilogram yang udah termasuk dengan sausnya. Harganya sih selisih sedikit ya, tapi cocok banget buat camilan di rumah. Kamu bisa order by ojek online atau bisa pake ecommerce, seperti Shopee dan Tokopedia.

Overall, aku ketagihan sama pentol corah ini, meskipun ngga kuah sama pedesnya. Next time aku pasti bakal cobain yang lebih banyak dengan saus ngga pedes pastinya. Nah, kalo kalian suka jajan pentol, ngga ada salahnya buat cobain pentol corah ini guys. Dijamin ketagihan. Selamat mencoba..

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.