10 Tips Travelling Bersama Orang Tua


sisil angelin  May 28, 2019  0 Comment

Ketika Anda melakukan perjalanan ke tempat wisata bersama orang tua, pastinya terdapat hal berbeda yang harus Anda persiapkan. Pasalnya, sebagian orang tua yang sudah berumur butuh perencanaan yang matang agar tidak terlalu lelah dalam perjalanan. Berikut ini ada 10 tips travelling bersama orang tua yang bisa Anda ikuti.

1. Tentukan Waktu Travelling

Tentukan Waktu Travelling
instahats.com

Pemilihan waktu yang tepat untuk travelling sangat dibutuhkan karena ketika musim liburan tiba otomatis membuat destinasi wisata terlalu ramai pengunjung. Hal ini akan membuat orang tua Anda merasa tidak nyaman. Anda harus berusaha mencari momen travelling paling tepat di mana orang tua tidak terganggu dengan lokasi yang padat. Kemudian pilihlah waktu ketika orang tua Anda benar-benar berada di waktu luang sehingga saat melakukan perjalanan wisata mereka tidak memikirkan pekerjaan rumah yang belum beres atau lainnya. Jadi, tanyakan terlebih dahulu pada mereka dan cocokkan dengan jadwal waktu senggang Anda. Dengan begitu Anda bisa menikmati perjalanan wisata bersama orang tua perlu memikirkan hal lainnya.

review kuliner

Menyantap Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Harga Ekonomis

Lezatnya Mie Apong Sampurna: Kuliner Legendaris Yang Eksis Lebih Dari Setengah Abad!

2. Menyusun Rencana Perjalanan

Menyusun Rencana Perjalanan
roseandfig.com

Ketika Anda telah memutuskan jadwal travelling, jangan lupa untuk menyusun daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Atur waktu sebaik mungkin dan tidak terburu-buru karena Anda harus menikmati setiap momennya. Anda harus menikmati waktu senggang tersebut bersama orang tua maka susunlah rencana perjalanan sebaik mungkin untuk panduan. Patikan juga agar semuanya berjalan sesuai rencana dan tidak meleset, kalaupun meleset Anda bisa mencari alternatif lainnya yang tidak merepotkan.

3. Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan
travellin.co.id

Anda perlu untuk mengajukan asuransi perjalanan. Ketika dalam perjalanan, kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya, dengan adanya asuransi perjalanan seolah-olah Anda sedikit terlindungi meskipun terjadi hal yang tidak diinginkan. Maksud terlindungi di sini adalah Anda tidak perlu memusingkan biaya yang dikeluarkan. Terlebih lagi perjalanan bersama orang tua yang merupakan sosok perlu perlindungan lebih. Namun, jika Anda tidak terlalu membutuhkan dan merasa terlalu repot dalam mengajukannya, paling tidak beli untuk orang tua Anda saja.

4. Persiapkan Obat-Obatan

Persiapkan Obat-Obatan

Alodokter.com

Nah, obat-obatan sangat diperlukan terlebih lagi orang tua Anda memiliki penyakit yang bisa kumat sewaktu-waktu. Kalaupun orang tua Anda dalam keadaan sehat ketika berangkat travelling, tetap persiapkan obat untuk mengantisipasi. Orang tua rentan terserang segala macam penyakit dikarenakan usianya yang semakin senja. Penyakit yang sering dialami orang tua adalah tekanan darah tinggi, jantung dan diabetes. Jadi, siapkan saja beberapa obat-obatan dan bawa resep dokter. Kemudian kalau bisa Anda juga harus memeriksa terlebih dahulu lokasi rumah sakit terdekat di daerah tersebut.

5. Pilih Transportasi yang Nyaman

Tips travelling bersama orang tua berikutnya adalah memilih transportasi yang aman dan nyaman. Seiring bertambahnya usia, sikap orang tua semakin mirip dengan anak-anak di mana mereka akan rewel jika tempat yang ditempati tidak nyaman. Maka Anda perlu untuk menggunakan transportasi senyaman mungkin karena membawa orang tua. Jika biasanya Anda bisa melakukan travelling dengan pesawat promo, maka jangan samakan orang tua dengan Anda. Tiket promo identik dengan keterbatasan fasilitas yang nantinya berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan. Seat tiket pesawat promo juga memiliki jarak yang sempit sehingga orang tua tidak akan nyaman terlebih lagi jika mereka menderita asam urat. Anda pasti tidak mau jika orang tua merasakan sakit karena asam urat di dalam pesawat, bukan? Intinya pilih yang terbaik untuk orang tua tercinta.

