229 views | 0 Likes

Sumiyoshi Taisha Osaka: Kuil Cantik dengan Arsitektur Unik

4 star (from 1 people)
Osaka, Kansai, Japan
Category: Historical Places

Posted on 18 November 2019, 16:00:00
sugengcool
Traveler

Tak hanya ada Osaka Castle, Sumiyoshi Taisha juga menjadi destinasi wisata sejarah yang patut kalian jelajahi keindahannya. Tak hanya indah, Kuil ini juga penuh sejarah menarik lho..

How to Get There

Setelah menikmati keindahan Osaka Castle, aku dan teman-teman melanjutkan perjalanan di Kota Osaka ini. Destinasi selanjutnya yang kami tuju adalah sebuah wisata religi yang juga bersejarah, yaitu Sumiyoshi Taisha.

Sumiyoshi Taisha ini lokasinya di 1-Chome-9-89 Sumiyoshi, Sumiyoshi Ward, Osaka. Akses menuju kesini kalian bisa menggunakan bus ataupun kereta. Karena aku masih memiliki kartu JR Pass, aku dan teman-teman memilih untuk naik kereta kesana. Stasiun terdekat adalah di Jalur utama Nankai, selain itu jakian juga bisa kesini dengan jalur trem dari Tennoji dan turun di stasiun Sumiyoshitoriimae atau Sumiyoshikoen.

Kalo kalian pengen naik bus, kalian bisa turun di halte bus terdekatnya adalah Sumiyoshikoen dari Osaka Municipal Bus.

What to Do

Sumiyoshi Taisha sering juga dikenal sebagai Sumiyoshi Grand Shrine ini merupakan salah satu kuil tertua di Osaka. Kuil ini konon didirikan pada abad ke-3 sebelum diperkenalkannya ajaran Buddha di Jepang. Kuil ini juga memiliki gaya arsitektur yan unik dan menarik yang disebut Sumiyoshi-zukuri dan merupakan salah satu dari tiga Mayor Sumiyoshi di Jepang.

sumiyoshi taisha osaka

Sumiyoshi-zukuri memiliki ciri berupa atap lurus yang dihiasi oleh dua set finials bercabang dan lima billet horizontal. Bangunan dengan gaya Sumiyoshi-zukuri ini juga masuk melalui gable dan dikelilingi oleh pagar.

sumiyoshi taisha osaka

Sumiyoshi Taisha menjadi salah satu tempat suci yang banyak dikunjungi di Osaka, pasalnya kuil ini ditunjuk sebagai aset kuil Desa Shinto yang melindungi wisatawa, nelayan dan pelaut. Tak hanya itu, Sumiyoshi Taisha juga ditunjuk sebagai aset budaya nasional yang penting dan menyimpan keindahan karena adanya pemandangan cantik serta bunga bersejarah. Salah satu ikon dari Sumiyoshi Taisha ini adalah Sorihashi, yaitu sebuah jembatan melengkung yang terpilih menjadi salah satu tempat terbaik dalam 100 Night Point View di kawasan Kansai.

sumiyoshi taisha osaka
sumiyoshi taisha osaka

Kuil Sumiyoshi ini memiliki empat ruang utama, menariknya tiga ruangan pertama diposisikan dalam garis lurus yang menghadap ke barat, sementara yang keempat berdiri di samping yang ketiga. Struktural bangunan kuil ini beda dengan kuil-kuil lainnya yang ada di Jepang karena tempat-tempat suci yang dibangun selama dan setelah Periode Nara (710-794) kebanyakan menghadap ke selatan.

sumiyoshi taisha osaka

Di Sumiyoshi Taisha ini juga sering diadakan festival lho guys. Misalnya seperti Sumiyoshi Matsuri yang merupakan festival musim panas yang diselenggarakan pada Umi-no-hi atau liburan Hari Kelautan Jepang. Selain itu juga ada Festival Otaue-shinji yang diselenggarakan pada 14 Juni, festival ini merupakan acara penanaman padi untuk berdoa kepada dewa dari sawah. Tak hanya itu kalian juga bisa menikmati tarian gala dan tarian tradisional Jepang. 

sumiyoshi taisha osaka
Festival lain yang diselenggarakan di kuil ini adalah Hattatsumairi yang merupakan praktek yang berkunjung ke kuil pada hari pertama Tatsu-Hari Naga di Jepang. Sejumlah jamaah akan berkumpul dari seluruh Jepang dan berdoa di Tanekashi-san, Nankun-san, Asazawa-san dan Otoshi-san. 

Selain ketiga festival besar yang aku sebutin tadi, Sumiyoshi Taisha masih memiliki banyak festival lainnya lagi. Sebelum berkunjung, baiknya kalian perhatikan lagi jadwal festival yang sedang berlangsung.

Video by Hipfig Travel-Channel

Tips and Trick

Berkunjung ke Sumiyoshi Taisha ini sangat menyenangkan guys, tapi kalian yang ingin berkunjung juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Kuil ini buka mulai jam 06.00 - 17.00 di bulan April hingga September. Sementara kalo kalian dateng di bulan Oktober sampe Maret, kuil ini akan dibuka mulai jam 06.30.
  • Kalo kalian dateng saat Tahun Baru ataupun Festival musim panas, akses kesini sangat dibatasi. Lebih baik gunakan kendaraan umum.
  • Jangan lupa gunakan pakaian sesuai dengan musim.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen.
  • Jaga kebersihan selalu.

Gallery (6)

Comments (0)