sugengcool | Traveler
Kampung Kilim, Kedah Langkawi, Malaysia | Historical Places
19 Nov 2019


Wat Koh Wanararm: Kuil Budha Langkawi yang Wajib Dikunjungi
Wat Koh Wanararm, adalah tujuan kami selanjutnya selama di Langkawi. Akhirnya kesampean juga buat mampir ke kuil yang dari lama pengen aku kunjungi. Simak yuk!

How to Get There

Wat Koh Wanararm adalah kuil budha Thailand yang cukup terkenal. Kami menuju ke Wat Koh Wanararm ini di hari ke 3 di Langkawi. Setelah mengunjungi Dataran Lang, kami langsung lanjut menuju lokasi Wat Koh Wanararm ini. Udah berencana dari lama untuk mampir ke Wat Koh Wanararm kalau ke Langkawi, dan hari ini kami bakal mengunjunginya, yey!

 

Perjalanan dari Dataran Lang menuju Wat Koh Wanararm kami tempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit aja. Iya, lokasinya emang deket jadi nggak perlu waktu lama untuk menuju ke Wat Koh Wanararm. Kami memulai perjalanan sekitar pukul 11 siang waktu Langkawi. Dan nggak lama, sampe deh di tujuan kami, Wat Koh Wanararm.

Simak cuplikan video dari Comicucha dulu yuk sebelum lanjut baca reviewnya: 

What to Do

Untuk masuk ke Wat Koh Wanararm ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Meskipun begitu, pengunjung masih bisa mengisi kotak sumbangan yang telah disediakan. Gunanya adalah untuk dana pemeliharaan dan perluasan Wat Koh Wanararm.

Wat Koh Wanararm ini berdiri dari tahun 2000, tepat setelah komunitas Buddhis setempat menerima berkah dari biksu Thailand yang terkenal, Luang Por Khun. Kalau dihitung hingga saat ini sih sudah 19 tahun lamanya Wat Koh Wanararm ini ada.

wat koh wanararam

wat koh wanararam

Wat Koh Wanararm juga memiliki lokasi atau lahan yang cukup luas untuk dikelilingi. Aula doa utama dan patung Budha emas besar yang akan kalian temui pertama. Nggak hanya itu, ada banyak patung kecil hingga hiasan dan lukisan yang mengelilingi patung utama. Lukisan yang ada di sekitar patung utama adalah lukisan yang menceritakan beberapa peristiwa dalam kehidupan Budha. Keren dan menakjubkan!

wat koh wanararam

wat koh wanararam

Di luar, pengunjung juga bisa melihat 8 stupa berwarna emas dan putih. Disitulah tempat dimana orang biasa berdoa. Nggak jarang juga pengunjung yang mengambil gambar dan mengabadikan momen selama di Wat Koh Wanararm. Jangan lupa hargai mereka yang sedang beribadah dan berdoa ya!

Lokasi Wat Koh Wanararm memang berada di tempat yang bisa dibilang cukup pelosok di Langkawi. Dengan dikelilingi hutan hingga bukit kapur, Wat Koh Wanararm justru makin wajib kalian kunjungi. Pemandangan sekeliling yang indah hingga udara yang sejuk dan bersih akan kalian temui disini.

wat koh wanararam

Wat Koh Wanararm memiliki banyak nama lain atau sebutan. Dikenal dengan nama Wat L P Koon, Luang Phor Khun, atau Luang Por Khoon. Yap, diberi nama sesuai dengan pendirinya, yakni seorang biksu Thailand. Bisa kalian cari lokasinya pake google maps dengan keyword 'wat wanararm' ya.

Satu lagi yang menakjubkan yakni patung Kuan Yin. Patung yang besar, tinggi, dan mepet banget dengan bukit kapur ini seolah emang diukir dari sisi bukit. Keren banget! Patung Kuan Yin menghadap ke seluruh area Wat Koh Wanararm. Megah!

Di belakang patung Kuan Yin, ada jalan menuju bukit. Katanya sih ada gua yang digunakan untuk bermeditasi. Ada juga yang bilang bahwa salahsatu goa disini dihuni oleh ular raksasa. Tapi, aku nggak nyoba masuk dan mencaari ularnya ya guys hehe.

Kalo liburan ke Langkawi, bisa kalian masukin nih ke list tujuan kalian! Suasananya dijamin nggak mengecewakan!

Tips and Trick

Jangan merusak hiasan atau patung yang ada

Patuhi peraturan

Gunakan pakaian yang sopan

Hargai yang sedang beribadah

Selamat mengunjungi tempat yang satu ini fren!

Where to Stay
Royal Agate Beach Resort
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY