10 Destinasi Sailing Terbaik di Indonesia, Keren Abis!


Reni  October 11, 2022  0 Comment

Sailing adalah kegiatan wisata mengelilingi pulau atau suatu lokasi wisata  yang dilakukan dengan menggunakan kapal. Selain melihat pemandangan indah lautan, Anda juga dapat melakukan berbagai macam kegiatan menarik seperti menyelam atau snorkeling. Apabila Anda berpikir kalau wisata ini hanya bisa dinikmati di luar negeri maka Anda keliru, Anda pun bisa menikmatinya di dalam negeri. Berikut 10 destinasi sailing terbaik Indonesia yang bisa Anda coba kunjungi

1. Pulau Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan
enangrekreasi.com

Bali tentunya sudah tidak asing bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan wisata. Pulau yang disebut pulau Dewata ini memang selalu menawarkan hal menarik kepada pengunjungnya.  Anda bisa melakukan banyak hal ketika berkunjung ke Bali mulai dari menikmati objek wisata seperti pantai dan kebun binatang serta berbelanja sampai berwisata kuliner. Namun jika Anda tertarik untuk mencoba hal baru, maka wisata sailing bisa dijadikan salah satu kegiatan pilihan dalam liburan Anda.

Salah satu tujuan yang terkenal untuk wisata sailing di Bali adalah pulau Nusa Lembongan. Anda bisa sampai ke pulau yang terletak di Kabupaten Klungkung Bali ini dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah  mengikuti wisata sailing dengan memakai kapal Catamaran.

Terdapat beberapa paket yang ditawarkan dalam perjalanan ini misalnya sunset dinner, cast away menyaksikan lumba-lumba, beach club, reef cruise dan beberapa paket perjalanan lainnya. Anda bisa memilih yang cocok dengan situasi Anda seperti misalnya apakah Anda sedang bepergian bersama keluarga besar atau tidak.

Gotravelly

MENJELAJAHI HUTAN MANGROVE WAJIB DI NUSA LEMBONGAN

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo
travel.detik.com

Destinasi wisata sailing terbaik Indonesia yang berikutnya adalah Pulau Komodo. Terdapat dua jenis perjalanan yang dapat Anda pilih untuk wisata sailing di Pulau Komodo yaitu Private Trip dan juga Open Trip.

Private Trip, sesuai namanya merupakan perjalanan yang lebih fleksibel dan bersifat pribadi. Anda bahkan bisa menentukan sendiri kapan waktu keberangkatan yang diinginkan. Sementara untuk open trip, mengharuskan Anda untuk berbaur dengan penumpang lain yang memiliki tujuan sama dengan Anda. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan Anda bisa memilih yang cocok dengan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda bepergian dalam satu kelompok besar seperti keluarga  maupun perjalanan dengan kantor yang membutuhkan ruang pribadi, maka Private Trip merupakan pilihan yang cocok untuk Anda. Sementara jika Anda bepergian sendiri tentu Open Trip akan lebih baik untuk dipilih.

3. Raja Ampat

Raja Ampat
zubludiving.com

Mungkin ada banyak orang yang belum mengetahuinya, tetapi bisa dibilang kalau Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata sailing terbaik Indonesia yang perlu dicoba oleh Anda yang punya hobi traveling.

Terdapat beberapa jenis kapal yang dapat Anda pilih untuk wisata sailing di Raja Ampat seperti yacht, boat sampai dengan kapal Pinisi bisa mengantarkan Anda untuk berkeliling di tempat ini.

Pulau yang bisa Anda lihat ketika mengikuti wisata sailing Raja Ampat adalah Waigeo,Salawati, Misool dan Batanta. Umumnya setiap pulau memiliki nuansa misterius yang hadir dari gua-gua yang ada disana juga laut yang terdapat hiu sampai manta.

Anda juga bisa melakukan snorkeling dan merasakan sendiri sensasi snorkeling di air yang sangat jernih.

4. Wakatobi dan Alor

Wakatobi dan Alor
republika.co.id

Destinasi selanjutnya untuk wisata sailing adalah Wakatobi dan Alor yang berada di wilayah Sulawesi. Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu taman laut terbesar yang ada di Indonesia, menempati urutan ketiga.

Letaknya yang strategis akan membuat anda dapat melihat berbagai pemandangan indah dari berbagai pulau seperti Kaledupa, Tomia, Wangi-Wangi, Binongko, Tokobao dan berbagai pulau kecil lain yang tidak kalah indahnya.

5. Kepulauan Gili dan Lombok

Kepulauan Gili dan Lombok
tempatwisata.my.id

Kepulauan Gili merupakan kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil yaitu Pulau Gili Meno, Gili Trawangan dan juga Pulau Gili Air. Ketiganya menawarkan pemandangan air jernih dan kekayaan alam yang sangat menakjubkan.

Anda bisa mengikuti wisata sailing menuju kepulauan ini dari Bali dengan memakai boat maupun yacht atau pilihan kapal lain yang lebih nyaman.

Dalam perjalanan wisata Sailing tersebut, Anda bisa mengombinasikannya dengan berbagai macam rute seperti Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan sambil melakukan aktivitas air yang akan membuat liburan Anda memiliki kesan yang tidak mudah untuk dilupakan.

6. Pulau Moyo Sumbawa

Pulau Moyo Sumbawa
travel.okezone.com

Jika Anda berminat untuk berkeliling di daerah Sumbawa, Anda bisa menjadikan Pulau Moyo sebagai destinasi wisata sailing terbaik Indonesia yang letaknya di lepas pantai utara Sumbawa.

Di dalam wisata sailing, Anda bisa melihat terumbu karang. Pulau Moyo juga merupakan tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan seperti babi hutan, kera pemakan kepiting, kawanan rusa besar dan beberapa jenis hewan lainnya.

Anda juga bisa melihat kawah besar yang di dalamnya terdapat danau dua warna Meskipun jarak perjalanannya tergolong singkat, Anda bisa dibuat takjub dengan berbagai pemandangan yang terlihat.

7. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
money.kompas.com

Jembatan Suramadu merupakan jembatan pertama yang yang dibuat melintasi selat Madura. Anda bisa memilih beberapa jenis paket perjalanan untuk mengikuti wisata sailing di jembatan Suramadu.

Beberapa pilihan rute yang Anda lalui ketika memilih jembatan Suramadu sebagai destinasi wisata sailing terbaik Indonesia adalah Dasar Pesiar Harian dan Daily Cruise Premium dengan durasi selama 2 jam. Jika ingin waktu yang lebih lama, maka Anda bisa memilih paket sunset cruise yang memiliki durasi selama 3 jam. Dua pilihan paket lainnya adalah Pesiar Makan malam matahari terbenam dan pesiar sarapan matahari terbit.

8. Maluku-Ambon-Banda

Maluku-Ambon-Banda
kabartimurnews.com

Destinasi wisata sailing terbaik Indonesia yang berikutnya adalah tempat yang terkenal karena kombinasi angin, pantai dan ombaknya yang sangat indah. Anda bisa berkeliling dengan memakai kapal Anda sendiri secara private sehingga dapat menikmati waktu yang indah untuk Anda dan keluarga.

Anda dapat melakukan perjalanan selama 10 hari dimulai dari Ambon ke pulau Buru. Di sana, Anda bisa melihat peninggalan bersejarah berupa benteng yang telah dibangun sejak abad ke-17. Selain peninggalan bersejarah, Anda juga akan bisa melihat sungai, hutan dan kehidupan hewan liar yang ada di dalamnya.

Dalam perjalanan sailing, Anda juga bisa melakukan snorkling dan melihat indahnya kehidupan bawah laut seperti sekumpulan ikan tropis dan juga terumbu karang.

9. Kalimantan

Kalimantan
travel.kompas.com

Wisata sailing tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke pulau yang paling besar di Indonesia, Kalimantan. Anda bisa merasakan suasana mengarungi sungai sambil melihat orang utan yang hidup bebas di alam hutan sambil bersantai di atas kapal pilihan Anda.

Semua itu bisa terjadi di Kalimantan yang juga dikenal sebagai tanah seribu sungai.

10. Sumatera

Sumatera
orami.co.id

Pilihan destinasi wisata sailing terbaik Indonesia yang ke-10 adalah Sumatera. Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi dengan wisata Sailing di Sumatera adalah Teluk Kiluan untuk melihat lumba-lumba, pulau Weh untuk menyelam dan pulau Mentawai bagi Anda pecinta ombak.

Itulah 10 destinasi wisata sailing terbaik Indonesia untuk Anda yang tertarik mencobanya. Mana yang paling ingin Anda coba kunjungi.



Leave a Reply