11 Tempat Wisata di Pakistan Keindahan di Himalaya Hingga Istana


Reni  February 17, 2019  0 Comment


Pada kali ini kita akan membahas mengenai 11 tempat wisata di Pakistan. Mayoritas penduduk Pakistan adalah muslim, negara ini bentuknya adalah republik. Pakistan berada di Asia Selatan, dengan Iran sebagai perbatasannya di bagian barat, lalu di bagian barat laut dengan Afganistan, lalu di bagian timur laut dengan Tiongkok, dan di bagian utara dengan Tajikistan, kemudian di bagian timur berbatasan dengan India dan di bagian selatan dengan teluk Oman dan laut arab. Ibukota negara Pakistan adalah Islamabad, dengan kota terbesarnya adalah Karachi. Bahasa resmi di Pakistan ini adalah bahasa Inggris dan bahasa Urdu, jadi para wisatawan tak perlu khawatir seperti kalau di Jepang atau di Perancis yang penduduknya tak menyukai pemakaian bahasa Inggris. Adapun mata uang di Pakistan ini adalah rupee Pakistan atau PKR. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang menarik di Pakistan yang sayang jika dilewatkan

Tempat Wisata di Pakistan

1. Danau Shangri La

Shangri La


Pemandangan alam di danau Shangrila ini sangat indah, terdapat resort Shangri La yang sudah sangat terkenal di dunia. Keunikan danau Shangrila ini adalah pada bentuk danaunya yang menyerupai hati, suasananya tenang, airnya jernih berkilauan, disebut juga sebagai Kachura Lake, letaknya di Skardu.

Review tempat wisata

Bukit Pijen Bukit Wairindingnya Pasuruan

Liburan Ala New Normal Di Cimory Dairyland And Resto!


2. Gunung K2 atau Gunung Godwin Austen di Pegunungan Karakoram

Pegunungan Karakoram
photo via cushtravel.com


K2 itu adalah bahasa urdu, inilah gunung tertinggi kedua di dunia setelah gunung Everest di Himalaya, letak gunung ini adalah di wilayah Pakistan dengan Tiongkok, di bagian timur laut Pakistan. Gunung ini disebut juga sebagai gunung Qogir atau juga disebut sebagai gunung Godwin Austen di pegunungan Karakoram.

Baca juga :  Dijuluki Surga di Bumi, Nih 10 Tempat Wisata di Kashmir


3. Pantai Clifton

Clifton
photo via tripadvisor.co.uk


Pantai ini terletak di Karachi, kota terbesar di Pakistan. Terdapat fasilitas berkeliling pantai dengan menggunakan unta di pantai Clifton.


4. Bukit Muree

Muree
photo via Zameen.com


Pemandangan alam khas Pakistan, wilayah tropis dengan empat musimnya, bisa ditemui di bukit Muree ini, cocok untuk menjadi destinasi wisata bagi pasangan untuk berbulan madu. Fasilitas wisata di tempat ini juga lengkap, terdapat kereta gantung juga untuk menikmati keindahan alam pemandangan dari atas bukit ke arah lembah di bawahnya. Bukit Muree ini terletak di propinsi Rawalpindi. Kunjungan yang tepat untuk berwisata ke bukit Muree ini terutama pada saat musim panas ataupun saat musim dingin, terdapat berbagai wahana alam yang bisa dicoba di sana.


5. Lembah Kalash

Kalash
photo via pakifunda.com


Lembah Kalash selain menjadi destinasi wisata alam juga bisa menjadi destinasi wisata budaya. Penduduk Kalash ini ialah suku Kelash yang konon ceritanya berasal dari sejak peradaban Yunani. Di tempat ini seringkali diadakan aneka festival yang menarik bagi para wisatawan.


6. Lembah Kaghan

Kaghan
photo via Manhoos.com 


Lembah Kaghan ini lokasinya di kaki pegunungan Himalaya, pemandangan di lembah ini sangat indah. Profesi sebagian besar penduduk lokal di lembah ini adalah sebagai petani. Terdapat salju di tempat ini. Selain itu ada juga lembah Nelum, lembah Hinza, lembah Swat dan lain sebagainya yang juga tak kalah indahnya.


