10 Tempat Wisata di Sumatera Barat Rekomended Buat Pecinta Alam


Reni  September 12, 2018  0 Comment

Beberapa tahun terakhir ini, Sumatera Barat memang sudah menjadi tempat wisata yang sering sekali dikunjungi para wisatawan, baik itu wisatawan lokal, atau bahkan wisatawan mancanegara, dan bahkan banyak dari mereka yang rela untuk berkunjung hanya untuk melihat keindahan alam tempat wisata di Sumatera Barat. Pulau Sumatera memang masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang asri dan alami yang sangat pantas untuk dijelajahi, sehingga selain tempat wisata yang sudah dikenal, banyak juga tempat wisata tersembunyi yang masih belum banyak pengunjung dan belum dikenal. Hal ini lah yang menjadikan pulau Sumatera menjadi tempat yang memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri.Lalu dimana saja tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi? berikut daftar nya.

1. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan

idtempatwisata.com

Kota Padang memang merupakan tempat yang sering kali terpikirkan oleh para wisatawan jika mendengar Sumatera Barat. Namun, selain kota Padang, ada satu pulau yang wajib anda kunjungi para pecinta alam jika berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu Pulau Pasumpahan.

Indonesia memang sudah dikenal dengan banyaknya pulau – pulau indah, sehingga bisa dibilang, Indonesia memiliki keunggulan lebih di sektor pariwisata, dan salah satu contoh nyata nya adalah Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan beberapa tahun terakhir ini sudah sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan karena spot diving nya yang indah. Bukan hanya itu saja, pulau pasumpahan juga menawarkan keindahan alam yang sangat memukau. Pantai pasir putih, samudera terbuka, dan lautan jernih yang biru membuat tempat ini sangat wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

Baca juga :  Yuk! Explore Keindahan 10 Pulau di Sumatera Barat

Paket wisata murah

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

2. Pemandian Tirta Alami

Pemandian Tirta Alami

fhiaft.blogspot.com

Terletak di tengah pegunungan lalu dikelilingi dengan berbagai pepohonan yang rimbun dan indah, Pemandian Tirta Alami merupakan salah satu objek wisata alami yang terdapat di Sumatera Barat. Tempat ini merupakan spot yang sangat cocok digunakan para pengunjung yang sedang stress dan ingin menenangkan diri.

Air yang muncul dari pemandian ini tentu saja alami dan berasal dari dalam bumi yang mengalir kolam Pemandian Tirta Alami. Anda juga tidak perlu khawatir akan adanya kandungan kimia yang terdapat di air pemandian ini.

3. Lembah Anai

Lembah Anai

.dronestagr.am

Sumatera Barat juga memiliki objek wisata terkenal yang sekaligus menjadi ikon kota tersebut, yaitu Lembah Anai. Lembah Anai merupakan tempat yang sangat indah dan cantik, sehingga sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk datang kesini.

Air terjun yang terdapat di Lembah Anai disinyalir berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju patahan Anai. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang senang berfoto, karena selain adanya air terjun, disini juga terdapat kereta api peninggalan jaman Belanda dan batuan – batuan besar.

4. Lembah Harau

Lembah Harau

jurnaland.com

Selain Lembah Anai, terdapat juga tempat menawan yang harus anda kunjungi di Sumatera Barat, yaitu Lembah Arau. Lembah Arau merupakan lembah tinggi dan curam yang cukup berbahaya, namun memiliki pemandangan indah yang tak kalah dengan Lembah Anai. Lembah Harau juga sering digunakan spot lokasi panjat tebing.

Para pengunjung akan mendapati banyak sekali air terjun indah yang sangat cantik dan indah. Disana pun para pengunjung bisa menikmati pemandangan dan bermain – main di lintasan sungai air terjun Lembah Harau.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Solok, Sumatera Barat Cakepnya Bikin Kangen Berat

5. Puncak Lawang

Puncak Lawang

raunsumatra.com

Di Sumatera Barat, terdapat sebuah pegunungan tinggi yang puncaknya bahkan sudah dikenal oleh dunia dan wisatawan mancanegara, puncak tersebut dinamakan Puncak Lawang yang letaknya sekitar 20 kilo meter dari kota Bukit Tinggi. Disini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bukit Tinggi dari Puncak Lawang, anda bisa melihat hutan yang mengelilingi kota Bukit Tinggi dan Danau Maninjau dari ketinggian

6. Istana Pagaruyuang

Istana Pagaruyuang

youtube.com

Istana Pagaruyuang merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Istana ini juga sudah sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan karena memang, disini anda bisa belajar dan melihat berbagai peninggalan dari Kerajaan Sumatera Barat, hal inilah yang menjadikan Istana Pagaruyuang merupakan salah satu objek wisata unggulan di Sumatera Barat.

7. Jam Gadang

Jam Gadang

satu-indonesia.com

Meskipun Jam Gadang bukan objek wisata alam, namun tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Sumatera Barat namun tidak mengunjungi Jam Gadang. Jam Gadang merupakan objek wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi dan memang tempat ini sudah sangat sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Terletak di Bukit Tinggi, lebih tepatnya di tengah Alun – alun Bukit Tinggi. Jam Gadang ini sudah menjadi ikon dan lambang Kota Padang, jadi usahakan anda mengunjungi objek wisata ini dan naik ke tingkat atas Jam Gadang untuk bisa menikmati keindahan kota.

8. Air Nyarai

Air Nyarai

www.oketrans.com

Banyaknya hutan yang terdapat di Sumatera Barat tentu saja membuat banyak sekali pemandian alami yang tercipta, dan salah satu pemandian alamnya yaitu Air Nyarai. Terletak di jantung Hutan Gamaran, Air Nyarai harus ditempuh oleh para pengunjung dengan cara berjalan kaki menuju ke dalam hutan. Di sepanjang perjalanan pun anda akan menemui banyak sekali lubuak atau kolam alami, seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

Baca juga :  9 Taman Nasional di Sulawesi Dengan Keaneragaman Hayati

9. Pantai Pemutusan

Pantai Pemutusan

reservasiku.Com

Pantai Pemutusan merupakan salah satu objek wisata yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Pantai ini merupakan satu – satunya jalan menuju beberapa pulau kecil yang terdapat di pesisir Sumatera Barat. Memang tempat ini memiliki pantai dengan pasir putih yang sangat indah, namun objek wisata yang sebenarnya bukanlah pantai tersebut, namun keindahan bawah laut pantai pemutusan lah yang membuat tempat ini sering dijadikan objek foto untuk mempromosikan Sumatera Barat.

Tempat ini bisa dibilang merupakan surga nya para wisatawan dan penyelam, karena disini anda bisa melihat dan menikmati bentangan besar terumbu karang. Di sekitar Pantai Pemutusan pun terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi menggunakan perahu dengan keindahan bawah lautnya sangat indah. Terdapat juga hotel dan resort di sekitaran Pantai Pemutusan yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat. Kemajuan di bidang pariwisata dan keindahan alam inilah yang membuat Pantai Pemutusan sangat dikenal di mancanegara.

10. Pantai Pagang

Pantai Pagang

KSMTour.com

Jika anda travelling karena menginginkan ketenangan dan mendamaikan diri, maka Pantai Pagang lah yang harus anda kunjungi. Berbeda dengan Pantai Pamutusan yang dikenal para wisatawan sebagai tempat bermain dan bersenang – senang, Pantai Pagang sangat cocok dikunjungi para wisatawan yang ingin beristirahat dan terbebas dari kepenatan perkotaan. Keindahan pantai ini pun tak kalah dengan pantai – pantai lainnya. Bahkan disini juga anda akan mendapati beberapa resort sederhana yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat.

Itulah sepuluh 10 tempat wisata di Sumatera Barat paling rekomended buat yang pecinta alam. Keindahan alam yang dimiliki oleh Sumatera Barat memang sangat wajib untuk dijelajahi bagi kalian para backpacker atau pecinta alam, sehingga jangan pernah melewatkan 10 tempat wisata di Sumatera Barat diatas. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply