15 Tempat Wisata di Portugal Paling Terkenal


Reni  February 21, 2019  0 Comment


Sebagian besar masyarakat mengenal Portugal karena prestasi sepak bolanya. Namun tahukah Anda bahwa Portugal juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik, lho. Mulai dari bangunan berarsitektur megah yang kaya sejarah, jalanan kota yang elegan hingga pemandangan pantai yang menakjubkan. Nah, berikut 15 tempat wisata menarik di Portugal yang wajib untuk anda kunjungi.


1. Lisbon

Lisbon
photo via handluggageonly.co.uk


Lisbon merupakan ibukota Portugal. Kota ini termasuk salah satu kota tertua di kawasan Eropa Barat, lho. Banyak tempat menarik di Lisbon dengan budget terjangkau yang dapat anda kunjungi. Kota ini memiliki banyak lorong kecil dan jalan berbatu untuk anda telusuri. Anda juga akan menemukan berbagai toko dengan arsitektur kuno. Atraksi utama di kota ini adalah Tram 28, yaitu sebuah trem kuno yang digunakan sebagai alat transportasi wisata yang mengelilingi kawasan bersejarah di Lisbon.

Gotravelly

Fushimi Inari: Kuil Cantik Dengan Ribuan Gerbang Unik

Sumiyoshi Taisha Osaka: Kuil Cantik Dengan Arsitektur Unik


2. Madeira

Madeira
photo via gardatravelclub.com


Madeira merupakan destinasi yang populer untuk hiking. Kota kelahiran bintang sepak bola terkenal, Cristiano Ronaldo, ini dikenal juga dengan sebutan Floating Garden of the Atlantic karena pulau ini memiliki pemandangan pegunungan hijau yang kaya akan flora dan fauna bersanding dengan indahnya pemandangan pantai di sampingnya. Beberapa landmark yang dapat kunjungi di pulau ini adalah rumah Christopher Columbus, Museu CR7, Museum Anggur Madeira, dan beberapa taman bunga.


3. Sintra

Sintra
photo via globeguide.ca


Terletak di kaki Pegunungan Sintra dan Pantai Lisbon, Sintra menjadi salah satu destinasi romantis di Portugal. Suasana perbukitanan nan hijau, istana dan kastil berarsitektur kuno khas abad pertengahan serta vila-vila indah di sekitarnya dijamin akan membuat anda merasa berada di negeri dongeng. Palacio National da Pena merupakan istana yang dikelilingi oleh pepohonan dan bunga-bunga eksotis. Bangunan istana dan kastil di kota ini masih berdiri kokoh dan interior di dalamnya pun terawat dengan baik. Jangan sampai anda melewatkan keindahan di Sintra, ya.


4. c

Sintra
photo via getyourguide.com


Porto merupakan kota di sebelah utara Portugal, tempat perahu-perahu nelayan berlabuh. Anda akan mendapati bangunan berwarna-warni dengan arsitektur yang indah terbentang di sepanjang bukit dan menghadap ke Sungai Douro. Di jantung kota yang kaya akan budaya ini terdapat zona pejalan kaki yang menawan lengkap dengan kafe, restoran, live music, dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai souvenir. Ponte Dom Luis merupakan atraksi utama di kota ini, yaitu jembatan lengkung berlantai dua dari logam yang menghubungkan Porto dan Vila Nova de Gaia, salah satu gudang anggur di Portugal.


5. Azores

Azores
photo via explore.co.uk


Kepulauan Azores terdiri dari sembilan pulau vulkanik di Samudra Atlantik yang terbentuk akibat dari letusan gunung beberapa ratus tahun lalu. Di pulau ini anda bisa mengamati paus, menikmati mata air panas yang kaya akan kandungan mineral, snorkeling, dan berjemur santai. Salah satu pulau di Azores memiliki danau yang terhubung ke pantai melalui celah Banquet. Anda bisa menyewa perahu untuk menikmati indahnya laguna tersebut.


6. Algarve

Algarve
photo via findingbeyond.com


Iklim Mediterania yang cerah dan hangat disertai dengan pantai-pantai indah berpasir putih nan lembut membuat Algarve menjadi salah satu dari 15 tempat wisata menarik di Portugal yang wajib untuk anda kunjungi. Selain itu, berbagai penginapan bagus dan hidangan tradisional khas kota ini pun bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Algarve menyuguhkan pemandangan hijau perkebunan, pemukiman bercat putih, hingga tebing-tebing yang menjulang tinggi dihiasi dengan beberapa resor musim panas yang indah. Anda tidak akan merasa kecewa mengunjungi tempat ini.


