10 Gunung Pendakian di Bali Bikin Kaki Gatel Ingin Jelajahi


prita  May 19, 2021  0 Comment

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang keindahannya telah mendunia. Pulau Dewata ini memang terkenal dengan wisata pantai-nya yang indah dan budaya-nya yang masih kental juga Gunung Pendakian di Bali. Namun, berlibur ke Bali tak melulu harus berkunjung ke pantai, lho. Bagi kamu yang suka mendaki gunung, kamu bisa menemukan deretan gunung indah di pulau ini. Berikut ini adalah Gunung Di Bali yang busa kamu daki

1. Gunung Agung

 Gunung Agung
lamudi.co.id

Daftar gunung di Bali yang pertama tentu saja Gunung Agung. Gunung Agung ini merupakan puncak tertinggi di Pulau Bali dengan ketinggian mencapai 3.031 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang berlokasi di Kabupaten Karangasem ini tak hanya menjadi gunung tertinggi di Pulau Bali, namun juga menjadi gunung yang dianggap suci oleh masyarakat Bali. Meskipun begitu, gunung ini juga dianggap sebagai salah satu tempat pendakian favorit di Bali. Terdapat dua jalur pendakian yang bisa kamu pilih, yaitu dari Desa Junggul yang memiliki ketinggian mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut dan jalur Pura Pasar Agung dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Gotravelly

Sunrise Gunung Batur Yang Memikat Hati

Puncak Bukit Trunyan Bali

2. Gunung Batukaru

 Gunung Batukaru
kintamani.id

Gunung Batukaru juga masuk dalam daftar gunung di Bali yang sayang sekali untuk dilewatkan. Gunung ini juga menempati peringkat kedua sebagai gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian mencapai 2.276 meter di atas permukaan laut.

Gunung Batukaru ini memiliki 3 jalur pendakian yang bisa kamu pilih, yaitu Pura Batukaru yang berada di ketinggian 835 meter di atas permukaan laut, Desa Jatiluwih di ketinggian 840 meter di atas permukaan laut dan yang terakhir adalah Desa Pujungan yang berada di sisi barat laut di ketinggian 1.090 meter di atas permukaan laut.

3. Gunung Abang

Gunung Abang
kintamani.id

Daftar gunung di Bali yang menjadi pendakian favorit selanjutnya adalah Gunung Abang. Gunung Abang juga menempati posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian mencapai 2.152 meter di atas permukaan laut.

Gunung Abang ini berada di Kabupaten Bangli dan diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Agung di sebelah timur dan Gunung Batur di sebelah barat. Di Antara Gunung Abang dan Gunung Batur ini terdapat sebuah danau cantik yang cukup populer dan sering menjadi tujuan wisata, yaitu Danau Batur. Jika kamu ingin mendaki Gunung Abang ini, terdapat dua jalur yang bisa dilalui. Jalur pertama adalah Jalur Songan yang merupakan jalur terpanjang dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Lalu, yang kedua adalah jalur Desa Suter yang ketinggiannya mencapai 1.400 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Catur

Gunung Catur
dolandolen.com

Gunung Catur menempati urutan ke-empat dalam daftar gunung di Bali yang sering dijadikan tempat pendakian. Gunung Catur ini juga sering disebut sebagai Puncak Mangu dan memiliki ketinggian mencapai 2.096 meter diatas permukaan laut.

Gunung yang berlokasi di Bedugul ini memang menawarkan pemandangan yang istimewa. Dengan ketinggian mencapai 2.096 meter diatas permukaan laut, gunung ini memiliki pemandangan yang indah dari puncaknya, mengingat gunung ini dikelilingi oleh Danau Buyan dan Danau Beratan. Tak hanya itu, dari sini kamu bisa melihat hampir seluruh gunung yang ada di Pulau Bali, pasalnya lokasi Gunung Catur ini berada di tengah-tengah pegunungan yang ada di sana.

5. Gunung Sanghyang

Gunung Sanghyang
aryalawamanuaba.wordpress.com

Di urutan ke-lima dalam daftar gunung di Bali yang wajib untuk kamu daki ada Gunung Sanghyang. Gunung Sanghyang atau yag sering disebut dengan Sengayang ini memiliki ketinggian 2.087 meter di atas permukaan laut.

