18 Tempat Camping di Jogja untuk Liburan Akhir Pekan


Fida  July 15, 2023  0 Comment

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kawasan di Indonesia yang menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Saat berkunjung ke Yogyakarta, kamu dapat mencoba berbagai aktivitas menarik seperti berenang, rafting, hingga berkemah. Terdapat beberapa pilihan tempat camping di Jogja yang menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Suasana sejuk dan asri yang ditawarkan juga menjadikan beberapa tempat camping di Jogja berikut ini sayang untuk kamu lewatkan. 

18 Tempat Camping di Jogja :

1. Waduk Sermo, Kulon Progo

waduk sermo
alonesia.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan wisata Waduk Sermo. Waduk Sermo menyajikan keindahan alam berupa perairan yang luas dan dikelilingi oleh perbukitan. Selain itu, tempat ini juga populer karena pemandangan sunrisenya yang menawan. Di sekeliling waduk, kamu juga akan menjumpai area camping ground yang luas. Oleh karena itu, tidak heran jika Waduk Sermo juga kerap dituju wisatawan sebagai salah satu tempat camping di Jogja. 

Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk bermalam di sekitar waduk dengan membangun tenda. Bermalam di alam terbuka tentu menjadi hal menarik dan mengesankan yang bisa kamu coba. 

Alamat : Hargowilis, Kakap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Tanjung Kesirat, Gunung Kidul

tanjung kesirat
kemana-lagi.com

Pantai menjadi salah satu tempat wisata alam yang digemari oleh banyak kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ada banyak pilihan wisata pantai yang dapat kamu kunjungi di daerah Gunung Kidul, salah satunya adalah Pantai Kesirat. Karena merupakan kawasan semenanjung, tidak jarang kawasan ini juga disebut Tanjung Kesirat. Selain menyusuhkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, Tanjung Kesirat juga menjadi pilihan tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari tempat camping di Jogja. 

Indahnya pemandangan sunrise dan sunset dapat kamu nikmati langsung saat berkemah di kawasan Tanjung Kesirat. Indahnya langit yang berpadu dengan perairan luas juga tentu sangat memanjakan mata. Bagi kamu yang ingin mencoba berkemah dengan suguhan pemandangan lautan indah, Tanjung Kesirat menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu tuju.

Alamat : Karang Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

3. Bukit Klangon, Sleman

bukit klangon
travel.kompas.com

Selain waduk dan pantai, kamu juga dapat mencoba sensasi camping di kawasan perbukitan. Bukit Klangon menjadi tujuan terbaik bagi kamu yang sedang mencari referensi tempat camping di Jogja. Di bukit ini, kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan Gunung Merapi. Bukit Klangon juga sekaligus menjadi kawasan gardu pandang Gunung Merapi sehingga pemandangan yang ditawarkan sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Saat tiba di bukit ini, pengunjung akan disambut dengan suasana yang sejuk dan segar. Pemandangan yang masih sangat alami dan suara burung berkicau yang sesekali terdengar juga turut memanjakan pengunjung. Bukit Klangon menjadi tujuan terbaik bagi kamu yang ingin sejenak menenangkan diri dari ramainya perkotaan. 

Baca juga :  20 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek Asri Dan Sejuk

Alamat : Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

4. Bukit Lintang Sewu, Bantul

bukit lintang sewu
orami.com

Sedang mencari tempat camping di Jogja dengan suguhan suasana romantis? Bukit Lintang Sewu menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu tuju. Bukit yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan suasana yang masih sangat asri dan alami. Dari bukit ini, kamu dapat menikmati indahnya Jogja dari ketinggian. 

Berkemah dan membangun tenda bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Selain menyuguhkan pemandangan indah di pagi hingga sore hari, kawasan ini juga dikenal menawarkan suasana romantis saat malam hari tiba. Tidak sedikit pengunjung yang memutuskan untuk bermalam dengan membangun tenda di kawasan Bukit Lintang Sewu. Dengan begitu, liburanmu akan semakin mengesankan. 

Alamat : Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

5. Pantai Goa Cemara, Bantul

pantai goa cemara
tempatwisataseru.com

Ingin berkemah di alam terbuka dengan suguhan pemandangan pantai? Pantai Goa Cemara menjadi pilihan tepat yang bisa kamu datangi. Pantai yang satu ini memiliki area camping ground yang luas sehingga tidak heran jika kerap dikunjungi sebagai salah satu tempat camping di Jogja.

Perairan yang jernih serta hamparan pasir berwarna hitam menjadi ciri khas dari kawasan Pantai Goa Cemara. Jika ingin camping di pantai ini, pastikan kamu membawa peralatan berkemah dari rumah, ya!

 Alamat : Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

6. Puncak Becici, Bantul

puncak becici
reddoors.com

Jogja dikenal menawarkan beberapa wisata dengan suguhan indahnya hutan pinus, salah satunya adalah Puncak Becici. Puncak yang satu ini juga populer karena menawarkan suasana sejuk dan romantis. Pengunjung dapat melihat langsung indahnya pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta panorama pantai selatan. Tidak hanya banyak dikunjungi sebagai tempat wisata, pengunjung juga dapat berlama-lama dengan camping atau mendirikan tenda di Puncak Becici. 

