10 Pantai Terbaik Untuk Berselancar di Indonesia, Ombaknya liar!


sisil angelin  January 23, 2019  0 Comment

Ada berbagai pantai terbaik untuk berselancar di Indonesia yang bisa dikunjungi oleh pecinta surfing seperti Anda. Pantai-pantai ini umumnya mempunyai karakteristik ombak raksasa yang menantang nyali para peselancar. Tidak hanya itu, pantai tersebut juga memiliki keindahan alam mempesona yang membuat Anda betah berlama-lama disini. Lalu, pantai mana saja yang indah dan menjadi surga untuk surfing? Berikut ini adalah daftar lengkap Pantai Terbaik Untuk Berselancar di Indonesia

1. Pantai Kuta (Bali)

Pantai Kuta
superadventure.co.id

Salah satu destinasi wisata alam yang populer di Bali adalah pantai Kuta. Popularitas pantai ini membuatnya banyak dikunjungi oleh turis domestik dan juga mancanegara. Bukan hanya panorama alamnya yang mempesona serta keramahan masyarakatnya. Pantai Kuta banyak dikunjungi para wisatawan karena terkenal memiliki ombak yang bervariasi.

Keadaan ini tentu saja menjadi magnet tersendiri bagi Anda para pecinta olahraga surfing. Namun, bukan berarti hanya para peselancar mahir saja yang dapat melakukan aktivitas surfing di pantai ini. Bagi Anda yang baru belajar berselancar, pantai Kuta merupakan tempat yang direkomendasikan karena ketinggian ombaknya variatif. Disini, Anda juga dapat dengan mudah menemukan berbagai fasilitas pendukung wisatawan seperti penginapan, restoran, penyewaan papan selancar dll.

Review wisata

Pantai Eksotis Dan Tersembunyi, Pantai Tegal Wangi Bali

Berenang Bersama Puluhan Penyu Di Pantai Meleura Raha

2. Pantai Nemberala (Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur)

 Pantai Nemberala

KSMTour.com

Salah satu surga bagi Anda para penggemar olahraga surfing ada di ujung selatan Indonesia tepatnya di pantai Nemberala. Nemberala sendiri merupakan satu dari sekian banyak hamparan pantai yang termasuk ke dalam wilayah pulau Rote. Selain cocok untuk surfing, pantai ini juga memiliki panorama menakjubkan berupa jernih dan birunya air laut sepanjang mata memandang.

Tidak hanya itu, disini Anda juga dapat menghabiskan waktu liburan dengan bersantai di hamparan pasir putih. Pantai yang berada di barat pulau Rote ini memang sering digunakan untuk olahraga berselancar karena memiliki ombak yang besar. Dengan demikian, tidaklah mengherankan apabila turnamen berselancar selalu diadakan setiap tahunnya di pantai Nemberala.  

3. Pantai Sorake (Pulau Nias, Sumatera Utara)

Pantai Sorake
pedomanwisata.com

Sorake merupakan nama sebuah pantai yang terletak di lepas pantai Sumatera Utara tepatnya pulau Nias. Pantai Sorake memang memiliki gelombang besar dan tinggi serta keindahan alam yang memanjakan mata wisatawan. Tinggi dan besarnya gelombang di pantai ini tidak terlepas dari letak geografisnya yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia.

Rata-rata ketinggian ombak disini bisa mencapai 10-15 meter. Bagi Anda yang merupakan peselancar profesional, ombak di pantai Sorake adalah surga. Namun, jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia surfing, maka harus ekstra berhati-hati ketika melakukannya di pantai ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini dapat Anda lakukan pada bulan Juni dan Juli.

Ini dikarenakan pada bulan tersebut pantai Sorake banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun asing. Selain itu, gelombang laut terbaik untuk Anda pegiat olahraga berselancar juga hadir di antara bulan Juni dan Juli. Tidak sekedar berselancar, disini Anda juga bisa membebaskan diri dengan berenang sepuasnya di laut biru maupun memancing ikan.

Pantai Sorake memang berlokasi di sekitar Samudera Hindia tepatnya teluk Lagundri. Akses menuju lokasi ini dapat Anda tempuh dengan menggunakan moda transportasi kapal feri. Anda dapat mengawali perjalanan dari pelabuhan Sibolga yang berada di provinsi Sumatera Utara. Setelah melewati selat, Anda akan singgah terlebih dulu di kota Nias yang berjarak 2 km dari pantai Sorake.

4. Pantai Sipora (Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat)

 Pantai Sipora

Siloka.com

Dibandingkan dengan pulau lainnya di kepulauan Mentawai, maka Sipora adalah pulau yang paling kecil. Walaupun begitu, soal keindahan alamnya pulau Sipora tidak perlu diragukan lagi karena pantainya sudah terkenal hingga mancanegara. Popularitas pantai yang terletak diantara pulau Siberut dan Pagai ini dikarenakan keindahan alam berupa jernihnya air laut dan putihnya pasir.

