Keindahahnnya Bikin Jiwa Bahagia Berikut 10 Tempat Wisata di Latvia


Reni  April 27, 2019  0 Comment



Latvia merupakan salah satu negara republik yang terletak di kawasan semenanjung Baltik. Negara yang dalam sejarahnya pernah menjadi bagian dari Rusia ini merdeka di tahun 1991, dan menawarkan pariwisata yang sangat indah. Pesona laut Baltik menjadi pendongkrak popularitas dan daya tarik wisata di negara yang penduduknya sekitar 2 juta jiwa ini. Selain pesona alam yang luar biasa, Latvia adalah rumah bagi bangunan-bangunan klasik yang banyak berdiri di berbagai wilayah Latvia. Karena luas wilayah negara ini tidak begitu besar, serta sudah bergabung dengan Uni Eropa, Latvia dapat menjadi tujuan anda berwisata ke berbagai wilayah Eropa Timur lainnya. Berikut ini tempat wisata Latvia yang layak anda kunjungi, terutama pada musim liburan musim panas:

Tempat Wisata Latvia

1. Liepaja

Liepaja
liepaja.yourmove.lv


Kota Liepaja terletak di bagian timur pantai Latvia yang menghadap langsung ke laut Baltik. Kota Liepaja merupakan salah satu kota yang unik dan menarik bagi pariwisata Latvia karena di dalam satu kota terdapat dua gaya arsitektur yang membagi kedua bagian kota ini. Bagian selatan kota ini merupakan kota tradisional, sementara di bagian utara merupakan bekas kota rahasia dari militer Rusia selama masa Perang Dunia Pertama. Walhasil, gaya arsitektur di kedua bagian kota ini mengikuti bagaimana sejarah yang terjadi di sini. Daya tarik lain dari Liepaja adalah pantai pasir putih yang menghadap laut Baltik yang sangat indah. Dua pantai yang sangat populer di Liepaja adalah Vec Liepaja dan Dienvidrietumi. Sementara ada pula pantai Karosta yang sering menjadi lokasi pertunjukan musik tahunan yang umumnya diadakan di bulan Juli.

Baca juga :  Jelajahi 10 Pantai Indah di Maluku, Panoramanya Kece Abis!
Review tempat wisata

Lezatnya Siomay Wonorejo, Jajanan Legendaris Kala SD!

Martabak Hollania, Cuma Ada Di Jombang Jawa Timur!

2. Gauja National Park

Gauja National Park

ctdots.eu


Latvia juga menawarkan panorama keindahan alam yang masih asri dan alami. Gauja National Park merupakan perpaduan panorama gua-gua yang sangat terawat, tebing yang spektakuler, sungai yang mengalir jernih, serta rimbunan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Salah satu gua yang menarik dikunjungi adalah Gutmanala. Dinding-dinding gua ini dipenuhi oleh berbagai macam prasasti dan coretan-coretan peninggalan kehidupan kuno. Di dalam gua terdapat sumber air yang menurut legenda memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Keindahan Gauja National Park semakin lengkap dengan aliran sungai Gauja yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menakjubkan. Di Gauja National Park ini anda bisa menikmati beragam aktivitas menarik seperti sepeda gunung, hiking, dan kano.

3. Kuldiga

Kuldiga
reveriechaser.com


Wisata alam lain yang bisa anda nikmati adalah salah satu air terjun terlebar di Eropa. Air terjun Venta yang aliran sungainya melintasi rumah-rumah di kota kecil Kuldiga. Selain itu pengunjung juga bisa melihat bekas jembatan bata yang mengagumkan di atas air terjun karena masih utuh meskipun sebagian bangunannya rusak akibat Perang Dunia Pertama. Di air terjun selebar 240 meter ini pengunjung juga bisa menjadi lokasi menangkap ikan salmon yang sangat populer. Selama musim semi, ikan-ikan salmon akan melompati air terjun dan penduduk setempat akan menangkap ikan-ikan yang berjatuhan dari atas air terjun.

4. Cape Kolka

Cape Kolka
flightnetwork.com


Cape Kolka terletak di dalam kawasan Taman Nasional Slitere yang berada di ujung timur laut Latvia. Cape Kolka merupakan daerah perairan terpencil dan masih alami yang jauh dari perkembangan modern. Di Cape Kolka anda bisa menemukan sisa-sisa desa yang ditinggalkan dan pangkalan militer Rusia yang hingga saat ini tidak tersentuh perubahan. Oleh karena itu, anda akan merasa dibawa ke suasana masa lalu di Latvia. Keindahan dari kehidupan masa lalu ini berpadu dengan pesona alam air laut yang indah dan bukit-bukit pasir yang sangat mengagumkan.

Baca juga :  10 Makanan Khas Latvia Yang Rasanya Manja Di Lidah

5. Cesis

Cesis


Cesis merupakan salah satu kawasan kota tua yang merupakan sisa dari kejayaan zaman kerajaan Latvia di masa lalu. Di kota tua Cesis yang terletak di Central Vidzeme Upland menawarkan keindahan kastil kerajaan yang dikelilingi jalan-jalan berbatu yang menawan. Sementara yang menjadi pusat perhatian di Cesis adalah dua buah Kastil yang masih terawat dengan baik. Kastil pertama didirikan pada abad ke-13 saat ini sebagian bangunannya mengalami kerusakan, sementara kastil kedua baru dibangun abad ke 18. Kedua kastil ini dibangun berdampingan dan menawarkan keindahan arsitektur yang luar biasa. Saat ini kedua kastil ini difungsikan sebagai rumah seni dan sejarah Cesis.

6. Rundale Palace

Rundale Palace
likealocalguide.com


Rundale Palace merupakan sebuah istana yang dibangun untuk Dukes of Courtland pada abad ke-18. Istana ini dipenuhi berbagai hiasan dan detail berkelas yang dibuat oleh seniman-seniman dari Italia dan Perancis. Yang menarik adalah seluruh kamar yang ada masih terpasang dekorasi yang sama dengan kondisi aslinya dahulu. Di dalam Rundale Palace juga terdapat Gith Hall yang mengagumkan. Anda juga bisa berjalan-jalan ke Great Gallery yang menyimpan berbagai peninggalan masa lalu istana ini.

7. Ventspils

Ventspils
orangesmile.com


Ventspils merupakan daerah pelabuhan yang sangat sibuk di kawasan laut Baltik. Selain kegiatan pelabuhan yang sibuk dan menarik, anda juga bisa melakukan perjalanan ke Seaside Open Air Museum untuk menyaksikan peninggalan dari kehidupan kota pelabuhan ini di masa lalu, termasuk kawasan desa nelayan. Di musim panas, Vensplis merupakan daerah pantai pasir putih yang sangat populer untuk mandi matahari, bermain voli pantai, maupun kitesurfing.

8. Jurmala

Jurmala
europeanbestdestinations.com


Jurmala merupakan kawasan resort tepi pantai yang terletak tidak jauh dari kota Riga, ibukota Latvia. Jurmala dikenal sebagai resort-resort dengan arsitektur kayu yang menawan. Banyak resort di sini merupakan bekas kamp pemulihan bagi pasukan perang Rusia. Di daerah pesisir pantai anda juga bisa menemukan pusat terapi berkuda dan sanatorium. Lokasi ini bisa menjadi pilihan anda bermalam di sekitar Riga.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Toraja Paling Indah dan Berkesan

9. Sigulda

Sigulda


Sigulda merupakan salah satu kota bersejarah yang tidak jauh dari Riga. Tempat Wisata Latvia Sigulda juga dijuluki sebagai “Swiss-nya Latvia” karena pemandangannya yang mengagumkan. Kota ini dipenuhi kastil-kastil tua yang sebagian besar hancur atau rusak karena perang. Anda bisa menikmati keindahan taman-taman di sekitar kastil yang terbuka untuk umum. Selain itu, berjalan-jalan di dalam sisa-sisa kastil yang masih menampakkan pesona arsitekturnya juga menjadi pilihan yang mengagumkan. Tempat wisata Latvia ini menawarkan keindahan yang tidak boleh anda lewatkan dari arsitektur maupun pesona alam yang asri.

10. Riga

Riga


Ibukota Latvia ini menjadi tempat wisata Latvia yang paling populer dengan arsitektur kotanya yang menawan. Cara terbaik untuk menikmati keindahan kota Riga adalah dengan berjalan kaki. Kota tua atau Verciga di Riga ini dibangun kembali dengan fondasi aslinya di tahun 1990-an, dengan desain yang sama dengan bangunan aslinya. Fondasi arsitektur aslinya telah banyak yang rusak akibat perang. Centrs adalah bagian kota Riga yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena di sini terdapat 800 an bangunan Nouveau Art yang masih utuh. Jangan sampai anda melewatkan Open Air Museum Etnografi Latvia yang menyuguhkan sejarah dan budaya Latvia, rumah adat, hingga orang -orang yang berseliweran dengan pakain yang sangat otentik.



Leave a Reply