Terdapat banyak aktivitas seru yang dapat kamu coba saat mengunjungi puncak ini, diantaranya berfoto, bermain hammock dan menaiki ayunan hingga gardu pandang. Puncak Becici menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. 

Alamat : Gunungcilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

7. Pantai Watu Kodok, Gunung Kidul

puncak watu kodok
yawisata.com

Pernah mendengar sebutan Pantai Watu Kodok? Pantai Watu Kodok merupakan salah satu tujuan tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari tempat camping di Jogja. Tempat yang satu ini menyuguhkan pemandangan indah dengan suasana sejuk dan masih sangat alami. 

Jika ingin berlama-lama menikmati pemandangan pantai, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berkemah dan membangun tenda. Kamu dapat membawa peralatan dan perbekalan dari rumah. Suasana pagi hingga malam hari di Pantai Watu Kodok tentu akan membuatmu terpukau. 

Alamat : Kelor Kidul, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

8. Nawang Jagad, Sleman

nawang jagad
travel.kompas.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat mencari tempat camping di Jogja, kamu dapat datang ke Nawang Jagad. Tempat yang satu ini merupakan bumi perkemahan dengan suasana yang sejuk dan masih sangat alami. Selain areanya yang luas, Nawang Jagad juga menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. 

Pengunjung dapat menghirup udara segar saat datang ke bumi perkemahan yang satu ini. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran atau sejenak melepas penat, camping di Nawang Jagad tentu menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu coba. 

Baca juga :  10 Air Terjun di Inggris Siap Membawamu Berpetualang

Alamat : Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

9. Selopamioro Adventure Park, Bantul

selopalmioro adventure park
pantainyajogja.com

Ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mencoba berbagai aktivitas seru? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke Selopamioro Adventure Park. Wisata yang satu ini menyuguhkan area yang luas dengan banyaknya wahana serta permainan. Adanya area perkemahan juga menjadikan Selopamioro Adventure Park sebagai salah satu tempat camping di Jogja yang menarik untuk kamu datangi.

Bagi kamu yang ingin berlama-lama dengan bermalam di kawasan Selopamioro Adventure Park, pastikan untuk membawa tenda serta peralatan berkemah dari rumah. Sembari berkemah, kamu juga dapat mencoba beberapa kegiatan seru lainnya seperti rafting hingga mendaki bukit. Asik sekali bukan?

Alamat : Dusun Jetis, Selopamioro, Imogori, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

10. Watu Mabur Camp, Bantul 

watu mabur camp
travel.kompas.com

Masih di daerah Bantul, kamu juga dapat mengunjungi salah satu tempat camping di Jogja yakni Watu Mabur Camp. Tempat camping yang satu ini menyediakan area yang luas dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Pengunjung dapat berkemah dengan suguhan pemandangan indah yakni sungai, lembah, dan pegunungan. Beberapa fasilitas yang ditawarkan diantaranya toilet, tempat makan, hingga mushola.

Suasana sejuk dan segar yang ditawarkan tentu menjadikan Watu Mabur Camp sebagai tujuan terbaik untuk menghabiskan waktu berlibur. Harga tiket masuknya yang terjangkau juga menjadikan tempat ini sayang untuk kamu lewatkan. Bagi kamu yang tidak ingin repot, Watu Mabur Camp juga menyediakan tempat persewaan tenda dan alat camping lainnya. Praktis sekali bukan? 

Alamat : Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

11.  Teras Merapi, Sleman

teras merapi
yanacircle.com

Teras Merapi merupakan bagian dari kawasan pedesaan di Gunung Merapi. Di tempat ini, kamu dapat menjumpai adanya jalur pendakian hingga bumi perkemahan. Tidak jarang Teras Merapi dipilih sebagai tujuan terbaik bagi wisatawan yang sedang mencari tempat camping di Jogja. 

Jika ingin menikmati sensasi camping atau berkemah, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 15.000,-. Tidak hanya berkemah, aku juga dapat mencoba berbagai kegiatan seru lainnya seperti menaiki ATV hingga berenang. Jika bingung menentukan tujuan berlibur bersama teman maupun keluarga, Teras Merapi menjadi pilihan tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Alamat : Kali Tengah Kidul, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

12. Gunung Api Purba, Gunung Kidul

gunung api purba
jadesta.kemenparekraf.go.id

Bagi kamu yang hobi mendaki sekaligus berkemah, Gunung Api Purba menjadi tujuan tepat yang tidak boleh kamu lewatkan. Di gunung ini, pengunjung akan menjumpai tempat camping di Yogyakarta dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Dengan ketinggian mencapai 700 meter diatas permukaan laut, gunung ini tentu sangat ramah bagi pendaki pemula.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena Gunung Api Purba merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Telah diprediksi bahwa gunung ini berusia 60 hingga 70 juta tahun.

