10 Cagar Alam di Indonesia Memiliki Pesona yang Luar Biasa


Fida  September 5, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata. Anda dapat menikmati berbagai wisata yang ditawarkan mulai dari wisata bersejarah, wisata religi, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Saat ingin menikmati keragaman flora dan fauna yang masih sangat alami, anda dapat memutuskan untuk mengunjungi salah satu cagar alam di Indonesia. Berikut daftar 10 rekomendasi cagar alam di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur.

1. Cagar Alam Maninjau

cagar alam maninjau
republika.co.id

Salah satu cagar alam di Indonesia yang cukup populer dan bisa Anda kunjungi adalah cagar alam Maninjau. Cagar alam yang baru ini menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Pengunjung juga dapat melihat populasi orangutan dan juga harimau. Tidak hanya itu, populasi beruang dan juga harimau sumatera masih dapat Anda jumpai di cagar alam yang satu ini.

Anda dapat mengunjungi cagar alam Maninjau di daerah Agam, Sumatera Barat. Cagar alam ini biasa ramai pengunjung terlebih saat bunga rafflesia berhasil tumbuh bunga raflesia dengan diameter mencapai 107 cm ini berhasil menarik perhatian pengunjung. Anda juga dapat menikmati indahnya Danau Maninjau yang tidak kalah populer dengan luas 99,9 km.

Gotravelly

Visit Van Long Vietnam – Menikmati Alam Sampe Naik Sampan!

Kawah Ijen Mustika Di Ujung Timur Pulau Jawa

2. Cagar Alam Kawah Ijen

cagar alam kawah ijen
jatimnow.com

Untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika Anda datang ke salah satu cagar alam di Indonesia. Salah satu cagar alam yang populer dan ramai pengunjung adalah cagar alam Kawah Ijen. Pagaralam yang satu ini berlokasi di kawasan Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.

Cagar alam yang satu ini juga memiliki elang jawa serta beberapa tanaman langka yang dilindungi. Saat mengunjungi cagar alam yang satu ini, anda akan disambut dengan indahnya api biru dan kawah belerang. Saat berkunjung ke Banyuwangi, tidak ada salahnya untuk menikmati indahnya tempat wisata alam yang satu ini.

3. Cagar Alam Karang Bolong

cagar alam karang bolong
kelasips.com

Salah satu cagar alam di Indonesia yang populer dan bisa Anda kunjungi adalah Cagar Alam Karang Bolong. Cagar alam yang satu ini berlokasi di daerah Nusakambangan, Jawa Tengah.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya suasana yang masih sangat alami. Anda dapat mengunjungi cagar alam yang satu ini dengan berangkat dari Pantai Teluk Penyu di Cilacap. Tidak hanya suasana yang masih sangat alami serta pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat menjumpai pantai dan goa yang menarik untuk dikunjungi. Cagar alam yang satu ini memiliki luas 0,5 hektar dan bisa Anda datangi saat berkunjung ke kawasan Nusakambangan.

4. Cagar Alam Waigeo Barat

cagar alam waigeo barat
sarahbeekmans.co.id

Saat berlibur ke kawasan Raja Ampat Papua Barat, Anda dapat mengunjungi indahnya Cagar Alam Waigeo Barat. Salah satu cagar alam yang populer di Indonesia ini sangat menarik perhatian wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus menyewa speedboat dengan harga Rp 100.000,- per orang. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Cagar alam yang satu ini memiliki luas 95000 hektar dan dikenal dihuni oleh berbagai satwa langka salah satunya adalah burung cendrawasih. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya hutan yang masih sangat alami dan juga beberapa sungai kecil.

5. Cagar Alam Gunung Lokon

cagar alam gunung lokon
kotaomed.com

Cagar Alam Gunung Lokon menjadi salah satu cagar alam di Indonesia yang menawarkan keindahan luar biasa. Cagar alam yang satu ini dapat dikunjungi di daerah Minahasa, Sulawesi Utara.

Cagar Alam Gunung Lokon menawarkan banyaknya flora dan fauna yang dapat dinikmati. Beberapa fauna yang ada diantaranya tarsius hingga macaca nigra yakni sejenis monyet hitam berpantat merah. Indahnya pemandangan yang ditawarkan juga menjadikan kawasan ini memiliki banyak spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto.

6. Cagar Alam Morowali

cagar alam morowali
mongabay.co.id

Saat ingin mengunjungi salah satu cagar alam di Indonesia, Anda dapat datang ke Cagar Alam Morowali. Cagar alam yang satu ini dapat dikunjungi di daerah Sulawesi Tengah. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Cagar alam yang satu ini juga memiliki beberapa tempat indah seperti hutan mangrove, hutan pantai, hutan lumut, hutan aluvial dataran rendah, hingga hutan pegunungan.

Pengunjung juga akan menjumpai berbagai fauna seperti kera, babi rusa, musang abu-abu, anoa, dan masih banyak lagi. Untuk tiba di cagar alam yang satu ini, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat dan juga kendaraan air atau speed boat. Suasana sejuk dan alami yang ditawarkan menjadikan tempat ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran.

7. Cagar Alam Krakatau

cagar alam krakatau
dictio.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Cagar Alam Krakatau yang menjadi salah satu cagar alam di Indonesia. Cagar alam yang satu ini dapat anda kunjungi di Lampung. Dari Dermaga kapal Grand Krakatoa, Anda perlu menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 3 jam untuk tiba di Cagar Alam Krakatau.

Cagar Alam Krakatau dikenal menawarkan banyaknya flora dan fauna. Tidak jarang kawasan ini juga dipilih sebagai tujuan para ilmuan dan dijadikan laboratorium alami. Ilmuan dapat memperoleh informasi mengenai pengetahuan alam, biologi, vulkanologi, dan geografi. Indahnya pemandangan alam yang ditawarkan juga menjadikan kawasan ini memiliki banyak spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto.

8. Taman Nasional Tanjung Puting

taman nasional tanjung puting
pergiyuk.com

Salah satu cagar alam di Indonesia yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Cagar alam yang satu ini memiliki luas 415.000 hektar dan dapat Anda kunjungi di kawasan Kalimantan Tengah.

Di Taman Nasional Tanjung Puting, Anda dapat menikmati banyaknya flora dan fauna yang ditawarkan. Tempat yang satu ini juga dikenal sebagai konservasi orang utan terbesar di dunia. Populasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting mencapai 40.000 ekor. Untuk menyusuri kawasan ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 12.000,- per orang.

9. Cagar Alam Gunung Leuser

taman nasional gunung leuser
katalohwisata.com

Salah satu cagar alam di Indonesia yang populer adalah Cagar Alam Gunung Leuser. Dalam yang satu ini juga biasa disebut dengan TNGL atau Taman Nasional Gunung Leuser. Ada dapat mengunjunginya di Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Sumatera Utara.

Cagar alam yang satu ini menawarkan suasana yang masih sangat alami. Banyaknya flora dan fauna yang ditawarkan juga menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

10. Taman Nasional Kerinci Seblat

taman nasional kerinci seblat
liputan6.com

Salah satu cagar alam di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman nasional yang satu ini berlokasi di daerah jambi dan dikenal menjadi taman nasional terbesar di Sumatera.

Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya flora dan fauna yang di tawarkan. Ada sekitar 4000 spesies tumbuhan termasuk raflesia arnoldi yakni bunga terbesar di dunia. Anda juga dapat menjumpai berbagai fauna seperti gajah sumatera, badak sumatera, harimau sumatera, dan masih banyak lagi.



Leave a Reply