10 Hidangan Khas Ramadhan di Mesir Cocok Jadi Menu Buka Puasa


Fida  April 21, 2022  0 Comment

Seperti yang kita ketahui, Mesir dikenal sebagai negara yang memiliki banyak cerita sejarah. Negara yang satu ini kerap didatangi wisatawan untuk berlibur maupun mencoba berbagai kuliner khas yang ditawarkan. Saat bulan Ramadhan tiba, kamu dapat menjumpai berbagai hidangan khas dengan cita rasa lezat dan tampilan yang unik. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi hidangan khas Ramadhan di Mesir yang menarik untuk kamu coba.

1. Fattah

fattah
traveladdict.xyz

Salah satu rekomendasi hidangan khas Ramadhan di Mesir yang menarik untuk kamu coba adalah fattah. Hidangan yang satu ini dibuat dengan beberapa campuran isian seperti nasi, roti, dan juga protein. Fattah memang dikenal kaya akan protein dan biasanya didapat dari daging.

Tidak hanya dikenal kaya protein, hidangan yang satu ini juga memiliki tampilan yang unik dan menggugah selera yakni nasi dan roti goreng ditata berlayer rapi di piring. Setelah rapi, isian tersebut kemudian ditambahkan dengan siraman saus tomat yang telah dimasak menggunakan bawang putih dan cuka. Tampilan akan semakin menggugah selera karena terdapat tambahan potongan daging yang besar di atas hidangan ini. Menarik sekali bukan?

Gotravelly

Kedai Roti John Legend: Tawarkan Roti John Dengan Ragam Topping Nikmat

Ketagihan Gurihnya Roti Canai Malaysia

2. Susu Kurma

susu kurma
travel.kompas.com

Beberapa hari kamu tentu sudah tidak asing dengan sajian susu kurma. Susu kurma juga kerap dipilih sebagai hidangan khas Ramadhan di Mesir. Minuman yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai maupun dibuat sendiri di rumah.

Susu kurma dibuat dengan mencampurkan kurma kering dan susu. Hidangan yang satu ini disajikan tanpa tambahan pemanis buatan maupun gula. Selain dikenal lezat, susu kurma juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Susu kurma biasa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dan tentu sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tertarik untuk mencobanya?

3. Molokhia

molokhia
bbc.com

Rekomendasi hidangan khas Ramadhan di Mesir berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah molokhia. Jika dilihat sekilas, molokhia tampak seperti sup sayuran hijau. Sesuai dengan namanya, molokhia dibuat dengan menggunakan bahan utama daun molokhia. Daun yang satu ini dikenal kaya akan gizi dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Hidangan yang satu ini biasa dinikmati bersama dengan tambahan roti, nasi, daging, atau makanan laut. Saat Ramadan tiba, hidangan molokhia juga sangat mudah dijumpai di Mesir. Tidak hanya lezat dan menyehatkan, hidangan ini juga sangat mengenyangkan saat dinikmati.

4. Kunafah

kunafah
istockphoto.com

Hidangan khas Ramadhan di Mesir berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah kunafah. Hidangan yang satu ini disajikan dengan tampilan seperti bihun di bagian luarnya. Di bagian dalam hidangan ini terdapat krim yang dicampur dengan kacang dan sirup.

Proses memasak hidangan ini dikenal cukup unik dan menghasilkan cita rasa lezat serta aroma yang menggugah selera. Hidangan yang satu ini biasanya dinikmati saat sahur atau berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kunafa juga biasa dipilih sebagai hidangan penutup. Saat mencoba hidangan yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa unik dan khas yang membuat ketagihan setelah mencobanya.

5. Basbousa

basbousa
cookpad.com

Ada cukup banyak pilihan hidangan khas Ramadhan di Mesir yang menarik untuk kamu coba salah satunya adalah basbousa. Hidangan yang satu ini biasa dinikmati sebagai menu untuk berbuka puasa karena menawarkan cita rasa yang manis. Bahan utama pembuatan basbousa adalah dari tepung semolina.

Tepung semolina akan diolah bersama dengan beberapa bahan lainnya seperti mentega, gula, susu, yoghurt dan vanili. Jangan yang satu ini biasa disajikan dengan tambahan siraman sirup yang dibuat dari campuran jeruk, gula, dan juga air. Saat berkunjung ke Mesir yang ingin mencoba salah satu hidangan Ramadhan yang khas, hidangan yang satu ini tentu sangat menarik untuk kamu coba.

6. Umm Ali

umm ali
food.detik.com

Rekomendasi hidangan khas Ramadhan di Mesir berikutnya yang wajib kamu coba adalah umm ali. Sebutan hidangan ini memiliki arti “ibu ali”. Meskipun termasuk hidangan tradisional, tetapi umm ali masih banyak diburu hingga saat ini. Hidangan ini dibuat dari roti yang dicampur dengan beberapa bahan seperti serpihan kelapa, kismis, gula, dan juga susu.

Setelah semua adonan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan adonan ke mangkuk dan diberi tambahan parutan kayu manis di atasnya. Jangan yang satu ini kemudian diolah dengan cara dipanggang hingga berwarna coklat keemasan. Saat datang ke Mesir, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba lezatnya hidangan yang satu ini.

7. Sahlab

sahlab
196flavors.com

Pernah mendengar sebutan hidangan sahlab? Sahlab dikenal sebagai salah satu hidangan khas Ramadhan di Mesir yang menawarkan cita rasa unik dan lezat. Minuman yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang khas yakni creamy. Hal itu dikarenakan proses pembuatan sahlab yang menggunakan bahan tepung putih dari umbi kering anggrek liar.

Cara membuatnya adalah dengan cara mencampurkan tepung dengan susu cair beserta gula dan santan kelapa. Bahan bahan tersebut kemudian diolah dengan dimasak hingga memiliki tekstur yang kental. Selain cocok dinikmati saat sahur, sahlab juga menjadi pilihan tepat untuk dinikmati saat berbuka puasa.

8. Qatayef

qatayef
cookpad.com

Salah satu dari banyaknya rekomendasi hidangan khas Ramadhan di Mesir yang menarik untuk dicoba adalah qatayef. Di Indonesia, jangan ini juga cukup mudah dijumpai dengan sebutan serabi Mesir. Serabi yang satu ini disajikan tanpa tambahan air gula. Di Mesir, qatayef kerap dinikmati sebagai hidangan penutup setelah berbuka puasa.

Hidangan tradisional khas Mesir yang masih banyak diburu hingga saat ini juga memiliki proses pembuatan yang cukup mudah. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat qatayef diantaranya tepung terigu, tepung beras, telur, baking soda, dan mentega. Adonan yang telah selesai dibuat kemudian dimasak pada hot plate. Hidangan ini biasa dinikmati bersama dengan beberapa tambahan isian seperti kacang, keju, dan lain-lain. Menarik sekali bukan?

9. Ful Medames

ful medames
foodnetwork.com

Full Medames yang merupakan salah satu hidangan khas Ramadhan di Mesir tentu sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu hidangan tertua yang ada di Mesir yakni sejak dinasti ke-12. Saat ini, full medames menjadi hidangan pokok untuk dinikmati sehari-hari di Mesir. Saat bulan Ramadhan tiba, hidangan ini juga menjadi yang paling banyak dicari.

Hidangan yang dibuat dengan bahan utama kacang fava Ini menghasilkan cita rasa yang unik dan menggugah selera. Ful Medames kemudian ditambahkan dengan peterseli, cabai, air lemon, dan bawang bombay untuk menghasilkan cita rasa yang semakin lezat. Selain itu, adanya tambahan beberapa toping lainnya juga menjadikan hidangan ini sayang untuk tidak dicoba.

10. Roz Bel Laban

roz bel laban
mswhiskscoolinarycorner.com

Rekomendasi hidangan khas Ramadhan di Mesir berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah roz bel laban. Roz bel laban dikenal sebagai hidangan puding khas orang Mesir. Hidangan yang satu ini banyak diburu khususnya saat bulan Ramadhan tiba sebagai menu untuk berbuka puasa. Roz bel laban sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. Menggugah selera bukan?



Leave a Reply