Patung Buddha Empat Wajah: Berlapis Emas Murni dan Tertinggi di Indonesia

four faces buddha surabaya

gizeline | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Religious Place
26 Jul 2019


Patung Buddha Empat Wajah: Berlapis Emas Murni dan Tertinggi di Indonesia
Temukan sisi Thailand di Surabaya!

How to Get There

Masih di sekitaran wisata Kenjeran Park, setelah berkunjung ke Klenteng Sanggar Agung, di depannya juga ada tempat berdoa yang juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata yaitu Patung Buddha Empat Wajah. Biasanya sih wisatawan yang datang langsung sepaket, setelah berkunjung ke Klenteng lanjut ke Patung Buddha 4 wajah ini.

Four Faces Buddha ini lokasinya ada di Jalan Pantai Ria Kenjeran no 8, Surabaya. Untuk menuju kesini, banyak sekali transportasi yang bisa digunakan. Kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Tiket masuknya pun kalian cukup bayar Rp 15.000 di depan pintu Kenjeran Park dan bayar parkir lagi sekitar Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Dengan bayar Rp 15.000 aja kalian udah bisa menikmati banyak wisata di kawasan Kenjeran Park ini lho guys.

What to Do

Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, aku langsung berasa seperti ada di Thailand lho guys. Kalian jadi ngga usah jauh-jauh ke Thailand kalo mau foto dengan background begini, di Surabaya aja ada. Hahaha.. 

Four faces buddha surabaya

Anyway, patung ini menempati bangunan semacam stupa dimana Sang Buddha duduk di takhtanya. Patung ini punya 4 wajah dan 8 tangan dimana masing-masing merupakan sebuah lambang dari sifat Sang Buddha itu sendiri. 

four faces buddha surabaya

Karena ada 4 wajah, wajah yang paling depan adalah wajah yang menghadap lurus ke depan dengan tangan memegang tasbih. Sementara tangan-tangan lainnya ada yang memegang tongkat kebesaran, cakram, cupu yang berisi air suci, kitab suci, kerang dan teratai. Ada pula di salah satu tangannya yang memegang dada. 

four faces buddha surabaya

Empat wajah patung Buddha ini mewakili empat sifat baik dari Sang Buddha, yaitu pengasih, murah hati, adil dan meditasi. Patung ini punya kemiripan dengan patung Buddha di Bangkok yang terdiri dari wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan dan wajah perlindungan terhadap kejahatan. Tuh kan, ngga perlu jauh-jauh ke Thailand!

four faces buddha surabaya

Bangunan ini dikelilingi oleh 4 pilar, yaitu pilar hijau atau emas, yang terdiri dari 3 bagian, yaitu stupa, patung Buddha dan singgasananya. Di bagian atas stupa dilengkapi dengan penangkal petir. Di depan patung ini udah disediakan tenda kecil yang biasa digunakan pengunjung untuk berdoa.

four faces buddha surabaya

Pembangunan patung ini dimulai sejak tahun 2003 diatas lahan seluas 1,5 hektar dengan bangunan utama dari patung ini berukuran 9 x 9 meter dan termasuk kubah yang mencapai 36 meter. Istimewanya nih guys, patung ini menggunakan emas murni yang diimpor dari Thailand untuk lapisannya dan pernah dinobatkan sebagai patung tertinggi di Indonesia. 

four faces buddha surabaya

Selain melihat dan berfoto di patung Buddha 4 wajah, disini kalian juga bisa melihat empat patung gajah putih, tiga bunga teratai yang menghiasi kolam renang dan ruang meditasi. Sayangnya kemaren ngga kefoto guys. Huhuhu..

four faces buddha surabaya

Ohya, patung Buddha dan takhtanya masing-masing punya tinggi 9 meter. Angka tersebut merupakan sebuah angka tunggal yang tertinggi sekaligus sebuah lambang kesempurnaan.

four faces buddha surabaya

Nah, keren banget kan wisata yang satu ini? Jangan lupa ya guys kalo kalian mau main ke Surabaya, mampir ke Patung Buddha 4 wajah ini ya. Kalian bisa kok melihatnya dari dekat dan sangat diperbolehkan untuk berfoto. Anggap aja lagi ada di Thailand gitu guys.. ahahaha

Puas foto-foto disini, kalian bisa menikmati bakso lezat dengan harga bersahabat di dekat sini yaitu Bakso Bonek & Mie Ayam. Selamat jalan-jalan..

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Jaga perilaku dan hormati umat Buddha yang beribadah disini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.