15 Tempat Wisata di Kyrgystan Indahnya Kebangetan


Reni  March 6, 2019  0 Comment



Kyrgystan adalah salah satu negara paling menakjubkan di Asia Tengah, membuatnya jadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Dan berikut ini adalah daftar berbagai tempat wisata di Kyrgystan yang wajib Anda kunjungi, mulai dari bentangan padang di pegunungan yang ditinggali oleh suku semi-namden, bangunan bersejarah berusia ribuan tahun, sampai pusat kota yang ramah dan dinamis.

1. Bishkek

Bishek
indy-guide.com


Sebagai ibukota Kyrgystan, jangan heran kalau Bishkek menjadi salah satu kota tersibuk di negara ini dan menjadi salah satu tempat wisata di Kyrgystan pula. Di Bishkek, Anda bisa temukan beragam tempat makan yang cocok bagi Anda menikmati wisata kuliner. Mulai dari makanan tradisional khas Asia Tengah sampai masakan cepat saji maupun sajian khas internasional, semuanya bisa Anda temukan di kota ini. Di samping itu, Anda pun bisa menjelajahi kota untuk menikmati perpaduan antara pengaruh Soviet dan modern pada perkembangan arsitekturnya, atau berbelanja di pasar untuk mendapatkan beragam produk lokal yang dijamin unik dan khas.

Gotravelly

Shitennoji Temple: Wisata Religi Yang Cantik Di Osaka

Leisure Time At Hotel Konansou Fuji: Mulai Dari Onsen Sampai Sushi

2. Taman Nasional Ala Archa

tempat wisata kyrgystan
photo via TripAdvisor


Berlokasi hanya sekitar setengah jam dari hiruk pikuk Bishkek, destinasi wisata di Kyrgystan yang satu ini punya puncak tertinggi yang ketinggiannya mencapai 4.895 meter. Dan di Ala Archa sendiri, total terdapat lebih dari 50 puncak. Anda bisa mengunjungi kawasan ini sekadar untuk berpiknik atau hiking dan menikmati keindahan kawasan pegunungan yang membentang dan menjulang gagah, dengan puncak-puncaknya seolah bisa mencapai langit.

3. Menara Burana

obyek wisata kyrgystan
photo via Agustinus Wibowo


Bangunan yang satu ini dibangun pada abad ke-11, dan dulunya merupakan salah satu bagian dari kota Jalur Sutera yang makmur bernama Balasaghun. Awalnya, menara ini merupakan sebuah menara masjid yang tingginya mencapai 40 meter dan menjadi menara terawal di seluruh Asia Tengah. Sayangnya, gempa bumi yang terjadi di abad ke-15 menghancurkan sebagian puncak Menara Burana, sehingga tingginya sekarang hanya mencapai 20 meter dan bahkan bisa Anda panjat. Di sekitar kawasan menara, Anda pun bisa temukan sebuah museum kecil dan melihat-lihat ukiran batu kuno yang disebut dengan balbals.

4. Song Kul

tempat wisata menarik di kyrgystan
photo via jennyfaraway.com


Song Kul merupakan padang rumput luas sepanjang musim panas, yang artinya hanya bisa Anda kunjungi selama bulan Juni sampai September. Di sini, Anda bisa bertemu dengan para nomaden yang menggembalakan hewan ternak mereka. Ketinggian lokasi ini ada pada 3.016 meter dengan permukaan yang datar membentang luas. Di sini, Anda bisa mengunjungi Danau Song Kul.

5. Tash Rabat

tempat wisata paling banyak di kunjungi kyrgystan
photo via tabiattour.com


Tash Rabat merupakan sebuah caravanserai batu bersejarah – caravanserai merupakan tempat yang digunakan para pedagang dan caravan mereka pada Jalur Sutra kuno. Hingga sekarang, Tash Rabat merupakan caravanserai yang paling terawat di Asia Tengah.

6. Osh

tempat wisata di kyrgystan
photo via wikivoyage


Osh adalah kota tertua di Kyrgystan, yang usianya sudah melebihi 3.000 tahun. Letaknya ada di jantung Lembah Ferghana yang subur, dan merupakan sebuah pegunungan suci yang disakralkan selama ribuan tahun. Di samping itu, Anda pun bisa melihat sendiri tradisi Jalur Sutera yang masih dilestarikan, yang merupakan perpaduan antara keyakinan zaman prasejarah, kepercayaan pra-Islam, Islam, dan kepercayaan lokal. Konon, dipercaya bahwa tahta Nabi Sulaiman berlokasi di sini, dan legenda lain menyebutkan bahwa beliau pun dikuburkan di sini. Di samping itu, Anda bisa temukan Masjid Babur, sang pendiri Kerajaan Mughal, yang didirikan pada abad ke-16.

7. Sulaiman-Too Sacred Mountain

tempat wisata di kyrgystan
photo via travelthewholeworld.com


Pegunungan yang dianggap suci ini pun berlokasi di Osh, dan banyak pelancong yang menjadikan pegunungan tersebut sebagai penunjuk arah selama lebih dari 1,5 milenium. Anda bisa temukan lima puncak, dimana berbagai tempat sembahyang kuno dan gua dengan petroglyph bertempat.

8. Puncak Lenin

tempat wisata di kyrgystan
photo via nomadasaurus.com


Lokasi base camp Puncak Lenin berjarak sekitar 1 sampai 3 jam dari Osh, dan berada pada perbatasan Kyrgystan dan Tajikistan. Puncak tertingginya mencapai 7.134 meter dan dianggap sebagai puncak dengan ketinggian lebih dari 7.000 meter yang paling mudah ditempuh oleh para pendaki. Anda bahkan tak perlu mencapai puncak untuk bisa menikmati pemandangan di sekeliling, termasuk dari base camp pertama yang bisa dijangkau dengan mobil. Di musim panas sekalipun Anda masih bisa menikmati puncak pegunungan bersalju dari sini.

9. Karakol

tempat wisata di kyrgystan
photo via uncorneredmarket.com


Karakol merupakan pusat administratif area Issyk-Kul. Dan dari sini, Anda bisa melakukan perjalanan menuju pegunungan terdekat atau danau dengan mudah. Banyak peristiwa penting terjadi di sini. Di abad ke-19 misalnya, Karakol menjadi titik strategis yang memisahkan Rusia dari Tiongkok. Di tahun 1869, Karakol menjadi lokasi militer Rusia. Sementara itu, para Muslim Tiongkok yang ingin melarikan diri dari tekanan pemerintah di negara asal menjadikan Karakol jadi tujuan mereka. Dan peristiwa-peristiwa tersebut dapat Anda lihat di Masjid Dungan serta Gereja Ortodoks Karakol.

10. Djeti Oguz dan Altyn Arashan


Dari Karakol, Anda bisa menikmati berbagai kesempatan untuk hiking atau menunggangi kuda. Dan baik Djeti Oguz maupun Altyn Arashan adalah tempat wisata di Kyrgystan terfavorit untuk aktivitas tersebut. tebing Djeti Oguz yang berwarna-warni merupakan lokasi legenda setempat yang indah nan tragis, dan paling sering Anda dengar sepanjang tur Anda, baik di Kyrgystan maupun Asia Tengah. Sementara itu, Altyn Arashan yang mirip dengan perbukitan Swiss menawarkan pengalaman trekking yang ideal untuk keluarga atau pemula karena tingkat kesulitannya yang minim.

11. Pasar Dordoy

tempat wisata di kyrgystan
photo via jensetgo.com


Ketika Anda di Bishkek, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pasar yang berdiri sejak tahun 1992 ini. Pasar Dordoy sudah lama menjadi jalur penghubung perdagangan antara Tiongkok dan Eropa, dan merupakan pasar terbesar di Asia Tengah. Beragam jenis produk bisa Anda temukan di sini, mulai dari kain maupun sutera, barang elektronik, pakaian, sepatu, dan sebagainya.

12. Sary-Chelek Biosphere Reserve

obyek wisata menarik di kyrgystan
photo via fp.reverso.net


Sary-Chelek Biosphere Reserve adalah sebuah cagar biosfer yang berlokasi di bagian barat Kyrgystan dan didirikan di tahun 1978 untuk mengatasi kerusakan serius yang timbul karena aktivitas rekreasi dan wisata yang tak terorganisir. Di sini, Anda bisa menemukan jajaran pegunungan serta sebuah danau yang letaknya berada pada ketinggian 2.000 meter. Dan berkat pegunungan yang mengelilingi kawasan ini, musim dingin tidak pernah terasa berat.

13. Ala-Too Square

tempat wisata menarik di kyrgystan
photo via geocaching.com


Alun-alun ini berada di pusat kota Bishkek dan merepresentasikan medan dan alam pegunungan Kyrgystan. Sebagai alun-alun kota, Ala-Too sering menjadi lokasi diadakannya perayaan atau festival, termasuk perayaan kemerdekaan setiap tanggal 31 Agustus, di mana penjuru alun-alun dipenuhi dengan cahaya lampu. Dan pada Tahun Baru, Anda bisa temukan sebuah pohon besar dengan desain tradisional Kyrgys disini. Lokasi tempat wisata di Kyrgystan lain di sekitar Ala-Too adalah Museum Bersejarah Negara dan Taman Oak. Disini, Anda bisa temukan patung Manas, yang dulunya merupakan tempat di mana patung Lenin berdiri – patung Lenin sekarang berada di Alun-Alun Tua yang ada di belakang museum.

14. Manas-Ordo Historical Complex

tempat wisata di kyrgystan
photo via baibol.kg


Nah, kalau Anda penasaran dengan siapa itu MAnas, ia adalah sosok pahlawan epos terkenal di Kyrgystan. Konon, makamnya berada di kompleks bersejaraj ini, yang berlokasi 15 kilometer di timur Kota Talas. Epos Manas di Kyrgystan bisa disamakan seperti Mahabharata di India.

15. Anau Issyk-Kul

tempat wisata kyrgystan
photo via ipospedia.com


Dalam bahasa asli Kyrgys, “issyk-kul” berarti hot lake atau danau panas. Danau ini punya air yang kaya akan garam dan mineral, dan tidak membeku bahkan di musim dingin dengan suhu terendah sekalipun. Total, terdapat lebih dari 100 sungai mengalir menuju Danau Issyk-Kul, tapi tak satupun yang seolah pernah kering. Di samping itu, danau ini merupakan danau pegunungan terbesar kedua di dunia, terletak pada ketinggian 1.607 meter dan punya kedalaman 668 meter.



Leave a Reply