Dijuluki Surga di Bumi, Nih 10 Tempat Wisata di Kashmir


prita  July 16, 2020  0 Comment

India tak hanya soal Taj Mahal dan New Delhi saja. Negara ini juga memiliki banyak sekali wisata alam yang indah dan memanjakan mata. Salah satunya adalah Kashmir. Kashmir merupakan negara bagian India yang terbagi menjadi tiga wilayah lagi, yaitu Jammu, Kashmir dan Ladakh. Lokasinya yang berada di ketinggian dan sangat dekat dengan pegunungan Himalaya, membuat Kashmir mendapat julukan Sebagai ‘Swiss nya India’. Kashmir dianugerahi pemandangan indah yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Tertarik berkunjung ke Kashmir? Berikut adalah wisata di Kashmir dengan pemandangan menggetarkan hati

Rekomendasi Tempat Wisata Kashmir

1. Indira Gandhi Tulip Garden

indira gandhi tulip garden
tourmyindia.com

Wisata di Kashmir yang pertama adalah Indira Gandhi Tulip Garden. Wisata yang satu sangat cocok bagi kamu yang suka menikmati pemandangan alam dengan bunga-bunga yang cantik.

Indira Gandhi Tulip Garden merupakan sebuah taman rekreasi yang dipenuhi oleh Bunga Tulip. Hamparan kebun yang luas dimana bunga Tulip berwarna-warni tumbuh bermekaran tentu sangat memanjakan mata. Bunga Tulip yang tumbuh di kebun ini jumlahnya cukup banyak sehingga sangat cantik bila dijadikan spot foto.

Terlebih lagi, kebun bunga ini dikelilingi oleh pegunungan yang akan menambah eksotis fotomu. Karena lokasinya yang ada di pegunungan,kamu tentu bisa merasakan sejuknya udara saat berkunjung ke taman ini.

Gotravelly

Terpesona Oleh Megahnya Amer Fort Jaipur

Menyambangi Taj Mahal, Bangunan Paling Ikonik Di India

2. Jamia Mosque

Jamia Mosque
indiatomorrow.net

Kashmir tak hanya menawarkan wisata alam yang indah tapi juga wisata religi yang syahdu. Salah satu masjid yang paling populer di Kashmir adalah Jamiq Mosque. Karena kepopulerannya, masjid ini tak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan Muslim, namun juga wisatawan non-Muslim.

Baca juga :  6 Tradisi Ramadhan di India Yang Unik Dan Meriah

Jamia Mosque dikenal sebagai masjid terbesar di Kashmir yang mampu menampung ribuan jamaah sekaligus. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah sehingga mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang, tak hanya untuk beribadah mereka juga mengagumi desainnya yang menawan.

3. Shri Amernath Cave Temple

 Shri Amernath Cave Temple
zeenews.india.com

Jika kamu suka dengan wisata ekstrim dan memacu adrenalin, cobalah berkunjung ke Amernath Cave. Amernarh Cave menjadi salah satu wisata di Kashmir yang cukup menarik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya.

Amernath Cave merupakan sebuah gua bawah tanah yang berada di Anantnag, Kashmir. Lokaisnya memang berada agak jauh dari pusat Kashmir, dengan medan yang terjal dan sulit. Namun indahnya pemandangan gua ini tentu mampu mambuatmu terpukau sehingga lupa akan lelahnya perjalanan menuju kesini.

4. Shalimar Bagh

shalimar bagh
tripboba.com

Kalau kamu suka bersantai tapi sambil mengenal sejarah seputar India, datang ke Shalimar Bagh bisa jadi pilihan. Shalimar Bagh menjadi taman bersejarah di India yang lokasinya ada di Kashmir.

Shalimar Bagh merupakan sebuah taman yang berada di pelataran kerajaan. Taman ini merupakan peninggalan Kerajaan Mughal yang sangat erat kaitannya dengan sejarah India. Di taman ini kamu juga akan menemukan berbagai peninggalan Kerajaan Mughal lainnya, seperti air mancur, kolam serta bangunan-bangunan lainnya.

5. Danau Dal

danau dal
flickr.com

Danau Dal atau Dal Lake menjadi salah satu wisata di Kashmir yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Berada di kota Srinagar, Danau Dal menjadi objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Kamu bisa menikmati keindahan Danau Dal dengan cara mengelilinginya menggunakan perahu dayung dengan atap kain yang biasa disebut sebagai Shikara. Di tengah danau, kamu bisa melihat hijaunya daun yang menggenangi danau dan kapal kayu besar. Kapal kayu besar tersebut disebut dengan House Boat, yang merupakan tempat penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Jika kamu ingin menikmati danau ini lebih lama, kamu bisa menginap di penginapan ini karena kamu akan dimanjakan langsung pemandangan Danau Dal yang indah.