6. Akomodasi yang Nyaman

Akomodasi yang Nyaman
hellosehat.com

Jika Anda bisa melakukan perjalanan dengan backpacking, maka jangan coba-coba untuk mengajak orang tua dengan cara yang sama. Akomodasi yang nyaman akan membuat orang tua senang melakukan perjalanan liburannya. Carilah hotel berbintang atau yang memiliki fasilitas pendukung sehingga orang tua tetap merasakan nyaman. Pelayanan tempat penginapan dengan kualitas tinggi tentu akan lebih baik dibanding penginapan yang biasa saja. Layani orang tua Anda dengan sebaik mungkin agar mereka juga bahagia. Perhatikan makanan yang mereka santap karena di usia yang sudah tidak muda lagi banyak makanan yang harus dihindari. Anda harus memahami kondisi tersebut jika ingin membuat mereka senang dan bahagia.

7. Jangan Terlalu Mengatur Mereka

Jangan Terlalu Mengatur Mereka

YoExplore.co.id

Tujuan travelling adalah membahagiakan orang tua, maka Anda harus membuat mereka merasakan hal tersebut dengan cara jangan terlalu mengatur. Mereka terkadang juga ingin merasakan kesenangan dengan caranya sendiri terlepas bagaimanapun caranya. Selama hal itu tidak membahayakan mereka maka biarkan saja. Awasi mereka di kejauhan agar tidak tersesat. Jika Anda melarang mereka untuk ini dan itu mak siap-siap saja suasana liburan akan terasa kaku dan tidak asik. Orang tua memiliki perasaan yang sensitif, kalaupun Anda ingin melarang maka laranglah dengan menggunakan sikap selembut mungkin dan dengan alasan yang tepat.

8. Bawa Perlengkapan Khusus

Bawa Perlengkapan Khusus

Membawa orang tua jalan-jalan hampir sama halnya dengan membawa bayi. Ya, keduanya memiliki perlengkapan khusu yang tidak boleh lupa untuk dibawa. Karena perjalanan yang Anda lakukan adalah bersama orang tua, maka jangan lupa untuk membawa perlengkapan medis yang mungkin Anda butuhkan jika suatu ketika orang tua Anda sakit. Sebelum berangkat sebaiknya tulislah beberapa daftar perlengkapan yang tidak boleh lupa dibawa bersama ketika liburan.

9. Perhatikan Mobilitas

Perhatikan Mobilitas
doktersehat.com

Personal mobilitas tentu dibutuhkan terlebih lagi Anda melakukan travelling bersama orang tua yang tidak bisa berjalan kaki sepanjang hari. Setibanya di stasiun atau bandara, Anda harus mencari cara membawa orang tua ke tempat tujuan wisata. Anda bisa memilih taksi atau mobil sewaan untuk mengantar orang tua ke penginapan. Pastikan Anda telah melakukan reservasi hotel sebelum keberangkatan agar tidak repot mencari kamar kosong. Hindari mengajak orang tua menggunakan angkutan umum yang dipenuhi asap dan padat penumpang. Hal tersebut akan membuat orang tua tidak nyaman dan mungkin bisa terserang penyakit sesak nafas.

10. Sediakan Budget Lebih

Sediakan Budget Lebih
medium.com

Ketika travelling bersama orang tua usahakan untuk menyiapkan budget lebih. Anda tidak bisa menyamakan travelling yang biasa Anda lakukan dengan travelling bersama orang tua. Jika biasanya Anda bisa menekan biaya maka saat bersama orang tua Anda malah bisa menambah biaya. Kunci travelling bersama orang tua adalah dengan mengutamakan kenyamanan. Ketika orang tua ingin melakukan sesuatu di luar perencanaan, Anda harus berusaha memenuhi meskipun biayanya juga bisa bertambah. Kemudian bisa jadi orang tua menginginkan makanan yang membutuhkan biaya besar, Anda juga harus memenuhi selama itu tidak melebihi persediaan budget Anda. Oleh sebab itu, meskipun Anda telah mengatur biaya pengeluaran sebelumnya, namun tidak ada salahnya membawa uang lebih agar orang tua Anda bisa menikmati perjalanan dengan rasa bahagia.

Itulah 10 tips travelling bersama orang tua. Meskipun sedikit rumit tapi Anda harus menerapkan tips di atas agar orang tua memiliki pengalaman travelling yang menyenangkan bersama Anda. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply