Ada Beer Bike hingga Coco Taxi Berikut 10 Transportasi Unik di Dunia


Reni  December 9, 2018  0 Comment

Transportasi unik di dunia semacam apakah yang pernah Anda naiki? Alat transportasi tak pernah lepas dari keseharian. Namun terkadang ada yang dirancang dengan desain yang nampak tidak wajar tapi tak mengurangi atau menghilangkan fungsinya. Apabila punya hobi atau niatan berwisata ke negara-negara lain, Anda punya kesempatan menyaksikan langsung kehadiran alat-alat transportasi tersebut. Berikut ini adalah transportasi Unik di Dunia

1. Beer Bike

Beer Bike

luxeadventuretraveler.com

Dari sebutannya saja sudah mencolok dan jelas, sepeda bir. Bayangkanlah sedang mengendarai atau mengayuh pedal sepeda sembari menikmati bir dingin di sepanjang jalanan. Ya, itulah konsep utama dari alat transportasi yang terdapat di Belanda, tepatnya di Amsterdam. Kendaraan ini memang didesain khusus bagi para penikmat bir dan sekaligus menciptakan sensasi berbeda berkeliling area sekitar tanpa perlu beranjak meninggalkan minuman favoritnya.

Wujud alat transportasi ini mirip seperti gerobak es krim namun berukuran lebih besar dan lebih menyerupai bar. Dengan bentuk memanjang dikelilingi oleh kursi berbentuk sadel yang dibawahnya terdapat pedal layaknya sepeda. Beer bike dijalankan lewat kayuhan pedal dari masing-masing penumpang yang duduk layaknya di kursi bartender.

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

2. Kereta Bambu

Kereta Bambu

TripAdvisor

Memang terdengar aneh kalau mendengar nama alat transportasi ini. Bahkan yang belum pernah melihatnya pun masih tidak punya gambaran jelas apakah kereta bambu ini berjalan di darat atau air. Kendaraan ini memang khusus bagi para wisatawan alias tidak dipakai untuk operasional reguler warga. Bentuknya pun sangat sederhana berupa susunan bambu yang membentuk permukaan datar serta digerakkan di atas lintasan rel kereta api.

Kereta bambu hanya terdapat di Kamboja dan sampai hari ini masih dipakai oleh para wisatawan atau petualang melintasi dataran alam lewat lintasan rel. Alat transportasi ini dapat menghemat waktu dan tenaga daripada berjalan kaki sementara medan yang ditempuh mustahil menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Daya tempuhnya mencapai 40 kilometer perjam dan cukup seru juga menaikinya beramai-ramai.

3. Perahu Totora

Perahu Totora

phinemo.com

Alat transportasi ini hanya dapat Anda jumpai di Peru, tepatnya di kawasan Danau Titicaca. Nama asli kendaraan ini adalah Barco de Totora atau secara harfiah berarti Perahu Totora. Sekilas mirip dengan perahu pada umumnya namun didesain dengan wujud yang unik. Ujung depan perahu ini berbentuk seperti kepala burung dengan telinga dan paruh yang setengah terbuka. Sedangkan di bagian buritan berbentuk ekor melengkung.

Keunikan lainnya adalah bahan yang digunakan untuk membikin perahu Totora. Seperti tumpukan atau susunan jerami kering yang kuat dan mampu bertahan di atas air. Perahu ini juga sanggup menampung beban layaknya alat transportasi tradisional lainnya yang digerakkan di atas perairan. Ditambah lagi pemandangan alam sekitar dan atmosfer yang sangat mendukung seolah-olah sedang mengarungi suasana di peradaban silam.

4. Jeepney

Jeepney

ibon.org

Alat transportasi yang dibuat dari kendaraan bekas memang bukan hal yang aneh. Tapi yang membedakan Jeepney adalah gagasan yang diterapkan dalam konsepnya sebagai sebuah kendaraan pariwisata unik di Filipina. Jeepney pun menjadi salah satu alat transportasi wisata yang digandrungi di negara Asia Tenggara ini.

Berasal dari bahan utama jip militer tentara Amerika Serikat sisa-sisa peninggalan dari Perang Dunia II, jeepney dimodifikasi dalam konsep yang sangat nyeni. Terlihat dari perpaduan warna dan komposisi artistik yang menyelimuti permukaan dan menyatu bersama desain eksterior dan interior kendaraan ini. Selain itu, performa kendaraan sudah disesuaikan untuk kebutuhan di jaman sekarang, khususnya sebagai alat transportasi wisatawan.

5. Mokoro

Mokoro

itravelto.com

Pernah dengar negara bernama Botswana? Negara ini merupakan sebuah republik yang berlokasi di Afrika kawasan selatan. Kondisi geografis negara ini terkepung daratan dengan kawasan perairan dan rawa-rawa yang cenderung sulit untuk ditempuh menggunakan alat transportasi reguler apalagi berjalan kaki. Oleh sebab itu, alat transportasi tertentu mesti dipakai untuk mencapai sejumlah lokasi, dan mokoro-lah yang digunakan.

Mokoro sebenarnya perahu kanoe yang sebetulnya umum digunakan di negara ini. Seiring perkembangan waktu dan bertambahnya para turis dan pengunjung ke sana, alat transportasi ini kian dikenal masyarakat dunia. Dilihat sekilas nampak tak sulit mengendarai mokoro. Tapi sebenarnya alat transportasi ini membutuhkan kemampuan khusus alias yang sudah terlatih sejak lama apalagi medan yang diarungi berupa rawa-rawa dengan kondisi perairan yang tenang.

6. Tuk Tuk

Tuk Tuk

bangkok.com

Di Indonesia pernah ada bemo atau bajaj, maka di Thailand ada Tuk Tuk. Bedanya, di negara ini kendaraan tersebut masih eksis dan tak hanya digunakan oleh para wisatawan namun juga warga setempat. Bentuknya memang sedikit berbeda dengan bajaj yang pernah kita kenal. Ukurannya sedikit lebih luas tapi ciri khas dua roda di belakang dan satu di depan sangat menonjol.

Bila Anda bepergian ke Thailand, jenis kendaraan ini masih berseliweran di area perkotaan. Ciri khas lainnya adalah bendera kecil di bagian depan dan atap mungil yang menaungi sopir dan para penumpang. Daya tampung kendaraan ini kira-kira bisa memuat dua orang dewasa dengan kecepatan standar seperti halnya kendaraan roda tiga lainnya.

7. Chiva Express

Chiva Express

PBase.com

Kendaraan ini hanya ada di Ekuador dan sangat ikonik di ranah pariwisata negara tersebut. Dulunya, kendaraan ini masih lazim digunakan untuk operasional harian. Seiring perkembangan jaman dan teknologi transportasi, Chiva Express tetap dipertahankan hanya untuk kebutuhan pariwisata. Pergeseran dari fungsinya sebagai alat transportasi umum menjadi alat transportasi khusus wisata justru kian memperkenalkan ke publik internasional.

Modelnya berupa bus berukuran sedang dan agak melebar. Menariknya lagi, kendaraan ini dijalankan di atas lintasan rel kereta api. Namun sekarang sebagai kendaraan wisata dapat dijalankan di jalanan biasa atau jalur-jalur akses ke spot wisata terkenal di Ekuador.

8. Burro Taxi

Burro Taxi

tripadvisor.co.uk

Taksi seperti apakah ini? Jangan bayangkan ini sebagai sebuah kendaraan roda empat seperti taksi pada umumnya. Justru kendaraan ini berupa gerobak tradisional yang digerakkan oleh keledai. Jadi, apakah sama dengan kereta kuda pada umumnya? Tentu saja ada kemiripan namun yang membedakan adalah bentuk, ukuran, desain, dan keledai yang menariknya.

Alat transportasi ini sering difavoritkan para wisatawan yang berdatangan ke Mijas di Spanyol. Kondisi di kawasan kota ini sangat mendukung dan seolah mengantarkan kita kembali ke masa-masa abad pertengahan.

9. Dukwa

Dukwa

Flickr

Alat transportasi ini hanya ada di Inggris dan punya keunikan bisa dijalankan di atas perairan dan sekaligus daratan. Sebenarnya alat transportasi ini merupakan salah satu warisan teknologi perang dari tentara Amerika Serika di masa Perang Dunia II. Kalau sekarang, kendaraan ini dipergunakan khusus untuk mengantarkan para wisatawan.

10. Coco Taxi

Coco Taxi

TripAdvisor

Alat transportasi yang akan langsung mencuri perhatian Anda pada saat melihatnya pertama kali. Didesain menyerupai helm raksasa dan warna kuning khas taksi beroda tiga. Digerakkan oleh seorang sopir dan dua bangku penumpang di belakang. Kendaraan ini hanya akan Anda jumpai di Kuba.

Nah, itulah 10 alat transportasi unik yang teridentifikasi di dunia sampai hari ini. Silakan membuktikannya langsung dari rencana perjalanan wisata Anda ke salah satu atau beberapa lokasi negara yang memiliki alat-alat transportasi unik tersebut.



Leave a Reply