Selain karena pesona alamnya, Pantai Sipora juga terkenal karena ombak raksasa yang cocok untuk olahraga berselancar. Para peselancar bisa menemukan berbagai variasi jenis ombak di pantai ini. Seperti ombak panjang dan bergulung maupun gelombang dengan interval lebih lama dan konsisten. Anda dapat mengunjungi pantai Sipora dengan menaiki kapal motor dari pelabuhan di kota Padang.

5. Pantai Bangko-Bangko (Lombok, Nusa Tenggara Barat)

Pantai Bangko-Bangko

Wisatania.com

Bangko-bangko termasuk ke dalam salah satu pantai terbaik untuk berselancar di Indonesia. Meski namanya tidak sepopuler pantai Senggigi, di lokasi ini Anda dapat menyalurkan hobi berselancar Anda sepuasnya. Pantai Bangko-bangko memang memiliki ombak yang besar disamping keindahan alamnya yang begitu memikat mata wisatawan.

Bagaimana tidak? Selain pesona alamnya dan ombak besar yang menjadi surga bagi peselancar, lokasi pantai Bangko-bangko juga relatif masih alami. Selain surfing, Anda juga bisa menjelajahi hutan seluas ribuan hektare di sekitar pantai yang merupakan wilayah konservasi. Disini, Anda akan menemukan situs bersejarah berupa benteng peninggalan penjajah Jepang di pulau seribu masjid ini.

6. Pantai Uluwatu (Bali)

 Pantai Uluwatu
balitravelover.blogspot.com

Bali memang telah dikenal turis lokal hingga mancanegara karena keindahan alam yang eksotis dan kearifan lokal budayanya. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berlibur ke pulau Dewata adalah pantai Uluwatu. Disini, Anda tidak hanya dapat menyaksikan indahnya sunset dari Uluwatu Temple yang berada di atas batu karang dan menjorok ke laut.

Namun, bagi penggemar olahraga surfing pantai yang berlokasi di kabupaten Badung ini juga menarik untuk dikunjungi. Dikarenakan pantai Uluwatu mempunyai ombak besar sehingga Anda bisa surfing dengan papan selancar yang dimiliki sepuasnya. Berkunjung ke pantai ini pun tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena pihak pengelola hanya mematok Rp 20.000 untuk turis lokal.

7. Pantai Ombak Tujuh (Jawa Barat)

 Pantai Ombak Tujuh
backpackerjakarta.com

Pantai Ombak Tujuh berlokasi di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Secara geografis, pantai ini menghadap langsung ke samudera Hindia dan sejajar dengan pantai Citerem dan Pengumbahan. Terdapat alasan unik dibalik penamaan pantai ini, yaitu karakteristik ombaknya yang bersusun-susun dan datang secara bergantian. Bagi Anda penggila olahraga surfing, ombak disini tentu menantang untuk ditaklukkan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati eksotisme batu karang khas pantai selatan.

8. Pantai Plengkung (Jawa Timur)

 Pantai Plengkung
id.majesticjava.com

Banyak orang yang menyebut pantai Plengkung dengan sebutan G-Land. Alasannya adalah karena bentuk pantai ini menyerupai huruf G yang melengkung. Pantai ini berada di wilayah Banyuwangi dan menjadi salah satu primadona bagi pecinta olahraga berselancar. Selain ombak raksasa, pantai Plengkung juga memiliki pemandangan alam yang eksotis. Bagi Anda yang ingin menuju lokasi ini, dapat menaiki boat dari Grajagan maupun pulau Bali.

9. Pantai Tanjung Setia (Lampung)

Pantai Tanjung Setia

JejakPiknik.com

Lokasi pantai Tanjung Setia berada di Lampung Barat tepatnya sekitar 215 km dari pusat kota Bandar Lampung. Pantai ini termasuk ke dalam kategori surga tersembunyi karena belum diketahui oleh banyak orang. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah ombak besarnya yang sangat cocok untuk penggemar aktivitas surfing.

Disini, Anda dapat berselancar sepuasnya sembari menikmati eksotisme hutan rindang pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari Utara ke Selatan. Bagi Anda yang ingin menikmati eksotisme pantai ini, maka tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan pihak pengelola telah menyediakan tempat penginapan di sekitar pantai dengan harga terjangkau.

10. Pantai Nihiwatu (Nusa Tenggara Timur)

Pantai Nihiwatu
goodnewsfromindonesia.id

Pantai yang berlokasi di Pulau Sumba ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Disini, Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang eksotis berupa biru dan jernihnya air laut. Anda juga dapat melakukan olahraga berselancar dan menikmati sensasi kejaran ombak-ombak besar. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pantai Nihiwatu ini cenderung eksklusif dan mewah. Dengan demikian, tidak semua orang bisa menikmati keindahan alamnya. Anda bahkan harus rela merogoh kocek hingga Rp 5 juta rupiah untuk bermalam di hotel Nihiwatu sekaligus mengunjungi pantainya.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan. Kondisi geografis yang seperti ini membuat Indonesia memiliki gugusan pantai yang memanjang dari ujung barat Sumatera hingga timur Papua. Sebagian besar pantai di Indonesia memang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Beberapa diantaranya dianggap sebagai pantai terbaik untuk berselancar di Indonesia.



Leave a Reply