10 Minuman Khas Mesir Tawarkan Kesegaran Luar Biasa


Fida  July 9, 2020  0 Comment

Selain menawarkan banyak wisata sejarah kuno yang indah, Mesir juga menawarkan berbagai kuliner hingga minuman khas yang sayang untuk tidak dicoba. Biasanya, minuman dingin dan segar menjadi pilihan yang paling pas dinikmati di suasana Mesir yang terkenal panas.

Ada banyak minuman khas Mesir yang bisa Anda coba saat berkunjung ke sana, dari yang pembuatannya paling mudah hingga yang membutuhkan waktu lama. Tidak hanya segar, beberapa minuman khas Mesir juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh. Berikut minuman khas Mesir yang dikenal menawarkan kesegaran dan kelezatan luar biasa

1. Qasab

Qasab
twitter.com

Minuman khas Mesir yang pertama adalah Qasab. Qasab dalam Bahasa Indonesia memiliki arti tebu. Bisa dikatakan bahwa qasab sama dengan es tebu dari Indonesia, mengingat cara pembuatannya yang sama persis. Minuman khas yang satu ini sangat mudah dijumpai di Mesir, hal itu dikarenakan Mesir menjadi salah satu negara penghasil tebu terbesar di dunia.

Air perasan tebu yang disajikan dengan tambahan es batu menjadikan minuman ini sangat segar dan manis untuk dinikmati. Saat siang hari, memilih meminum qasab adalah pilihan yang sangat tepat.

Gotravelly

Roti Bakar 543 Surabaya

Warkop Opa Tidar Surabaya

2. Jallab

Jallab
en.wikipedia.org

Jallab merupakan salah satu minuman khas Mesir yang sayang untuk tidak dicoba. Selain segar, jallab juga dikenal kaya akan manfaat. Minuman yang satu ini berbahan dasar kurma, atau banyak orang yang menyebut sirup kurma.

Tidak hanya berbahan dasar kurma, jallab juga memiliki campuran bahan lain seperti molase anggur dan air mawar. Tambahan es batu juga menjadikan minuman yang satu ini semakin segar. Selain mudah dijumpai di Mesir, jallab juga kerap ditemui di negara lain seperti Palestina, Suriah, dan lain-lain. Tertarik untuk membuat jallab atau sirup kurma ini di rumah?

3. Sahlab

Sahlab
nutrizonia.com

Minuman khas Mesir yang kaya akan rempah salah satunya adalah sahlab. Sahlab merupakan minuman susu panas yang dicampur dengan rempah-rempah. Berbagai tambahan yang diperlukan untuk membuat minuman ini adalah bunga anggrek, bunga mawar, kelapa kering, kayu manis, dan kacang pistachio.

Karena dibuat dari banyak campuran rempah, tidak heran jika minuman yang satu ini banyak dicari karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berbeda dengan kebanyakan minuman khas Mesir yang dikonsumsi dalam keadaan dingin, sahlab lebih sering dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat. Saat berada di Mesir, minuman tradisional khas Mesir ini  sayang untuk tidak dicoba.

4. Qamar El Din

qamar el din
republika.co.id

Saat berbicara tentang minuman khas Mesir, tentu Qamar El Din menjadi salah satu minuman yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Minuman ini memilikin sebutan lain yang sangat unik yakni Qomarudin. Kalau dilihat sekilas, sebutan minuman yang satu ini hampir mirip dengan nama orang.

Minuman ini paling banyak diburu saat bulan Ramadhan. Minuman yang berbahan dasar buah paprikot ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain buah paprikot, ada beberapa campuran bahan lain seperti air teh mawar dan gula. Warnanya yang menyerupai jus mangga memang sangat menggiurkan untuk dicoba. Warna kuning yang ada pada minuman Qamar El Din berasal dari buah paprikot.

5. Sobia

sobia
see.news

Selain Qamar El Din, Sobia juga menjadi minuman khas Mesir yang paling banyak diburu. Minuman yang satu ini memiliki bahan dasar beras. Di Mesir, sobia dihidangkan untuk semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Cara pembuatan sobia terbilang sangat mudah, yakni dari bubuk beras yang direndam semalam kemudian ditambah dengan bubuk kelapa. Untuk menemukan sobia di Mesir tidaklah susah. Biasanya minuman ini dijual menggunakan wadah kantong plastik.

6. Tamar Hindi

tamar hindi
alowisata.com

Saat menginginkan minuman khas Mesir yang dingin dan segar, Tamar Hindi adalah salah satu yang wajib Anda coba. Minuman yang satu ini dibuat dengan bahan dasar asam jawa dan gula. Kedua bahan tersebut menghasilkan minuman tamar hindi memiliki cita rasa asam dan manis.

Proses pembuatan tamar hindi yang memakan waktu hampir satu malam juga menghasilkan cita rasa yang pas. Minuman yang satu ini hampir mirip dengan asam jawa di Indonesia. Bedanya, tamar hindi disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan es batu. Minuman segar dan kaya manfaat ini cocok diminum dan disajikan kapan saja.

7. Erk Soos

Erk Soos
food-heritage.org

Minuman dingin erk soos merupakan salah satu minuman khas Mesir yang paling banyak dicari. Minuman yang satu ini memiliki sejarah yang panjang, bahkan dipercaya sudah ada sejak jaman Babilonia. Erk soos sering diminum oleh warga kerajaan hingga masyarakat Babilonia. Sejak dulu, minuman ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah stamina.

Erk soos bisa dikatakan sebagai minuman legendaris mengingat minuman ini sudah dangat digemari sejak dulu. Kini minuman khas Mesir yang satu ini hanya disukai oleh kalangan tua mesir. Para penjual minuman erk soos juga sangat unik dalam menawarkan dagangannya. Saat berjualan, pedagang erk soos menggunakan pakaian tradisional dan membawa gentong transparan.

8. Helba

helba
inside-egypt.com

Helba merupakan minuman khas Mesir yang dibuat dengan sangat sederhana. Helba dibuat dari biji-bijian yang direbus kemudian diambil air rebusannya sebagai minuman. Meskipun cara pembuatannya cukup mudah, helba dikenal memiliki banyak manfaat salah satunya dapat meningkatkan produksi ASI hingga 900 persen.

Tidak hanya meningkatkan produksi ASI saja, helba juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes. Saat berlibur ke Mesir, minuman kaya manfaat ini bisa Anda coba.

9. Doum

Doum
cookpad.com

Salah satu minuman khas Mesir yang dikenal kaya manfaat salah satunya adalah doum. Jika dilihat sekilas, doum memiliki tampilan yang mirip dengan susu coklat, namun sebenarnya minuman yang satu ini terbuat dari buah dzuriat.

Buah dzuriat sendiri dikenal dengan buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak heran jika banyak yang megidolakan doum. Minuman yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba.  

10. Kharoub

kharoub
nutrizonia.com

Satu lagi minuman khas Mesir yang sayang untuk dilewatkan yakni Kharoub. Warnanya yang menggugah selera menjadikan minuman segar ini wajib dicoba. Kharaoub berasal dari carob dan sering dikonsumsi saat bulan Ramadhan. Jika Anda penasaran dengan carob, carob merupakan tanaman yang disebut mirip dengan tanaman coklat dan cocoa.  

Cara pembuatan minuman yang satu ini terbilang cukup mudah yakni dengan merebus carob dengan air gula selama 1 jam. Sebelum dikonsumsi, hasil rebusan terlebih dahulu disaring. Dan untuk mendapatkan sensasi segar, Kharoub biasa disajikan dengan tambahan es batu. Minuman segar dan kaya manfaat ini sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak sekali minuman khas Mesir baik minuman tradisional maupun modern. Menikmati wisata sejarah di Mesir sekaligus mencoba beberapa minuman khas menjadi hal seru yang bisa Anda lakukan. Saat mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Mesir, minuman mana yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply