10 Tips Travelling di Musim Hujan, Tetap Segar dan Sehat


sisil angelin  December 6, 2018  0 Comment

Memasuki liburan akhir tahun tentunya Anda sudah merencanakan travelling Bersama dengan orang – orang terkasih. Namun, bersamaan dengan liburan akhir tahun, musim hujan juga datang. Hal ini terkadang menjadi kendala bagi Anda untuk menentukan destinasi travelling dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk tetap melakukan travelling dengan nyaman dan menyenangkan. Dibawah ini terdapat Tips Travelling di Musim Hujan

1. Tentukan destinasi wisata yang tidak berhubungan dengan alam

tips travelling di musim hujan

SIMOMOT.com

Saat musim hujan destinasi wisata alam seperti air terjun, pantai atau perbukitan sebaiknya dihindari. Selain karena bahaya resiko terjadi bencana  juga untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Anda dapat memilih travelling ke tempat – tempat bersejarah, kuliner atau kawasan pengrajin di kota tersebut  yang tentunya tidak kalah seru. Selain menambah wawasan juga akan memberikan pengalaman yang tidak didapatkan dari kota lain. Anda juga dapat memilih tempat wisata jenis indoor seperti museum atau pusat perbelanjaan.

Explore Humayun’s Tomb: Monumen Cantik Bentuk Cinta Seorang Permaisuri

Menikmati Tiap Sudut Bangunan Cantik Di Temple Of Literature Hanoi

2. Pastikan tubuh dalam keadaan fit

Pastikan tubuh dalam keadaan fit

inspiratorfreak.com

Keadaan tubuh yang tidak fit tentunya akan mengganggu kegiatan travelling Anda. Apalagi ditambah musim hujan, pada musim ini tubuh akan lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh melemah yang disebabkan cuaca yang tidak menentu. Maka dari itu penting untuk membawa vitamin dan mengkonsumsi makanan dan minuman hangat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Bawa juga minyak kayu putih atau sejenisnya untuk menghangatkan tubuh Anda.

Baca juga :  Sewa Motor Malang, Harga Murah! Paling Recommended!

3. Persiapkan perlengkapan yang tepat

Persiapkan perlengkapan yang tepat

alidesta.wordpress.com

saat memutuskan untuk travelling di musim hujan tentunya persiapan yang harus dilakukan lebih banyak. Karena ketika Anda berkunjung pada tempat – tempat outdoor terdapat beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan. Contohnya, jas hujan atau payung, bagpack cover untuk melindungi tas Anda, sandal jepit, kantong plastic untuk melindungi barang barang seperti uang, dompet dll, handuk kecil untuk pengganti tisu, dry bag, dan casing underwater untuk melindungi handphone Anda saat melakukan dokumentasi ketika hujan. Jika Anda menggunakan sepatu maka pilih sepatu yang tahan air.

4. Perhatikan ramalan cuaca

Perhatikan ramalan cuaca

BertuahPos.com

Perkiraan cuaca akan sangat membantu Anda untuk menghindari hujan datang ditambah apabila Anda memilih tempat travelling outdoor. Walaupun tidak selalu akurat, ramalan cuaca dapat dijadikan acuan memperkirakan cuaca disaat musim hujan. Pasang aplikasi perkiraan cuaca untuk memudahkan Anda memperoleh informasi cuaca tempat tujuan travelling Anda. Untuk jaga – jaga tetap bawa perlengkapan traveling saat musim hujan agar kegiatan travelling Anda tetap nyaman.

5. Membawa baju hangat dan pakaian tambahan

Membawa baju hangat dan pakaian tambahan

jenkrisk.wordpress.com

Saat musim hujan udara akan semakin dingin, baju hangat ini akan membuat Anda lebih nyaman travelling saat musim hujan. Baju tambahan diperlukan karena terkadang walaupun sudah menggunakan jas hujan/ payung, baju tetap terkena cipratan air. Atau saat Anda berada dalam outdoor tiba – tiba hujan datang, pakaian tambahan digunakan sehingga Anda terhindar dari pemakaian baju basah yang dapat membuat Anda mudah sakit seperti flu atau masuk angin.

6. Action cam jadi alternative

Action cam jadi alternative

DHgate.com

Saat ini sudah banyak action camera yang dilengkapi fasilitas waterproof. Kamera ini dapat dijadikan alternatif untuk mendokumentasikan kegiatan traveling Anda sebagai ganti kamera dslr atau smartphone. Selain itu juga bentuknya yang kecil akan memudahkan Anda dalam membawanya.

Baca juga :  8 Manfaat Membawa Buku Saat Traveling, Menyenangkan, Lho!

7. Pilih penerbangan yang tidak memerlukan transit

Pilih penerbangan yang tidak memerlukan transit

goodnewsfromindonesia.id

Apabila Anda travelling menggunakan transportasi udara ini, pilihlah penerbangan yang langsung ke destinasi travelling. Hal ini akan menghemat waktu Anda dan sampai tujuan lebih cepat. Tentukan jadwal penerbangan sesuai dengan rencana jauh jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket pesawat.

8. Antisipasi keterlambatan transportasi karena cuaca buruk

Antisipasi keterlambatan transportasi

flickr.com

Saat cuaca buruk beberapa alat transportasi dapat terlambat datang atau bahkan ditunda. Seperti halnya penerbangan pesawat, seringkali jadwal akan ditunda karena cuaca buruk yang dapat membahayakan penumpang. Hal ini membuat Anda merasa bosan saat menunggu dan menjadi badmood. Kebosanan dapat Anda antisipasi dengan melakukan beberapa hal yang Anda sukai seperti membaca buku, bermain game atau sekedar keliling area bandara. Tetapi hal perlu di ingat jangan sampai Anda melalaikan pengumuman pihak penerbangan. Dan justru saat ada pengumuman penting keberangkatan Anda tidak berada ditempat atau terlalu asyik bermain game sehingga tidak mendengar pengumuman.

9. Manfaatkan promo saat musim hujan

Manfaatkan promo saat musim hujan

gudangwallpapermu.blogspot.com

Tips yang satu ini kadang sering tidak diperhatikan, padahal dapat menguntungkan Anda dari segi dana ataupun suasana privat yang Anda butuhkan. Saat musim hujan, banyak traveler yang tidak mau bepergian. Hal ini dapat menurunkan pendapatan pihak hotel atau tempat tempat wisata. Mereka akan mengadakan promo untuk menjaga kestabilan pendapatan. Anda dapat mencari info info promosi melalui sosial media atau berbagai aplikasi traveler. Selain mendapatkan potongan harga, saat musim hujan pengunjung tempat tempat wisata akan berkurang sehingga Anda akan mendapatkan suasana yang lebih tenang. Karena jika saat liburan tempat tempat wisata ramai dikunjungi maka bukan ketenangan yang Anda dapat melainkan suasana ramai yang mungkin tidak Anda sukai. Maka dari itu tidak ada salahnya melakukan travelling saat musim hujan karena justru akan memberikan beberapa keuntungan yang tidak akan kita dapatkan jika tidak pada musim hujan.

Baca juga :  10 Tips Travelling Bersama Orang Tua

10. Gunakan makeup waterproof

Gunakan makeup waterproof

journal.sociolla.com

Bagi Anda khususnya seorang wanita tidak dapat lepas dari make up, apalagi disaat travelling yang tidak dipungkiri kita akan melakukan selfie. Jika saat musim panas kita membutuhkan sun protection maka saat musim hujan penting menggunakan make up waterproof. Anda tentunya tidak ingin saat menggunakan make up lalu tiba – tiba hujan turun yang membuat make up luntur. Hal ini dapat membuat Anda malu atau merasa risih. Untuk itu make up waterproof sangat dianjurkan bagi Anda yang senang menggunakan make up saat travelling. Sedikit tips yang dapat dilakukan saat menggunakan make up adalah dengan menggunakan dasaran make up yang terlalu berat, memakai blush on atau eyeshadow yang jenis krim,gunakan pensil alis untuk merapikan alis Anda hindari yang  jenis powder karena mudah luntur dan gunakan lipstik dengan jenis matte. Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan make up saat musim hujan.

Beberapa hal diatas merupakan 10 Tips Travelling di Musim Hujan yang dapat Anda lakukan untuk tetap nyaman dan aman saat memutuskan travelling di musim hujan. Selain beberapa tips diatas penting juga untuk menentukan destinasi wisata saat musim hujan seperti destinasi wisata apa yang disenangi oleh Anda, misalnya Anda menyukai travelling dengan mencoba beberapa jenis kuliner maka kunjungi tempat – tempat yang memiliki banyak jenis kuliner atau jika Anda menyukai travelling yang berkaitan dengan alam maka kunjungi tempat tempat yang memiliki pemandangan alam yang indah tentunya dengan memperhatikan perlengkapan dan kondisi tempat tersebut saat musim hujan sehingga travelling Anda tetap menyenangkan walaupun saat musim hujan.



Leave a Reply