Alamat : Ngalnggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

13. Bukit Ngisis, Kulon Progo

bukit ngisis
travel.kompas.com

Ada banyak pilihan tempat camping di Jogja yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Bukit Ngisis. Bukit yang satu ini terletak di kawasan Kulon Progo dan dikenal dengan suguhan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Selain camping, kamu juga dapat mencoba sensasi glamping disini. 

Sembari berkemah, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa kebun teh yang luas hingga perbukitan. Kamu juga dapat berfoto dengan banyaknya spot menarik yang ditawarkan. Fasilitas yang lengkap juga akan memanjakanmu selama berkemah di Bukit Ngisis. 

Baca juga :  10 Wisata Berkuda Terbaik di Indonesia Cocok Untuk Keluarga

Alamat : Nglinggo Barat, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

14. Bumi Perkemahan Ambarbinangun, Bantul

bumi perkemahan ambarbinangun
andarabus.com

Jika berencana mengadakan acara camping bersama rombongan, Bumi Perkemahan Ambarbinangun menjadi salah satu tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Bumi perkemahan yang satu ini menyediakan area yang luas dan mampu menampung banyak tenda. Lokasinya yang strategis dan mudah didatangi juga menjadikan bumi perkemahan yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. 

Di Bumi Perkemahan Ambarbinangun, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti outbound. Bagi kamu yang tidak ingin repot, bumi perkemahan yang satu ini juga menyediakan paket camping. Fasilitasnya yang lengkap juga menjadikan pengunjung betah berlama lama di Bumi Perkemahan Ambarbinangun. 

Alamat : Jalan Ambarbinangun No. 5C, Kalipakis, Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

15. Lembah Bendo Camping Ground

lembah bendo camping ground
apabuka.com

Rekomendasi tempat camping di Jogja berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu datangi adalah Lembah Bendo Camping Ground. Tempat camping yang satu ini menawarkan area yang luas dan dikelilingi oleh pepohonan. Kamu dapat berkemah dengan suguhan pemandangan indah serta suasana sejuk. 

Saat sore hari tiba, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan matahari terbenam. Kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas outbound yang seru dan menyenangkan. Saat malam hari, tidak sedikit pengunjung yang meyalakan api unggun dan menikmati serunya bbq-an bersama. Asik sekali bukan? 

Alamat : Jalan Bendosari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

16. Puncak Kosakora, Gunung Kidul

puncak kosakora
alodiatour.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan wisata Puncak Kosakora. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini merupakan kawasan puncak dengan ketinggian mencapai 50 meter diatas permukaan laut. Puncak ini juga kerap dipilih sebagai tujuan bagi wisatawan yang sedang mencari tempat camping di Jogja. 

Dari Puncak Kosakora, pengunjung dapat melihat langsung indahnya pemandangan pantai yang memukau. Panorama yang dapat dinikmati dari ketinggian tentu menjadi daya tarik tersendiri. Deretan pantai yang dapat kamu lihat dari Puncak Kosakora diantaranya Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, dan juga Pantai Kukup. 

Jika sudah memiliki peralatan camping, maka kamu dapat membawanya dari rumah. Namun jika tidak, kamu tidak perlu khawatir karena puncak ini menyediakan persewaan alat berkemah. Kamu dapat menyewa tenda dengan harga mulai dari Rp 60.000,- saja. Fasilitasnya yang lengkap juga akan membuatmu nyaman saat berlibur ke Puncak Kosakora.  

17. Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo

desa wisata tinalah
dinpar.kulonprogokab.go.id

Bagi kamu yang masih asing dengan sebutan Desa Wisata Tinalah, kawasan ini merupakan desa wisata yang berdekatan dengan Pegunungan Menoreh dan Sungai Tinalah. Tersedia area camping ground yang luas dan dapat kamu pilih sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Indahnya panorama alam yang ditawarkan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kamu dapat menikmati jernihnya aliran Sungai Tinalah serta pepohonan hijau di sekelilingnya. Selain cocok dikunjungi bersama teman, Desa Wisata Tinalah juga menjadi tempat terbaik untuk berlibur bersama keluarga. 

Alamat : Jalan Persandian, Sendang Sari, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. 

18. Sinolewah Camping Ground, Sleman

sinolewah camping ground
ningjogja.com

Satu lagi rekomendasi tempat camping di Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Sinolewah Camping Ground. Lokasinya yang berada tepat di kaki Gunung Semeru menjadikan tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri. Selain berkemah, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas menarik seperti outbound. 

Saat berencana datang ke Jogja, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk mampir ke Sinolewah Camping Ground. Aktivitas camping tentu menjadikan liburanmu semakin berkesan.

Alamat : Tangkisan, Umbulharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

source : https://www.youtube.com/@wisatadunia

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat camping di Jogja dari GoTravelly. Dari daftar di atas, tempat camping manakah yang tampak paling indah dan menarik untuk kamu datangi?



Leave a Reply