Wisata Religi, Berkunjung ke 7 Kuil Budha Paling Megah di Thailand


Reni  May 19, 2019  0 Comment

Kuil Budha di Thailand – Selain terkenal dengan istilah Negara Gajah Putih, Thailand ini juga dijuluki dengan negara berbagai macam kuil. Ada banyak sekali kuil yang terdapat di negara yang satu ini, terutama kuil Buddha, hal ini dianggap wajar, karena mayoritas penduduk di negara ini menganut agama Buddha. Selain digunakan sebagai tempat wisata, kuil-kuil tersebut juga dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat. Berikut ini adalah kuil Buddha di Thailand menarik dan megah yang dapat Anda kunjungi :

1. Wat Phra Kaew

Wat Phra Kaew

Untuk lokasi kuil Budha di Thailand yang pertama akan dibahas adalah Wat Phra Kaew. Ini adalah salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi di Thailand. Tidak hanya itu, kuil yang satu ini berada di tanah istana negara, di Bangkok. Kuil yang terkenal akan Buddha Zamrud-nya ini, sudah ada sejak tahun 1400-an, selain itu, kuil ini juga dianggap sebagai pelindung bagi seluruh masyarakat Thailand. Patung Buddha Zamrud sendiri sebenarnya bukan menggunakan zamrud, melainkan menggunakan Giok yang berwarna hijau. Sedangkan untuk pakaian menggunakan warna emas, pakaian ini sendiri akan diganti secara musiman oleh oleh Raja Thailand.

Kuil Wat Phra Kaew sendiri, sebenarnya bernama Wat Phra Si Rattana Satsadaram, untuk mempersingkatnya kuil ini dikenal dengan nama demikian. Yang membedakan antara kuil-kuil lainnya yang ada di Thailand, kuil ini terbilang sangat sibuk, bahkan bisa dibilang tersibuk. Jadi ketika Anda mengunjungi kuil yang satu ini, jangan mengharapkan ketenangan, karena ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung, beribadah atau bahkan hanya untuk melakukan foto selfie.

Sedikit tips untuk Anda yang ingin mengunjungi kuil yang satu ini, sebaiknya Anda tidak mengenakan celana pendek, celana ketat dan juga atasan tanpa lengan. Gunakan pakaian yang terbilang sopan, atau Anda disarankan untuk menyewa atau bahkan membeli pakaian di lokasi terdekat.

review wisata

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

Explore Bangunan Keren: Golden Clock Tower Chiang Rai

2. Wat Arun

Wat Arun
viator.com

Wat Arun adalah lokasi kuil Budha di Thailand yang kedua, terletak di tepi Sungai Chao Phraya, yaitu tepat di seberang Wat Pho. Kuil yang mempunyai nama lengkap Wat Arunratchawararam Ratcha Wora Maha Vihara, ini mempunyai arti candi fajar. Nama ini diambil dari nama dewa fajar, Aruna, yang tidak lain nama dewa Hindu. Walaupun Wat Arun adalah kuil Buddha, namun arsitektur serta mural cukup dipengaruhi oleh agama Hindu. Itu sebabnya nama kuil tersebut cukup berbeda dengan kuil Buddha kebanyakan.

Ini adalah salah satu kuil yang sangat dihargai, dan dicetak dalam koin 10-baht. Untuk memperbaiki bentuk asli bangunan tersebut, dilakukan serangkaian renovasi yang selesai tahun 2017 silam. Selain mengunjungi kawasan ini dari darat, Anda juga dapat mengunjungi dan menikmati kuil tersebut dari sungai. Terdapat beberapa transportasi air yang dapat Anda gunakan, dan biasa digunakan untuk mengangkut wisatawan yang datang. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, maka Anda harus merogoh kocek sekitar 50 Bath saja.

3. Wat Pho

Wat Pho
getyourguide.com

Wat Pho atau nama lengkapnya Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn adalah salah satu kuil Buddha di Thailand yang paling populer. Kuil yang satu ini dianggap sebagai kantor pusat dunia, untuk Anda yang ingin mempelajari pijat ala Thailand dan juga pengobatan tradisionalnya.

Kuil yang terletak di Distrik Rattanakosin, dan secara langsung berdekatan dengan Istana raja.

