Keseruan Menjelajahi 10 Destinasi Wisata Sejarah Mesir Kuno


Fida  July 9, 2020  0 Comment

Mesir menjadi salah satu negara yang dikenal menyimpan banyak tempat wisata hingga kuliner lezat. Saat berencana ke Mesir, merencanakan berlibur ke salah satu tempat wisata sejarah Mesir kuno menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Tidak perlu bingung, Berikut destinasi wisata sejarah Mesir kuno

1. Piramida Giza

piramida giza
idntimes.com

Pasti Anda tidak asing dengan kata Piramida Giza. Piramida Giza merupakan salah satu wisata sejarah mesir kuno yang hingga kini masih ada dan ramai dikunjungi. Piramida yang satu ini merupakan piramida terbesar di Mesir. Bangunan yang satu ini sangat populer di seluruh penjuru dunia, karena masuk kedalam kategori tujuh keajaiban dunia.

Piramida Giza memiliki tinggi 129 meter. Bagi Anda yang berkunjung ke Mesir, sangat disayangkan jika Anda melewatkan wisata sejarah mesir kuno yang satu ini. Tak heran jika banyak wisatawan datang dan berkunjung, karena pemandangan yang disuguhkan pun sangat memanjakan mata. Berada di daerah gurun pasir membuatnya semakin indah.

Gotravelly

Patung Buddha Empat Wajah: Berlapis Emas Murni Dan Tertinggi Di Indonesia

Merlion Park Singapore

2. Kuil Abu Simbel

kuil abu simbel
dictio.id

Wisata sejarah mesir kuno yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Kuil Abu Simbel. Bangunan kuil ini berada di tepi barat Sungai Nil. Kuil Abu Simbel menjadi wisata yang paling diminati dan menjadi wisata favorit pengunjung. Kuil yang satu ini terletak di ujung Danau Nasser di Nubia, Mesir Selatan.

Pemandangan yang sangat memukau akan Anda lihat ketika Anda berkunjung ke Mesir. Kuil Abu Simbel merupakan salah satu wisata sejarah mesir kuno yang masih ada hingga saat ini. Bagi Anda yang bekunjung ke Mesir, sangat disayangkan jika Anda tidak berkunjung ke Kuil Abu Simbel karena pemandangan yang disuguhkan di sini juga sangat memukau mata.

 3. Siwa Oasis

Siwa Oasis
commons.wikimedia.org

Pernah mendengar kata Siwa Oasis? Siwa Oasis merupakan salah satu wisata sejarah Mesir kuno. Siwa Oasis merupakan kolam garam yang sangat indah. Ainya yang berwarna biru membuat pikiran fresh  kembali. Di sini Anda dapat menikmati kenyamanan berwisata. Bagi Anda pecinta foto, Anda tidak perlu khawatir karena di Siwa Oasis menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau mata serta instagamable.

Siwa Oasis berlokasi di dekat perbatasan Libya. Pengunjung di Siwa Oasis sangat beragam, mulai dari wisatawan asal negaranya sendiri, hingga turis mancanegara. Bagi Anda yang sedang rekreasi di Mesir, sangat disayangkan jika Anda tidak mampir ke salah satu kolam garam alami di dunia yang satu ini.

4. Piramida Djoser

Piramida Djoser
indozone.com

Wisata sejarah mesir kuno selanjtnya adalah Piramida Djoser. Piramida yang satu ini merupakan piramida tertua di Mesir. Lokasi wisata yang satu ini tidak jauh dari Kota Kairo, mungkin hanya membutuhkan waktu satu jam saja. Piramida Djoser berada di 15 kilometer sebelah tenggara dari komplek Piramida Giza. Berbeda dengan piramida lainnya, piramida yang satu ini cukup unik karena bentuknya yang tersusun rapi bertingkat ke atas.

Wisata yang satu ini sempat ditutup saat diperbaiki selama 14 tahun karena telah mengalami kerusakan. Namun, saat ini Piramida Djoser telah dibuka kembali dan dapat dijadikan tempat wisata bersejarah yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Piramida tertua yang satu ini dibangun sejak 4700 tahun yang lalu. Jika Anda ingin menikmati indahnya Piramida Djoser, Anda cukup menyewa unta untuk berkeliling. Tak heran jika banyak turis mancanegara yang tertarik dengan Piramida Djoser.  

