10 Pantai Angker di Jawa Timur, Bikin Bulu Kuduk Berdiri


prita  January 7, 2021  0 Comment

Jawa Timur memang memiliki sejumlah destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Destinasi wisata tersebut sangatlah populer, mulai dari wisata air terjun, danau, gua, gunung hingga pantai. Hampir semua destinasi wisata tersebut memiliki cerita mistis yang dipercaya banyak orang, khususnya pantai. Beberapa pantai di Jawa Timur memang terkenal memiliki kisah misterius sehingga membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata horor. Misalnya seperti Pantai angker di Jawa Timur dengan banyak cerita horor

1. Pantai Kenjeran, Surabaya

Pantai Kenjeran
jejakpiknik.com

Pantai angker di Jawa Timur yang pertama adalah Pantai Kenjeran. Pantai yang menjadi destinasi wisata di Kota Surabaya ini ternyata memiliki kisah seram yang beredar diantara masyarakatnya.

Pantai Kenjeran memang dikenal memiliki pemandangan yang mengagumkan, ditambah dengan adanya pemandangan Jembatan Suramadu yang terlihat dari kejauhan membuat pantai ini semakin terlihat indah. Namun, ada kisah menyeramkan yang ada dibalik keindahan pantai ini.

Konon, Pantai Kenjeran merupakan kerajaan ular yang tidak terlihat. Disekitarnya juga terdapat kampong ghaib yang terkadang warga tak kasat matanya sering menampakkan diri pada pengunjung.

Review Wisata

Menyusuri Pantai Goa Cina Malang, Sepi Banget!

Pantai Gopit : Surga Tersembunyi Di Malang Selatan

2. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu
anekatempatwisata.com

Pantai angker di Jawa Timur selanjutnya adalah Pulau Sempu. Pulau ini terkenal memiliki pemandangan yang indah dan sebuah kolam alami ditengahnya yang bernama Segara Anakan.

Namun dibalik keindahannya, ternyata Pulau Sempu ini menyimpan kisah mistis yang sampai sekarang masih belum bisa dipecahkan. Kabarnya, hutan di pulau ini sering kali menyesatkan wisatawan yang berniat jahat. Mereka akan dibuat tersesat masuk ke hutan dan hanya berkeliling tanpa arah. Pernah juga ada sepasang suami istri yang hilang selama 3 hari di hutan ini, untungnya mereka ditemukan dalam keadaan selamat dengan cara bertahan hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan.

3. Pantai Ngliyep, Malang

Pantai Ngliyep
wisatabagus.com

Pantai angker di Jawa Timur selanjutnya juga masih berada di Malang Selatan. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Ngliyep. Pantai ini memang sangat populer dan kerap dijadikan sebagai destinasi berlibur warga Jawa Timur, khususnya warga Malang dan sekitarnya.

Pantai Ngliyep memiliki pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir putih yang membentang luas. Pantai ini memiliki sebuah pulau kecil di tengah lautnya yang bernama Gunung Kombang. Konon, Gunung Kombang ini kerap dikunjungi oleh Nyi Roro Kidul karena pulau kecil ini menjadi tempat favoritnya. Bahkan sebelum menjadi ratu, ia pernah menghabiskan waktu dengan bertapa disini. Tak heran jika di pantai ini sering diselenggarakan ritual labuhan untuk menyerahkan sesaji kepada ratu pantai selatan.

4. Pantai Jembatan Panjang, Malang

Pantai Jembatan Panjang
malangstrudel.com

Pantai Jembatan Panjang juga seringkali disebut sebagai salah satu pantai angker di Jawa Timur. Pantai yang berada di kawasan Malang Selatan ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Tak kalah dengan pantai lainnya di Malang Selatan, Pantai Jembatan Panjang ini juga memiliki pasir putih yang bersih dengan laut berwarna biru yang jernih.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki sebuah jembatan panjang yang proses konstruksinya tak kunjung selesai. Konon, jembatan tersebut memiliki kisah mistis yang beredar dikalangan warag sekitar. Jembatan ini telah melalui proses perbaikan selama bertahun-tahun, namun proses pengerjaannya selalu gagal akibat tidak disetujui oleh makhluk halus penghuni pulau kecil di seberangnya. Kabarnya, setelah ada salah satu penduduk yang melakukan pertapaan, barulah proses pengerjaan jembatan ini bisa selesai.

5. Pantai Goa Cina, Malang

Pantai Goa Cina
pantainesia.com

Pantai Goa Cina juga menjadi salah satu pantai angker di Jawa Timur yang memiliki pemandangan menawan. Pantai ini memang memiliki pemandangan unik dengan adanya goa di tepi pantainya dan gugusan karang yang sangat indah.