7. Évora

Évora
photo via Lonely Planet


Évora merupakan landmark penting peradaban Romawi sejak 2.000 tahun lalu. Kota tua ini masih terpelihara dengan baik dan memiliki lebih ari 4.000 bangunan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik. Roman Temple of Évora, sebuah kuil Romawi kuno menjadi sorotan utama di kota ini. Évora juga memiliki Katedral abad ke-13 yang menjadi salah satu bangunan Gothic paling penting di Portugal. Selain itu terdapat juga Capela dos Ossos (Chapel of Bones) yang menampung sekitar 5.000 kerangka manusia di dalamnya.


8. Braga

Braga
photo via getyourguide.com


Braga merupakan kota terbesar keempat di Portugal. Suasana di kota ini merupakan kombinasi dari kota tua dan kehidupan modern. Kota ini dipenuhi dengan berbagai kafe, toko, bar dan restoran. Disamping kehidupan yang semarak dan modern, Braga merupakan kota yang kental dengan agamanya, dimana kota ini merupakan pusat keuskupan tertua di Portugal. Lokasinya yang terletak di sebuah bukit membuat pengunjung dapat menaiki tangga setinggi 116 meter dan menikmati pemandangan indak dari puncaknya.


9. Aveiro

Aveiro
photo via anetours.pt


Kota ini sering disebut juga dengan “Venice of Portugal” karena memiliki banyak jalur kanal dengan pemandangan indah yang dihubungkan oleh jembatan yang menawan. Anda bisa melakukan tur menaiki gondola berwarna-warni ataupun menaiki kapal cepat keliling kota indah ini. Selain itu, berbagai situs bersejarah, pantai yang indah, dan masakan khas nan lezat pun dapat anda nikmati. Aveiro menyuguhkan arsitektur dan karya seni yang menakjubkan.


10. Vicentin Beach

Vicentin Beach
photo via x-ride.pt


Pantai Vicetin sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada musim panas. Bagaimana tidak, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Indahnya laut biru kehijauan berpadu dengan pantai pasir putih. Selain itu, tebing-tebing batu yang terkikis ombak juga menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan. Anda juga bisa menikmati penginapan yang menghadap langsung ke pantai.


11. Marvao

Marvao
photo via Wikipedia


Marvao merupakan sebuah desa yang terletak di atas bukit dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Bangunan di desa ini memiliki arsitektur khas abad pertengahan. Terdapat juga kastil pada abad ke-13 yang masih berdiri kokoh. Dengan berada di atasnya, anda dapat melihat luasnya Portugal dari ketinggian.


12. Óbidos

Óbidos
photo via wikipedia


Terletak di puncak bukit sebelah barat Portugal, kota Óbidos dikelilingi oleh tembok tua berupa benteng. Anda akan menjumpai kastil abad pertengahan yang megah dan beberapa situs bersejarah lainnya. Terdapat beberapa jalan sempit berbentuk labirin yang mengarah pada alun-alun kota. Pemukiman bercat putih yang dihiasi bunga warna-warni, beberapa kafe dan toko kuno yang menjual souvenir menjadi spot menarik untuk berfoto ria.


13. Serra da Estrela

Serra da Estrela
photo via getyourguide.com


Tidak hanya pantai yang indah, Portugal juga memiliki pegunungan tertinggi, yaitu Serra da Estrela. Walaupun tempat ini agak sulit untuk dicapai, namun usaha menuju ke tempat ini akan terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Terdapat sebuah danau indah dengan air yang segar. Pada musim dingin, Serra da Estrela menjadi destinasi bermain ski.


14. Coimbra

Coimbra
photo cia flixbus.co.uk


Coimbra merupakan rumah bagi peninggalan peradaban Romawi kuno. Tidak hanya memiliki banyak situs sejarah namun juga beberapa taman indah. Beberapa destinasi menarik di sini adalah Universitas Coimbra, Katedral Tua hingga Biara berarsitektur Gothic, Santa Clara-a-Velha.


15. Guimaraes

Guimaraes
photo via traveller.com.au


Berwisata ke Portugal tidak akan lengkap apabila Anda tidak berkunjung ke Guimarães. Kota ini merupakan ibukota pertama Portugal, dimana pada abad ke-12 rata pertama Portugal, Afonso I, memerintah. Oleh karena itu, Guimarães sering disebut dengan kota kelahiran Portugal. Atraksi utama di tempat ini adalah kastil tua yang pernah menjadi tempat tinggal raja dan tokoh sejarah lainnya. Jaraknya hanya 50 kilometer dari Porto dan dapat dicapai menggunakan mobil atau bus.



Leave a Reply