Kaya Akan Sejarah, Yuk Jelajahi 10 Tempat Wisata di Alexandria, Mesir


prita  November 21, 2021  0 Comment

Alexandria merupakan kota terbesar kedua di Mesir setelah Kairo dan menjadi pusat ekonomi utama di Negara tersebut. Alexandria juga dikenal sebagai kota pelabuhan karena menampung sekitar 80 persen dari ekspor dan impor Mesir. Tak hanya itu, Alexandria ternyata juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Kota ini memang sangat kaya akan sejarah dan menjadi pusat penting dari Peradaban Helenistik. Nah, jika berencana untuk berlibur kesana, berikut ini adalah Tempat wisata di Alexandria, Mesir

1. Montaza Palace

Montaza Palace
islamicarchitecturalheritage.com

Tempat wisata di Alexandria, Mesir yang pertama adalah Montaza Palace. Montaza Palace ini merupakan Istana, Museum dan Taman yang dulunya menjadi tempat peristirahatan keluarga Raja Farouk di Alexandria.

Sebenarnya komplek Montaza Palace ini merupakan perluasan dari kompleks Samalek Palace yang dibangun tahun 1892 oleh Sultan Abbas II. Sekarang, Istana Samalek ini menjadi tempat kediaman resmi Presiden Mesir. Selain bisa menikmati indahnya istana, komplek Montaza Palace ini juga memiliki taman seluas 61 hektar yang menjadi taman umum dan cagar alam.

paket wisata termurah

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

2. Citadel of Qaitbay

Citadel of Qaitbay
cleopatraegypttours.com

Citadel Qaitbay menjadi salah satu tempat wisata di Alexandria, Mesir yang sayang sekali untuk dilewatkan. Citadel of Qaitbay merupakan sebuah benteng pertahanan yang terkenal akan kekuatan militernya karena terbukti kuat menahan pasukan Mongol di abad ke-13.

Benteng ini berwarna krem keputihan dan masih berdiri kokoh sampai saat ini di tepian Laut Mediterania. Tak heran jika pengunjung yang datang kesini bisa sekaligus menikmati hembusan angina laut yang menyegarkan.

Citadel od Qaitbay ini memiliki tiga bagian utama, yaitu dinding yang mengelilingi kompleksnya, dinding bagian dalam dan bangunan utamanya. Lokasi benteng ini sangat mudah dicapai dengan berbagai macam transportasi dan sering menjadi tujuan wisata utama di Alexandria.

3. Alexandria National Museum

Alexandria National Museum
en.wikipedia.org

Alexandria National Museum sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata sejarah dan mengetahu soal kota Alexandria lebih jauh. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Alexandria, Mesir yang cukup populer karena menjadi tempat yang sepurna untuk mengenal sejarah Alexandria dan Mesir.

Dalam museum ini kamu akan menemukan artefak-artefak kuno dari Mesir kuno, Koptik dan Dunia Muslim yang mana menunjukkan perkembangan nuansa politik dan budaya Mesir. Menariknya lagi, baru-baru ini Museum Nasional Alexandria ini menampilkan patung yang diyakini merupakan Alexander Agung.

4. Bibliotheca Alexandrina

Bibliotheca Alexandrina
akdn.org

Tempat wisata di Alexandria selanjutnya adalah Bibliotheca Alexandrina atau Perpustakaan Alexandria. Perpustakaan ini menjadi salah satu perpustakaan terbesar dan terpenting pada zaman mesir kuno.

Perpustakaan ini dibangun atas inisiatif Demetrius dari Phalerum, seorang negarawan Athena yang tinggal di Alexandria pada sekitar abad ke-3 Sebelum Masehi. Bangunan perpustakaan ini memiliki lima lantai dan bisa menampung sekitar 8 juta buku. Perpustakaan ini juga menyimpan papyrus yang diperkirakan jumlahnya mencapai 40.000 hingga 700.000 gulungan. Selain bisa menemukan buku-buku, perpustakaan ini juga telah dilengkapi dengan bergam fasilitas pendukung seperti computer dan ruang baca berkapasitas 1.700 orang.

5. Kom el-Dikka

Kom el-Dikka
pcma.uw.edu.pl

Kom el-Dikka merupakan reruntuhan kompleks teater dan perumahan Bangsa Romawi yang mana lokasinya berada di sebelah kuil Ptolemic yang cukup terkenal. Kom-el-Dikka ini menampilkan persimpangan waktu dalam sejarah Mesir dan menjadi satu-satunya amfiteater Romawi yang masih dalam kondisi terawat.