5. Patung Sphinx

Patung Sphinx
amazine.co

Anda pasti tidak asing lagi ketika mendengar kata Patung Sphinx. Patung yang satu ini berada di komplek Piramida Giza dan tidak jauh dari Kota Kairo. Jarak dari Kota Kairo ke Patung Sphinx sekitar 25 kilometer. Patung Sphinx merupakan salah satu wisata sejarah mesir kuno yang sangat diminati pengunjung. Patung Sphinx berbentuk kepala manusia dengan tubuh singa. Patung yang satu ini cukup besar dengan panjang 73,5 meter, lebar 6 meter dan tinggi 20,2 meter.

Anda dapat menikimati keindahan sekitar Patung Sphinx dengan menyewa unta. Selain menyewa unta untuk berkeliling, Anda juga dapat membeli oleh-oleh berupa souvenir cantik untuk kenang-kenangan Anda bewisata di patung kepala manusia bertubuh singa yang satu ini.

6. Lembah Para Raja

lembah para raja
amazine.co

Saat ingin datang ke wisata sejarah Mesir kuno, Lembah Para Raja menjadi destinasi yang bisa Anda datangi. Lembah Para Raja merupakan tempat dimana raja-raja Mesir dimakamkan. Lembah Para Raja juga disebut Gerbang Para Raja atau Gates of King. Lokasinya berada di tepi barat Sungai Nil di kawasan kota Thebe atau Luxor.

Lembah Para Raja semakin dikenal setelah adanya penemuan mumi Firaun Tutankhamen yang dikenal dengan kutukan menyeramkan. Selain itu, Lembah Para Raja juga digunakan sebagai makam kerabat kerajaan yang berkedudukan tinggi. Wisata yang memiliki banyak nilai sejarah ini bisa Anda datangi saat berada di Mesir.

7. Lembah Para Ratu

lembah para ratu
id.wikipedia.org

Tidak hanya Lembah Para Raja, Lembah Para Ratu juga menjadi destinasi wisata sejarah Mesir kuno yang sayang untuk dilewatkan. Mumi para raja dan ratu dulunya disemayamkan di tempat yang berbeda pada masa kejayaan Mesir kuno.

Lembah Para Ratu juga menjadi tempat ditemukannya mumi Ratu Nefertaru dan Ratu Ahmes. Pada zaman kuno, Lembah Para Ratu memiliki sebutan Ta-Set Naferu yang memiliki arti “tempat yang indah”. Lembah Para Ratu juga terbagi menjadi beberapa bagian yang sangat mengesankan untuk didatangi. Tempat yang satu ini menjadi wisata Mesir kuno yang sayang untuk dilewatkan.

8. Kuil Luxor

Luxor
tripadvisor.co.id

Kuil Luxor menjadi salah satu wisata sejarah Mesir kuno yang bisa Anda kunjungi. Karena keindahan serta cerita sejarahnya, Kuil Luxor menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan yang tidak hanya wisatawan lokal saja melainkan ramai akan wisatawan asing juga.

Kuil Luxor dibangun oleh Firaun Amenhotep III dan kemudian dilakukan pemugaran oleh Firaun Ramses II. Kuil yang berdiri megah ini berada di pusat Kota Luxor dan sangat mudah dijangkau. Diperkirakan Kuil Luxor sudah ada sejak tahun 1400 Masehi. Saat berencana datang ke wisata sejarah di Mesir, Kuil Luxor menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi.

9. Nekropolis Thebes

nekropolis thebes
whc.unesco.org

Nekropolis Thebes adalah daerah pemakaman yang berada di tepi barat Sungai Nil. Tempat bersejarah ini menjadi tempat upacara pemakaman firaun-firaun di masa kerajaan baru.

Nekropolis Thebes memang sangat cocok untuk dikunjungi, terlebih bagi Anda yang menyukai tempat bersejarah. Di tahun 1979, Nekropolis Thebes masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO kategori budaya.

10. Kompleks Kuil Karnak

 Kompleks Kuil Karnak
tfamanasek.com

Satu lagi wisata sejarah Mesir kuno yang tidak boleh dilewatkan yakni Kompleks Kuil Karnak. Kuil yang satu ini dibangun oleh Firaun Ramses II pada tahun 1391 – 1351 SM. Meskipun banyak bangunan yang runtuh dan sedikit rusak, tetapi tidak mengurangi keindahan Kompleks Kuil Karnak.

Setelah melihat keindahan beberapa tempat wisata sejarah Mesir kuno, mana yang paling ingin Anda datangi?  



Leave a Reply