Meskipun pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit, namun tidak sedikit kejadian mistis terjadi disini. Beberapa pengunjung pernah mengatakan jika mereka melihat sosok penampakan di dalam goa yang sangat jelas meskipun terlihat dari kejauhan. Tak hanya itu, pengunjung yang datang pada malam hari juga pernah mendengarkan suara misterius berupa lolongan di tengah malam.

6. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma
dakatour.com

Kalian warga Jawa Timur pasti juga tidak asing lagi dengan pantai yang satu ini. Pantai Pasir Putih Malikan atau yang sering disebut Papuma ini memang menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Jember. Namun siapa sangka ternyata pantai ini juga masuk dalam daftar salah satu pantai angker di Jawa Timur.

Pantai Papuma ini memang dikenal memiliki ombak yang ganas karena lokasinya memang berada di pantai selatan Pulau Jawa. Ombak besar ini pun seringkali menyeret korban hingga menghilang. Konon, mereka dibawa masuk dalam kerajaan ghaib penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

7. Pantai Watu Ulo, Jember

Pantai Watu Ulo
gotravelly.com

Masih di Jember, pantai angker di Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Watu Ulo. Pantai ini disebut tak kalah mistis dibandingkan dengan Pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta.

Konton Pantai Watu Ulo ini dikenal sebagai gerbang masuk menuju kerajaan Nyi Roro Kidul. Tak hanya itu, pantai ini memang memiliki pemandangan unik dengan bebatuan panjang yang mirip ular raksasa. Menurut kisah yang beredar, bebatuan yang menyerupai ular tersebut kerap bergoyang-goyang layaknya seekor ular. Bahkan ada juga yang menyebutkan jika disekitar bebatuan tersebut terdapat pintu gerbang. Pintu gerbang inilah yang akan menuju ke kerajaan Nyi Roro Kidul.

8. Pantai Boom, Banyuwangi

Pantai Boom
wisata hororpantainesia.com

Jika berbeicara soal pantai angker di Jawa Timur, rasanya belum pas jika tidak membahas pantai yang berada di Banyuwangi ini. Pantai Boom ini memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata horor meskipun sebenarnya pantai ini memiliki pemandangan yang sangat cantik.

Di pantai ini pernah terjadi tragedi yang mengerikan yang dikenal dengan Tragedi INKAI. Tragedi yang memakan banyak korban ini disebabkan oleh air laut yang tiba-tiba memunculkan gelombang tinggi hingga menyeret para karateka yang sedang berlatih di tepi pantai. Konon, ombak tersebut berasal dari serangan ribuan jin yang datang dari laut.

9. Pantai Watu Dodol, Banyuwangi

Pantai Watu Dodol
indonesiatraveler.id

Masih di Banyuwangi, pantai angker di Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Watu Dodol. Pantai ini terkenal dengan sebuah tugu yang cukup besar yang disebut Patung Gandrung. Patung yang menjadi ikon kota Banyuwangi tersebut dipercaya sering bergerak dan menari-nari di malam hari.

Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat sebuah batu besar di tengah jalan. Sejak dulu batu ini telah berusaha untuk dipindahkan, namun selelu gagal. Banyak yang percaya jika batu ini merupakan paku bumi Pulau Jawa yang mana bila dihancurkan Pulau Jawa akan tenggelam.

10. Gili Ketapang, Probolinggo

Gili Ketapang
wisatabagus.com

Pantai angker di Jawa Timur yang terakhir adalah pantai di pulau Gili Ketapang Probolinggo. Keindahan pantai ini pasti sudah sangat populer dikalangan warga Jawa Timur sehingga sering dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata.

Dibalik keindahan pantai di Gili Genting ini ternyata menyimpan sebuah kisah mistis, lho. Pulau ini memiliki sebuah goa yang dikenal dengan nama Goa Kucing. Konon, goa tersebut merupakan petilasan penyebar agama Islam yang bernama Syech Maulana Ishaq. Menurut cerita, beliau saat itu sedang melakukan perjalanan dari Gresik ke Banyuwangi, namun saat di Gili Ketapang, beliau memelihara banyak kucing yang kemudian ditinggalkan.

Banyak cerita yang beredar jika kucing-kucing peliharaan Syech Maulana Ishaq tersebut selalu muncul setiap malam Jumat Legi. Namun kucing yang muncul bukanlah kucing biasa, namun kucing dengan ukuran badan yang sangat besar dan tinggi seperti raksasa.



Leave a Reply