10 Tempat Wisata di Tegal Paling Rekomended


sisil angelin  July 5, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Tegal sangat banyak dan patut menjadi salah satu ikon pariwisata di propinsi Jawa Tengah. Kalau Anda berniat menghabiskan masa liburan di kota Tegal pasti tidak akan menyesal. Kenapa? Tegal memiliki tiga ikon wisata populer yang tidak boleh dilewatkan. Anda mau bermain air di pantai pesisir, menjelajah potensi alam yang hijau hingga destinasi wisata perkotaan yang memiliki ragam kuliner menarik. Penasaran? Simak 10 tempat wisata di Tegal paling rekomended berikut ini.

1. Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa

visiter.org

Bosan dengan suasana perkotaan yang penuh dengan polusi udara dan kemacetan lalu lintas? Anda wajib datang langsung ke tempat wisata di Tegal yang anti mainstream yaitu Bukit Goa Lawa. Destinasi wisata alam yang unik ini begitu terkenal di sosial media sebab tampilan yang benar-benar instagramable.
Bukit Goa Lawa atau disebut pula Bukit Batu Agung merupakan tumpukan batu yang menjulang secara alami di kawasan Desa Batu Agung, Kecamatan Balupulang, Tegal. Anda bakal terhipnotis dengan pemandangan hijau yang ditawarkan dari atas bukit batu ini. Akses menuju ke tempat ini lumayan mudah namun Anda harus berhati-hati saat mendaki ke puncak bukit batu.

2. Curug Pitu Margasari

Curug Pitu Margasari

nmhana.com

Masih mencari tempat wisata di Tegal yang bernuansa alam, maka Anda harus datang ke Curug Pitu Margasari. Keindahan yang ditawarkan air terjun ini sangat indah sebab masih tergolong perawan. Anda bisa merelaksasi tubuh dan pikiran dengan udara sejuk di sekitar curug termasuk kawasan hutan alami.
Memang akses menuju ke curug sangat sulit sebab Anda harus berjalan kaki kurang lebih dua jam dari tempat parkir. Jalan yang terjal dan perbukitan berbatu menjadi kendala utama. Oleh sebab itu, wisatawan yang hendak datang ke Curug Pitu Margasari harus melapor terlebih dahulu ke polsek Mergasari.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Dengan Sejarah Kisah Cinta Yang Mengharukan

3. Curug Cantel

Curug Cantel

cdninstagram.com

Kalau Anda mengaku berjiwa petualang tinggi, boleh mencoba menyusuri tempat wisata di Tegal yang menantang adrenalin. Salah satu tempat wisata yang memiliki akses sulit seperti Curug Pitu Margasari adalah Curug Cantel. Ya, Anda harus memastikan stamina prima sebab jalan menuju ke curug sangat terjal dan berbahaya.
Namun, perjuangan Anda bakal terbayar lunas jika telah sampai di lokasi wisata yang terletak di Jalan Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijaya. Air terjun ini memiliki ketinggian setidaknya 60 meter dengan butiran air yang cukup deras. Anda bisa puas bermain air di aliran sungai yang terletak di bawah curug. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan alam Tegal yang luar biasa, ya!

4. Kebun Teh Tegal

Kebun Teh Tegal

atiningtyas.blogspot.com

Kalau datang ke Curug Cantel yang ada di Bumijaya, Anda juga tidak boleh bergegas pulang dulu. Pasalnya, Anda harus menikmati keindahan kebun teh yang ada di Tegal. Kawasan ini merupakan salah satu pusat produksi teh terbesar di Indonesia yang menawarkan pemandangan hijau. Coba saja menyaksikan proses pemetikan teh lalu dijemur hingga kering. Daun yang telah kering akan dicampur dengan bunga melati sehingga aroma teh lebih harum. Anda juga bisa membeli oleh-oleh daun teh kering untuk keluarga dan teman di tempat wisata di Tegal paling hijau ini. Keren, ya?

5. Taman Wisata Air Panas Guci

aman Wisata Air Panas Guci

seputarsemarang.com

Masih berlokasi di Bumijaya, Anda tidak boleh melewatkan relaksasi paling menyenangkan di Taman Wisata Air Panas Guci. Tempat wisata di Tegal paling rekomended sebab menawarkan pemandangan menarik sekaligus terapi pengobatan alami. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit dan tulang, bisa mencoba mandi air panas di kawasan wisata ini.
Air panas yang langsung mengalir dari kaki gunung dipercaya bisa membuat tubuh lebih sehat. Toh, tempat wisata di Tegal ini memiliki air mancur dan kolam yang bisa digunakan berdasarkan jenis gender. Berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menikmati mandi air panas di sini? Jangan khawatir, Anda hanya perlu membayar biaya 5 ribu rupiah saja.