Gunung Sanghyang berada di Tabanan yang mana posisinya berada diantara Puncak Adeng dan Gunung Batukaru. Pada bagian lereng sisi timurnya merupakan lembah yang lebah dan belum terjamah. Satu-satunya akses untuk menuju puncak gunung ini adalah dengan melintasi jalur setapak peninggalan jaman kerajaan yang mana jalur ini merupakan penghubung Antara Jatiluwih dengan Tamblingan. Selebihnya, kamu tidak akan menemukan akses lain, untuk itu tidak terlalu banyak pendaki yang mengunjungi gunung ini.

6. Gunung Pohang

 Gunung Pohang
hendra.ws

Pada urutan ke-enam dalam daftar gunung di Bali yang bisa kamu jadikan sebagai tempat pendakian ada Gunung Pohang. Gunung Pohang atau yang sjuga dikenal sebagai Gunung Pohen ini memiliki ketinggian hingga 2.069 meter di atas permukaan laut.

Sama dengan Gunung Sanghyang, Gunung Pohang ini merupakan gunung berapi, namun statusnya sudah tidak aktif lagi. Untuk menuju puncaknya, terdapat satu jalur pendakian saja, yaitu Jalur Geothermal. Jalur ini cenderung lurus dan hampir tidak ada belokan sekalipun.

7. Gunung Tapak

Gunung Tapak
peakery.com

Daftar gunung di Bali yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Gunung Tapak. Gunung Tapak ini memiliki ketinggian mencapai 1.909 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dengan hutan pinus dan bunga-bunga.

Tak hanya itu, di sekitar gunung ini juga terdapat Danau Buyan yang menjadi sumber mata air bagi penduduk sekitar Gunung Tapak ini. Terdapat dua jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Tapak ini, yaitu dari Desa Pancasari dan Kebun Raya.

8. Gunung Lesung

Gunung Lesung
balitraveldiary.com

Gunung Lesung adalah salah satu gunung di Pulau Dewata yang memiliki keindahan luar biasa. Hal ini dikarenakan gunung setinggi 1.865 meter di atas permukaan laut tersebut dikelilingi oleh pepohonan hijau. Ditambah lagi, adanya bangunan tua yang ada di sekitarnya membuat gunung ini menjadi semakin menarik.

Di sebelah selatan gunung ini terdapat Danau Tamblingan yang membuat pemandangan di sekitar gunung ini jadi semakin indah. Bahkan, gunung ini juga memiliki sebuah kawah yang kerap mengeluarkan uap panas. Meskipun dibutuhkan perjuangan lebih untuk mencapai puncaknya, namun semua rasa lelah akan sirna setelah melihat pemandangan yang menawan tersebut.

9. Gunung Adeng

Wisata alam terdekat
peakery.com

Daftar gunung di Bali yang memiliki pemandangan menawan selanjutnya adalah Gunung Adeng. Gunung Adeng ini berada di ketinggian 1.826 meter di atas permukaan laut dan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gunung Adeng berada di sebelah Desa Jatiluwih dan memiliki pemandaian air panas di sekitarnya. Tak hanya itu, pemandangan dari puncak Gunung Adeng ini pun sangat menawan karena alamnya sangat asri dan banyak pepohonan. Gunung ini juga memiliki beberapa pura cantik yang masih digunakan sebagai tempat ibadah.

10. Gunung Batur

 Gunung Batur
brobali.com

Gunung Batur menjadi urutan terakhir dalam daftar gunung di Bali yang wajib untuk dikunjungi. Gunung setinggi 1.717 meter di atas permukaan laut ini memang menjadi salah satu puncak yang cukup terkenal di kalangan wisatawan karena jalur pendakiannya yang tergolong mudah.

Selain memiliki jalur pendakiannya yang mudah dan nyaman, gunung ini juga bisa dicapai dari beberapa desa. Meskipun jalan menuju puncaknya tidak terlalu susah, namun bukan berarti pemandangannya tidak indah. Gunung Batur terkenal dengan keindahan sunrise nya dan menjadi spot yang pas untuk pendaki pemula.



Leave a Reply