Baca juga :  30 Tempat Wisata di Sydney, Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam

6. Thajiwas Glacier

thajiwas glacier
tourmyindia.com

Thajiwas Glacier atau Gletser Thajiwas juga menjadi salah satu wisata di Kashmir yang tak boleh kamu lewatkan. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan kegiatan trekking atau mendaki.

Berada sekitar 3 kilometer dari Sonamarg, gletser ini berada diketinggian hingga 3000 meter diatas permukaan laut dan selalu tertutup salju sepanjang tahun. Jika kamu tidak suka mendaki, kamu bisa menjelajah tempat ini dengan menyewa kuda poni untuk sampai di gletser. Sepanjang perjalanan menuju gletser, kamu akan disuguhkan dengan keindahan danau beku yang dikelilingi oleh tanaman hijau sehingga sangat kontras namun sangat memanjakan mata.

7. Baisaran Hills

Baisaran Hills
budgettours.co.in

Baisaran Hill juga menjadi destinasi wisata di Kashmir yang tak boleh kamu lewatkan. Baisaran Hills atau Bukit Baisaran ini sering disebut juga sebagai ‘Mini Switzerland’ karena memiliki padang rumpaut hijau yang luas seperti yang ada di Swiss.

Baisaran Hill merupakan perbukitan yang indah dan berada sekitar 5 kilometer dari Pahalgam. Hutan pinus yang lebat dengan padang rumput hijau yang luas membentang serta pegunungan salju yang mengelilingi seolah menjadi perpaduan paling menakjubkan yang bisa kamu lihat. Disini juga terdapat area perkemahan yang menjadi area istirahat para pendaki yang ingin menuju ke Danau Tulian.

8. Betaab Valley

betaab valley
holidify.com

Wisata di Kashmir selanjutnya adalah Betaab Valley atau lembah Betaab. Betaab Valley awalnya dikenal dengan nama Hagan Valley atau Hagoon, namun kemudian banyak orang menyebutnya sebagai Betaab Valley setelah kawasan ini menjadi lokasi syuting salah satu film Bollywood yang cukup terkenal yaitu Betaab.

Betaab Valley berada sekitar 15 kilometer dadi Pahalgam, Distrik Anantnag, Kashmir. Disini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan padang rumput hijau yang menyejukkan mata dan pegunungan dengan salju dipuncaknya seolah menjadi perpaduan sempurna. Tak hanya itu, kamu bisa menikmati indahnya aliran Sungai Lidder dengan airnya yang jernih dan pepohonan yang mengelilinginya sehingga menciptakan suasana yang tenang dan udara sejuk khas pegunungan.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Karanganyar Paling Menarik Pemandangannya

9. Sungai Nilagrad

wisata terdekat
luxurytrailsofindia.com

Wisata di Kashmir yang menakjubkan selanjutnya adalah Sungai Nilagrad. Sungai indah ini mengalir di lembah Sonamarg dari pegunungan.

Sungai cantik ini sangat di hormati di Kashmir karena dianggap memiliki manfaat dan memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Sungai Nilagrad ini menyatu dengan Sungai Indus yang merupakan terpanjang di dunia. Aliran sungai ini mengalir dari ketinggian pegunungan menuju pegunungan yang berbeda lainnya sehingga airnya sangat bersih dan jernih.

10. Gulmarg

gulmarg
kashmirheliski.in

Wisata di Kashmir yang terakhir adalah Gulmarg. Destinasi ini cocok sekali buat kamu yang ingin menikmati salju atau bermain ski. Berada di ketinggian 2730 meter diatas permukaan laut, Gulmarg menjadi destinasi untuk bermain ski paling populer.

Gulmarg berada diantara Karakoram di utara, Pegunungan Pir Panjal di sebelah selatan dan barat, serta berada dekat dengan Pegunungan Zanskar yang berada di timur. Tak hanya menjadi resor ski yang paling populer, Gulmarg juga memiliki lapangan golf tertinggi di dunia, hutan cemara, padang rumput juga gondola tertinggi di dunia.

Demikianlah 10 destinasi wisata di Kashmir yang indahnya luar biasa. Kashmir seolah menjadi heaven on Earth yang sangat sayan sekali bila dilewatkan. Yuk segera agendakan perjalanan kamu menuju Kashmir.



Leave a Reply