Baca juga :  15 Tempat Wisata Di Semarang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

6. Waduk Cababan

Waduk Cababan

gablinkfamily.blogspot.com

Tempat wisata di Tegal yang juga rekomended adalah Waduk Cababan. Waduk buatan ini merupakan peninggalan bangsa Belanda yang dulu digunakan untuk irigasi. Lalu, waduk ini dikembangkan menjadi tempat wisata oleh Ir Soekarno pada tahun 1952. Anda bisa datang menikmati pemandangan hijau dengan latar belakang Gunung Semar.
Bisa pula mencoba mengelilingi waduk dengan cara menyewa perahu yang ada di sekitar waduk. Selain itu, tempat ini merupakan wisata keluarga yang lengkap sebab memiliki bumi perkemahan, taman bermain, warung apung dan fasilitas lain. Tiket masuk tempat wisata di Tegal ini juga sangat terjangkau hanya 3 ribu rupiah saja.

7. Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah Tegal

jateng.tribunnews.com

Membicarakan liburan tidak akan terasa lengkap kalau tidak datang ke pantai. Ya, pantai masih menjadi salah satu tempat wisata yang menarik hati para pengunjung. Anda bisa mengajak keluarga mengunjungi tempat wisata di Tegal yang menawarkan suasana pantai menawan di Pantai Alam Indah Tegal.
Anda bisa mengajak si kecil bermain pasir dan berenang di bibir pantai. Konon, Golden Sunset yang dimiliki pantai pesisir utara ini tak kalah indah dengan pesona sunset di pantai lain lho! Fasilitas wisata di sini juga bervariasi mulai waterboom, wisata bahari, naik kapal, memancing di PAI dan lain-lain. Jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner di sekitar pantai yang banyak menawarkan makanan khas laut.

8. Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang
Anda pasti mengenal dalang terkenal Ki Kenthus yang telah berpulang beberapa waktu lalu. Salah satu kontribusi besar beliau dalam dunia seni adalah mendirikan Konsorsium Rumah Wayang yang memiliki banyak koleksi wayang. Anda bisa mengajak si kecil belajar budaya sejak dini dengan berkunjung ke tempat wisata ini.
Selain bisa belajar mengenal wayang, Anda juga bisa melihat proses pembuatan wayang mulai pembuatan pola, memotong kulit, mengukir kulit menjadi wayang hingga proses pewarnaan akhir. Kalau bisa berwisata sembari belajar, kenapa tidak?

Baca juga :  Hati Terlena Menatap 10 Destinasi Wisata di Cartagena

9. Wisata Kesehatan Jamu

Wisata Kesehatan Jamu

travel.detik.com

Seiring perkembangan jaman, orang Milenial mulai meninggalkan warisan budaya jamu. Padahal, Indonesia memiliki ragam tanaman bermanfaat yang bisa diolah menjadi jamu yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Jika Anda ingin mengenal lebih jauh tanaman jamu, bisa mengikuti tur di WKJ.
Toh, WKJ akan memberikan ilmu pengetahuan seputar jenis tanaman yang bisa dijadikan jamu. Siapa tahu Anda bakal membuat jamu tradisional yang bermanfaat di rumah sendiri nanti. Datang saja ke pusat WKJ yang ada di kawasan Kalibakung, Tegal.

10. Situs Manusia Purba Semedo

Situs Manusia Purba Semedo

wisatahore.com

Situs Semedo dibuka untuk umum setiap hari yang bisa dijadikan destinasi wisata edukasi. Bagi Anda yang ingin mengenalkan sejarah manusia dan hewan purba pada anak, boleh datang ke tempat wisata di Tegal yang rekomended ini. Anda bisa melihat fosil manusia purba, badak, gajah, sapi dan hewan purba lain di sini.
Selain bisa belajar mengenai sejarah purba, Anda juga akan dimanjakan pemandangan alam hijau di sekitar lokasi situs. Pasalnya, lokasi wisata edukasi yang terletak di Semedo, Kedung Banteng, Tegal masih tergolong alami. Yuk, datang langsung ke situs purba Semedo yang siap mendunia!
10 tempat wisata di Tegal tersebut bisa menjadi pilihan destinasi tujuan bagi Anda yang hendak berlibur bersama keluarga. Manfaatkan waktu libur Anda dengan berwisata dan belajar budaya di Tegal. Jangan lupa pula untuk mencicipi makanan khas Tegal yang paling disukai yakni tahu aci. Kudapan lain yang tak kalah enak khas Tegal adalah keripik tahu, latopia, kerupuk antor dan lain-lain. Asyik, ya!



Leave a Reply