9 Sup Khas Thailand Tawarkan Rasa Masam Segar Nan Menggoda


Fida  February 4, 2022  0 Comment

Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang kerap menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya menawarkan berbagai tempat wisata indah dan bersejarah, Thailand juga dikenal memiliki berbagai hidangan lezat dan khas yang menarik untuk kamu coba.Ada banyak ragam sup khas Thailand yang dikenal menggugah selera. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, beberapa sup berikut ini juga berhasil membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Inilah daftar 9 rekomendasi sup yang dikenal memiliki cita rasa lezat.

1. Tom Yum

tom yum
kumparan.com

Salah satu rekomendasi sup khas Thailand yang menarik untuk kamu coba adalah tom yum. Sebutan sup yang satu ini tentu sudah tidak asing untuk kalian dengar bukan? Tom yum merupakan sup yang dikenal dengan perpaduan rasanya yang pedas, asam, dan juga lezat. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan dan bumbu diantaranya udang, jamur, lengkuas, jeruk nipis, saus ikan, bawang merah, dan masih banyak lagi.

Hidangan yang satu ini juga biasa disajikan sebagai hidangan pembuka. Tidak jarang juga tom yum dihidangkan dengan hiasan daun ketumbar diatasnya. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, tom yum juga sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat. Tertarik untuk mencoba lezatnya hidangan khas Thailand yang satu ini?

GoTravelly

Nongkrong Di Ploen Ruedee Night Market, Tempat Kulineran Dan Belanja Souvenir Khas Chiang Mai

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

2. Suki

suki
cookpad.com

Selain tom yum, suki juga menjadi salah satu hidangan sup khas Thailand yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Hidangan yang disajikan dengan versi masakan hot pot ini berasal dari tradisi Tiongkok dan Jepang. Hidangan biasa disajikan di tengah dengan mangkuk yang berisi kaldu ayam serta bumbu serai.

Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat suki diantaranya daging, ayam, makanan laut, serta beberapa sayuran seperti bawang merah, kol, seledri, wortel, dan lain-lain. Suki khas Thailand juga memiliki ciri khas yakni adanya saus celup yang dibuat dengan beberapa bahan seperti bawang putih, cabai, ketumbar, dan juga jeruk nipis.

3. Tom Saep

tom saep
tripadvisor.co.nz

Tom saep juga dikenal sebagai salah satu hidangan sup khas Thailand, lebih tepatnya dikenal sebagai tom yum khas Thailand Utara. Hidangan yang satu ini menawarkan perpaduan rasa antara pedas dan juga asam. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat hidangan tom saep adalah daging sapi serta jeroan sapi. Tetapi saat ini juga terdapat variasi tom saep yang dibuat dengan bahan utama daging kerbau.

Kamu dapat menikmati kelezatan serta aroma yang ditawarkan oleh sup ini. Tom saep dibuat dengan beberapa bumbu tambahan seperti daun jeruk purut, serai, lengkuas, serta kemangi Thailand. Tidak hanya itu, terdapat juga tambahan saus ikan, jeruk nipis, asam jawa, serta irisan cabe segar. Sangat menggugah selera bukan?

4. Tom Chuet

tom chuet
tasteatlas.com

Rekomendasi sup khas Thailand berikutnya yang menarik untuk kamu coba adalah tom chuet. Hidangan yang satu ini sudah cukup populer dan tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja tetapi juga berhasil membuat wisatawan penasaran. Tom chuet dibuat beberapa sayuran seperti wortel, buncis, serta kol Cina. Tidak hanya itu, hidangan yang satu ini juga biasa dilengkapi dengan adanya tambahan bakso, potongan tahu, rumput laut, jamur, serta mie gelas.

Cita rasanya yang khas dan dikenal ringan menjadikan hidangan ini cocok dinikmati oleh semua kalangan. Tidak jarang juga tom chuet disajikan bersama dengan hidangan pedas khas Thailand lainnya.

5. Kaeng Om

kaeng om
wikiwand.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan sup khas Thailand yang bisa dicoba, kamu dapat menikmati lezatnya kaeng om. Hidangan yang satu ini merupakan kari herbal yang dikenal berasal dari Thailand Utara. Kaeng om dibuat dengan menggunakan bahan utama daging, daging ayam, atau daging ikan.

Saat mencoba sup yang satu ini, kamu dapat merasakan cita rasa lezat serta aroma yang menggugah selera. Beberapa bumbu tambahan yang digunakan untuk pembuatan kaeng om diantaranya bawang putih, bawang merah, serai, dan juga cabe. Saat berkunjung ke Thailand, tidak ada salahnya untuk memutuskan berburu lezatnya sup yang satu ini.

6. Yen Ta Fo

yen ta fo
tasteatlas.com

Yen Ta Fo juga dikenal sebagai salah satu sup khas Thailand yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Sup yang satu ini dikenal memiliki warna merah muda yang dibuat dengan berbagai jenis mie. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan yen ta fo diantaranya cumi-cumi, udang, tahu goreng, bola ikan, dan lain-lain.

Saat datang ke Thailand, kamu dapat mencoba lezatnya sup yang satu ini di beberapa restoran tradisional yang ada. Hidangan yang satu ini juga biasa dipilih sebagai hidangan utama yang dikenal lezat dan mengenyangkan. Tertarik untuk mencoba lezatnya yen ta fo saat berkunjung ke Thailand?

7. Khao Soi

khao soi
bonappetit.com

Tidak kalah lezat dengan sup khas Thailand lainnya, khao soi juga menjadi salah satu rekomendasi tepat yang bisa kamu coba. Hidangan yang satu ini dikenal sebagai sup kelapa dengan cita rasa lezat dan menggugah selera. Khao soi disajikan dengan beberapa isian seperti mie telur pipih dan pilihan daging.

Beberapa isian tambahan yang biasa digunakan sebagai pelengkap adalah acar kubis, bawang merah, cabai, jeruk nipis, mie goreng renyah, serta ketumbar cincang. Saat berkunjung ke Thailand, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu lezatnya kuliner yang satu ini.

8. Khao Tom

khao tom
idntimes.com

Tidak kalah menarik dengan sup khas Thailand lainnya, Khao Tom juga menjadi rekomendasi tepat yang bisa kamu coba. Hidangan yang satu ini merupakan perpaduan nasi dengan kaldu herbal dan berbagai sayuran.

Beberapa bahan lain yang digunakan untuk pembuatan khao tom diantaranya saus ikan, jeruk nipis, dan juga kecap. Kamu juga dapat menikmati lezatnya sup yang satu ini bersama dengan suwiran daging ayam, telur, serta udang. Adanya tambahan ketumbar cincang, tahu, bawang putih goreng, dan cabai, juga menjadi ciri khas dari makanan yang satu ini.

9. Kuai-Tiao Ruea

Sup Khas Thailand
tasteatlas.com

Kuai-Tiao Ruea juga dikenal sebagai salah satu hidangan sup khas Thailand yang sayang untuk kamu lewatkan. Makanan yang satu ini juga disebut dengan sup mie perahu yang dulunya dijual dari kapal melalui kanal Bangkok.

Kuai-Tiao Ruea dibuat dengan menggunakan bahan berbagai jenis mie yang kemudian disiram dengan kaldu sapi. Tidak hanya itu, hidangan ini juga diberi tambahan topping berupa tauge, bakso, serta daging sapi. Saat berkunjung ke Thailand, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba berburu dan menikmati lezatnya Kuai-Tiao Ruea.



Leave a Reply