Meskipun hanya berupa reruntuhan, namun kamu masih bisa menemukan bangunannya yang bergaya Yunani tradisional dengan panggung yang berada di tingkat paling bawah dan kursi penonton berbaris keatas. Jika dilihat dari dekat, kamu bisa menemukan angka Romawi yang dipahat pada setiap baris kursi. Kom el-Dikka menjadi salah satu tempat wisata di Alexandria, Mesir yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja karena kawasan ini juga berlokasi di dekat pelabuhan sehingga pemandangannya tak kalah menawan.

6. Lighthouse of Alexandria

Lighthouse of Alexandria
memphistours.com

Tempat wisata di Alexandria, Mesir yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Lighthouse of Alexandria atau Mercusuar Alexandria. Mercusuar ini berlokasi di Pulau Pharos dan telah dibangun sejak abad ke 3 Sebelum Masehi.

Menara mercusuar ini memiliki tinggi mencapai 115 meter dan menjadi salah satu dari 7 keajaiban kuno serta menjadi objek wisata yang populer di Alexandria pada abad pertengahan. Bangunan dari mercusuar ini dirancang oleh Sostratus dan Snidus atas petunjuk Ptolomeus I yang kemudian diteruskan oleh putranya, yaitu Ptolomeus II. Setelah pernah hancur akibat gempa bumi, mercusuar ini kemudian direncanakan untuk merubah reruntuhannya menjadi museum bawah laut.

7. Catacombs of Kom el Shoqafa

Catacombs of Kom el Shoqafa
egypttourz.com

Jika kamu tertarik untuk melihat mumi, maka Catacombs of Kom el Shoqafa ini bisa menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Catacombs of Kom el Showafa menjadi salah satu tempat wisata di Alexandria, Mesir yang juga masuk dalam Tujuh Keajaiban Abad Pertengahan.

Katakombe merupakan perpaduan unik Antara pengaruh Romawi, Yunani dan Firaun yang menampilkan kekayaan warisan Alexandria. Banyak makam yang bisa kamu temukan disini yang merupakan perpaduan dari budaya Romawi, Mesir dan Yunani. Misalnya seperti beberapa patung bergaya Mesir namun mengenakan pakaian dan gaya rambut ala Romawi. Katakombe ini juga menjadi tempat penampungan Aula Caracalla yang berisikan tulang pria muda Kristen yang dibantai atas perintah Kaisar Caracalla.

8. El-Mursi Abul Abbas Mosque

El-Mursi Abul Abbas Mosque
elhasanatour.com

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata religi di Alexandria, maka destinasi wisata yang satu ini wajib masuk dalam itinerary kamu. Masjid El-Mursi Abul Abbas Mosque ini merupakan sebuah rumah ibadah yang cukup terkenal dan dibangun pada abad ke-17.

Masjid ini didedikasikan untuk Sufi Saint El-Mursi Abul Abbas karena di area masjid ini juga bisa kamu temukan makammnya. Masjid ini kemudian didesain dan dibangun ulang oleh Eugenio Valzania dan Mario Rossi. Masjid ini tentu menjadi salah satu masjid terindah di Mesir dan menjadi salah satu tempat wisata di Alexandria, Mesir yang cukup sering dikunjungi karena banyak wisatawan yang kagum dengan arsitektur tradisionalnya yang indah.

9. Royal Jewelry Museum

Royal Jewelry Museum
luxxata.com

Royal Jewelry Museum menjadi tempat wisata di Alexandria, Mesir selanjutnya yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan tempat menyimpan perhiasan milik bangsawan Mesir.

Museum ini dulunya merupakan istana keluarga kerajaan Mesir dan museum ini menjadi destinasi wisata tersembunyi yang lokasinya berada di pusat kota Alexandria. Bangunan museum ini terlihat sangat megah dimana pengunjung bisa mengetahui informasi seputar keluarga kerajaan dan sejarahnya. Royal Jewelry Museum ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai sejarah dan seni.

10. Stanley Bridge

Tempat wisata di Alexandria Mesir
wallpaperflare.com

Tempat wisata di Alexandria, Mesir yang terakhir adalah Stanley Bridge. Jembatan ini memiliki desain yang sangat indah dan menawarkan pemandangan Mediterania yang menawan.

Jembatan sepanjang 400 meter ini sangat indah dijadikan sebagai spot foto, apalagi jika kamu berkunjung pada malam hari karena bisa menikmati suasana yang romantis. Di sekitar jembatan ini terdapat banyak hotel dan restoran yang mana biasanya pengunjung dari hotel atau restoran tersebut datang ke jembatan ini untuk menikmati angina laut atau berjalan-jalan setelah menikmati hidangan di salah satu restoran tersebut.



Leave a Reply