7. Kota Penuh Sejarah, Lahore

Lahore
photo via locallylahore.com


Sebagai ibukota Punjab, terletak di Pakistan bagian timur yang lokasinya berdekatan dengan negara India, kota Lahore juga adalah kota tua yang penuh histori. Kota Lahore ini dialiri oleh sungai Ravi. Di Lahore ini pernah berdiri banyak kerajaan, ada kerajaan Hindu Shahi, lalu kerajaan Ghaznavid, kemudian kerajaan Ghurid, serta Kesultanan Delhi. Lahore mencapai puncak kejayaan dan kegemilangan di sekitar abad ke 16 hingga abad ke 18 yakni pada masa kekaisaran Mughal. Para wisatawan dapat mengunjungi event tahunan di Lahore ini berupa Festival Sastra Lahore. Guna mencapai Lahore yang telah sejak dulu menjadi kota perdagangan ini wisatawan dapat menggunakan bis dari kota Islamabad, Pakistan atau dari kota Atmisar, India. Beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi di kota ini adalah antara lain masjid Badshahi, museum Lahore, perpustakaan Quaid e Azam, dan lain sebagainya.

Baca juga :  10 Wisata Alam di Pakistan Pesonanya Mendebarkan Jiwa


8. Sheikhupura Fort atau Lahore Fort

Lahore Fort
photo via roadies-pak.com


Tempat wisata di Pakistan ini awalnya sebuah benteng, sempat beberapa kali berpindah tangan, bahkan sempat dikuasai oleh perampok tapi lalu dijadikan hunian bagi para ratu, dan benteng bersejarah yang telah ditetapkan oleh UNESCO menjadi World Heritage Site, bersama Shalimar Garden, ini konon dihantui oleh para ratu yang dahulunya sempat tinggal di tempat tersebut, sering muncul penampakannya di malam hari. Luas puri Lahore ini adalah sekitar 20 hektar.


9. Minar E Pakistan

Minar E Pakistan
photo via Flickr


Jika di India ada Qutub Minar, maka di Pakistan ini ada Minar E Pakistan, yakni monumen yang dibangun sebagai tanda atau kenangan atas berdirinya negara Pakistan pada tahun 1940, atau lebih tepatnya di tanggal 23 Maret 1940. Monumen ini memiliki tinggi sekitar enam puluh dua meter, pondasi di bawahnya berbentuk seperti bintang lalu di atasnya ada semacam bentuk bunga yang tengah mekar lalu di atasnya berdiri menaranya menjulang tinggi sebagai lambang berdirinya negara baru Pakistan. Monumen tersebut mulai dibangun pada tahun 1960, dan kerap ramai dikunjungi pada sore hari bercampur antara penduduk lokal di sekitar yang sedang ingin bersantai menghabiskan waktu santainya di sore hari dengan para wisatawan yang berkunjung ingin melihat monumen kebanggaan Pakistan tersebut.


10. Ziarat

Ziarat
photo via fehmeedakhan.com


Tempat wisata di Pakistan selanjutnya Ziarat adalah tempat liburan kelas atas di Pakistan ini, di sini para pengunjungnya bisa kerap dan berkemungkinan besar menjumpai artis-artis Pakistan maupun para politisi dan pejabat pemerintah Pakistan yang terkenal. Ziarat terletak di propinsi Balochistan.

11. Istana Berhantu Mohatta

Mohatta
photo via croozi.com


Selain wisata alamnya yang indah, Tempat wisata di Pakistan ternyata juga punya destinasi wisata horor berhantu, yakni istana Mohatta, di Chiffton di kota terbesar di Pakistan, yakni di kota Karachi. Konon bangunan megah, karya arsitektur yang indah ini berhantu. Gedung indah dan megah ini pada awalnya dibangun sebagai istana musim panas bagi keluarga Mohatta, yang lalu pindah ke India setelah masa peralihan kekuasaan di tahun 1947. Istana Mohatta sempat menjadi rumah dinas Menteri Luar Negeri dan lalu beberapa kali berpindah tangan dan sekarang menjadi museum. Konon banyak benda-benda yang berpindah tempat sendiri di malam hari.

Baca juga :  15 Obyek Wisata di Myanmar Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan


Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 11 tempat menarik di Pakistan, selain itu juga terdapat berbagai masjid di Pakistan yang bisa dikunjungi antara lain seperti masjid Faisal di Islamabad yang berbentuk seperti tenda, masjid Badshasi di Lahore yang juga pernah dikunjungi oleh presiden pertama di Indonesia yakni Ir. Soekarno, dan sampai sekarang masih ramai kerap dikunjungi oleh para wisatawan, lalu ada masjid Shah Jahan, Tatta yang dibangun di era kerajaan Mughal dan masuk dalam daftar tentative World Heritage UNESCO, kemudian ada masjid Wazir Khan di Lahore dengan keindahan arsitekturnya, terutama pada keramik lantainya, Lalu ada masjid Moti di Lahore juga yang terbuat dari marble, kemudian ada masjid Grand Jamia di Lahore sebagai salah satu masjid terbesar, lalu di Peshawar ada masjid Mahabat Khan yang dibangun di abad ke 17, kemudian ada di Karachi, masjid Tiba dari marble putih dan lain sebagainya.



Leave a Reply