Satu hal yang cukup terkenal di kuil yang satu ini adalah Patung Buddha berbaring yang berukuran besar, dan menggambarkan momen terakhir Buddha Gautama di Bumi. Ukuran dari patung Buddha ini sekitar 15 meter tingginya dan panjangnya sekitar 46 meter. Menggunakan warna emas, dan juga mozaik kaca, terutama di bagian bantal. Selain patung Buddha berukuran besar, ada juga patung Buddha pendamping sebanyak 108 buah. Adapun Wat Pho ini sudah berdiri, ketika Bangkok menjadi ibu kota baru pada tahun 1782. Sedangkan struktur bangunannya sendiri mulai mengalami perbaikan secara terus menerus, hingga terlihat seperti saat ini.

4. Wat Saket

Wat Saket
viator.com

Wat Saket Ratcha Wora Maha Wihan atau kerap disingkat menjadi Wat Saket, ini adalah rumah bagi Phu Khao Thong, atau yang lebih dikenal sebagai Temple of Golden Mountain. Kuil Buddha di Thailand ini sendiri berlokasi di distrik Pom prap Sattru Phai, Bangkok – Thailand. Sejak zaman Ayutthaya, kuil ini sudah ada, dan dikenal dengan nama Wat Sakae. Namun ketika Bangkok menjadi Ibukota, maka Raja Rama I, mulai merenovasi kuil tersebut, dan memberi nama seperti namanya saat ini.

Phu Khao Thong atau Gunung emas, adalah bukit besar yang cukup curam yang ada di dalam kompleks Wat Saket. Di dalamnya terdapat sebuah chedi emas dan dibagian atasnya terdapat relik dari Buddha yang dibawa dari Sril Langka.

Untuk sampai ke lokasi tersebut, Anda harus menaiki 344 tangga, setibanya di puncak, maka Anda akan disuguhkan pemandangan Bangkok yang indah. Disepanjang perjalanan banyak orang yang membunyikan bel dan suara gong.

5. Wat Traimit

Wat Traimit
mylittleadventure.com

Wat Traimit atau yang sering disebut dengan The Temple of Golden Buddha. Dinamakan demikian lantaran ini menjadi rumah baru, dari salah satu patung Buddha yang paling berharga di dunia. Patung sang Buddha Emas ini sendiri terbuat dari emas 18 karat, dan memiliki berat sekitar 11.000 pound. Adapun nilai emas itu sendiri berkisar USD 250 juta.

Hingga kini tidak ada yang tahu, berapa umur Buddha Emas tersebut secara pasti. Ada beberapa teori yang menyatakan bahwa patung emas tersebut berasal dari abad ke-13 atau 14.

Ada hal menarik dari patung Sang Buddha Emas tersebut. Dimana patung tersebut baru ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1955. Kemudian Patung itu telah dilapisi plester guna menyembunyikan nilai sebenarnya dari patung tersebut. Namun ketika para kru, mencoba memindahkan patung, beban yang sangat besar membuat tali putus. Jatuhnya patung membuat beberapa plester lepas, ini yang kemudian mengungkap berapa komposisi emas yang digunakan sebenarnya, tentunya hal ini cukup mengejutkan semua pihak.

6. Wat Tham Suea

Wat Tham Suea

Wat Tham Suea atau artinya Tiger Cave Temple. Ini adalah sebuah Kuil Budha di Thailand yang ukurannya cukup luas dengan koleksi gambar Buddha raksasa. Ada gambar Buddha yang bertengger di atas gunung, dan ada juga yang sedang duduk dengan anggun. Satu hal yang unik dari kuil yang satu ini adalah adanya situs keramat, yang dikenal akan jejak kaki harimaunya. Tepatnya di gua dan juga tangga, untuk sampai ke lokasi ini, Anda harus mendaki anak tangga yang cukup. Lokasinya ada di utara timur laut Krabi, Thailand.

7. Wat Prachachon Wanaram atau Wat Pa Kung

Wat Prachachon Wanaram atau Wat Pa Kung

Getty Images

Anda tentu tahu candi Borobudur Wat Prachachon Wanaram atau Wat Pa Kung sendiri adalah replika dari candi Buddha Borobudur yang ada di Jawa Tengah Indonesia. Adapun proses pembangunan replika kuil Buddha di Thailand ini sendiri adalah pada 30 Januari 2004 dan berakhir pada 3 Mei 2006. Sedangkan bangunan Wat Pa Kung tersebut diukir dari batu, kemudian ditempatkan di barisan depan hingga ke puncak kuil.

Demikianlah beberapa kuil Buddha yang ada di Thailand dan memiliki arsitektur yang megah dan Indah. Anda yang berencana mengunjungi Thailand, tentunya dapat mengunjungi lokasi tersebut.



Leave a Reply