10 Danau Terindah Di Indonesia Sajikan Pemandangan Spektakuler


Reni  August 14, 2019  0 Comment

Membicarakan tentang keindahan pemandangan alam Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Terlalu banyakan keunikan yang bisa dieksplor dan bahkan bisa dimaksimalkan sebagai aset wisata Indonesia salah satunya adalah Danau Terindah di indonesia. Indonesia memiliki beragam keindahan alam yang tersebar di berbagai hal seperti pantai, gunung, hutan dan juga danau. Mungkin tempat – tempat seperti pantai dan gunung sudah terlalu sering dibahas. Oleh sebab itu, kali ini akan mengeksplorasi mengenai danau mana sajakah yang terkenal indah di Indonesia.

Wisata Danau Terindah di Indonesia

1. Danau Toba – Sumatera Utara

Danau Toba - Sumatera Utara
image credit : @fdnsyah16

Dimulai dari paling ujung yaitu Sumatera Utara ada sebuah danau yang sudah sangat populer yaitu Danau Toba. Sama seperti danau kebanyakan, Danau Toba juga terbentuk secara alami akibat letusan gunung berapi. Letusan ini akhirnya membentuk sebuah kaldera kemudian menjadi danau.

Yang menarik dari Danau Toba ini dimana di tengah danau terdapat sebuah pulau yang diberi nama Pulau Samosir. Di Pulau ini terdapat resort yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan. Ditambah lagi terdapat banyak ragam kebudayaan khas suku Batak yang bisa anda lihat disini.

Sumatera Barat

Untuk yang kedua adalah danau yang ada di provinsi Sumatera Barat. Sumatera Barat ternyata memiliki potensi wisata alam berupa danau yang sayang untuk dilewatkan.

Gotravelly

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

Baca juga :  Wisata Edukasi jelajahi 10 Hutan Mangrove di Sumatera

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

2. Danau Maninjau

danau maninjau sumatera
image credit : @paulina.bart

Danau pertama yang terkenal indah di daerah Sumatera Barat yaitu Danau Maninjau. Danau ini berada diatas ketinggian kurang lebih 460 meter diatas permukaan laut. Akses menuju danau ini memang terbilang menguras tenaga karena anda harus melewati jalur berkelok – kelok khas pegunungan yang cukup panjang dan melelahkan. Namun ketika sampai di Danau Maninjau ini, anda akan dibuat terpukau oleh keindahan alamnya.

Danau Maninjau sendiri berada di Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat. Atau tepatnya berada di sebelah utara kota Padang. Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Sitinjau. Selain keindahan danaunya, keindahan danau ini juga dilengkapi dengan perbukitan hijau. Perpaduan asri inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Danau Maninjau disebut sebagai salah satu danau terindah di Indonesia.

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak
image kredit : @ ariefadhilla

Danau terindah di Indonesia yang ada di Sumatera Barat yang kedua adalah Danau Singkarak. Danau ini berada di Solok, Sumatera Barat. Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan disini. Seperti berenang, memancing atau bisa juga naik sampan untuk mengelilingi danau. Jika anda kebetulan berkunjung ke Sumatera Barat khususnya Solok maka bisa mengunjungi Danau Singkarak ini.

4. Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo
image kredit : @ dolansemeru

Jawa Timur juga memiliki danau terindah di Indonesia yang disebut dengan Danau Ranu Kumbolo. Danau yang satu ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk bisa mencapai danau memang membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra.

Anda harus melalui jalur pendakian yang cukup melelahkan. Disepanjang jalan menuju danau, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah berupa pohon pinus dan cemara. Sesampainya disana, anda akan disuguhi dengan pemandangan danau yang menakjubkan. Menurut pengalaman banyak orang, Danau Ranu Kumbolo merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan sunrise dan juga hamparan bintang di malam hari.

Baca juga :  Nggak Bosen Melihat Karya Budaya di 10 Museum Terbaik di Sumatera

5. Danau labuan Cermin – Kalimantan Timur

Danau labuan Cermin
image credit :@ angkah_kaki

Beralih ke pulau Kalimantan yaitu Kalimantan Timur juga memiliki danau terindah di Indonesia. Danau tersebut disebut dengan Danau Labuan Cermin. Disebut begitu karena air danau sangat jernih. Karena terlalu jernih, anda bahkan bisa melihat dengan jelas apa yang ada di dalam danau tersebut. Apalagi kedalaman danau hanya sekitar 3 meter saja.

Keunikan dari danau yang satu ini adalah dimana airnya terdiri dari 2 jenis yaitu air asin pada permukaan danau serta air tawar di dasar danau. Danau ini juga menjadi tempat terbaik untuk berenang maupun snorkeling.

6. Danau Poso – Sulawesi Tengah

danau poso
image credit @zobaposo

Untuk danau terindah di Indonesia berikutnya terdapat di Sulawesi, tepatnya di Poso, Sulawesi Tengah. Kedalaman danau ini mencapai kurang lebih 195 meter serta bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk melakukan aktivitas seperti memancing ikan. Bahkan rata – rata penduduk disekitar ini memang melakukan berbagai aktivitas seperti menjala dan membudidayakan ikan.

Keindahan dari danau ini terletak pada area sekitar danau yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih. Sehingga sekilas danau akan terlihat seperti pantai berpasir putih. Danau Poso ini juga berdekatan dengan kawasan konservasi bunga Anggrek yang paling besar di Indonesia. Dan siapa sangka juga bahwa danau ini merupakan danau yang indah didunia.

7. Danau Segara Anak – Nusa Tenggara Barat

 Danau Segara Anak
image credit : @danang_kusumawardani

Nusa Tenggara Barat juga memiliki danau terindah di Indonesia yaitu Danau Segara Anak. Danau yang berada di kawah Gunung Rinjani ini memiliki air berwarna biru layaknya air laut. Danau Segara Anak bisa dicapai setelah melewati jalur track yang lumayan melelahkan karena danau ini berada di sekitar 2.000 meter diatas permukaan laut. Biasanya danau ini memang digunakan para pendaki untuk beristirahat ketika melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

Baca juga :  10 Minuman Khas Sumatera Yang Unik dan Menyegarkan

8. Danau Kelimutu – Flores

Danau Kelimutu
image credit : @shantie_syifa

Mendengar nama Danau Kelimutu pasti anda tak asing lagi. Danau yang satu ini memang sudah populer berkat keindahan alamnya. Danau ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Yang unik dari danau ini adalah dimana Danau Kelimutu ternyata terdiri dari 3 macam danau dengan warna air yang berbeda. Bahkan perbedaan warna pada danau ini memiliki kekuatan mistis menurut warga setempat.

Papua

Jika selama ini anda berpikir Papua hanya indah dan terkenal berkata adanya Raja Ampat saja, maka mulai sekarang anda harus segera menghilangkan anggapan tersebut karena ternyata Papua juga memiliki beberapa tempat indah lainnya yaitu berupa danau. Beberapa danau terindah di Indonesia yang ada di Papua antara lain :

9 . Danau Sentani – Papua

Danau Sentani

Danau terindah di Indonesia pertama di Papua yaitu Danau Sentani. berada diatas ketinggian 75 meter diatas permukaan laut. Lokasi danau ini berada kurang lebih 50 meter dari kota Jayapura. Di Kawasan danau ini juga terdapat kurang lebih 22 pulau yang mana masing – masing pulau tersebut didiami oleh masyarakat asli yaitu Suku Sentani.

Jika anda berniat untuk mengunjungi danau ini, maka disarankan datang saat pertengahan tahun saja karena pada saat inilah biasa dilaksanakan Festival Sentani. Sehingga tak hanya keindahan alam dan biota laut saja yang bisa anda saksikan, namun juga berbagai pertunjukan kebudayaan khas.

10. Danau Paniai – Papua

Danau Paniai
image credit : @like_papua

Danau terindah di Indonesia yang ada di Papua yaitu Danau Paniai. Danau ini bahkan sudah sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun internasional. Biasanya aktivitas yang dilakukan disini adalah memancing dan berkeliling danau menggunakan perahu.

Keindahan danau ini memang tidak bisa dibantah lagi. Pemandangan alam yang asri dan sangat terawat, tebing – tebing yang megah serta udara yang sejuk menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang begitu menyukai danau ini. Apalagi di sekitar danau juga sudah banyak penginapan yang disewakan sehingga makin mempermudah kebutuhan wisatawan yang berkunjung.



Leave a Reply