10 Tempat Wisata di Kediri yang Indah Tapi Jarang Diketahui


sisil angelin  July 24, 2018  0 Comment

Kalau mendengar Tempat Wisata di Kediri, pasti yang langsung terlintas di benak kita adalah Monumen Simpang Lima Gumul atau yang lebih sering disebut SLG dan kawasan wisata Gunung Kelud lengkap dengan semua wahananya mulai dari Taman Agromulyo, tempat bermain kuda, hingga taman hammock. Namun selain dua tempat tersebut, Kediri sebenarnya masih memiliki banyak obyek wisata yang tidak kalah indah dan menarik. Jadi, kalau kalian berkunjung ke Kediri dan bingung mau main ke mana lagi, 10 tempat wisata di Kediri ini bisa jadi alternatif lhooo… Disimak yuk yuk yuk!

1. Wisata Sumber Ubalan

Wisata Sumber Ubalan

JejakPiknik.com

Tempat wisata yang terletak di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri ini sudah cukup lama dibuka. Bisa dibilang, Ubalan merupakan salah tempat wisata air pertama yang ada di Kediri. Berbeda dengan tempat wisata lain yang harganya kian lama kian terasa mahal, Wisata Sumber Ubalan tetap bertahan dengan tiket masuk yang terjangkau, yakni Rp 5.000 per orang. Dengan tarif tersebut, kita yang berkunjung ke sana sudah dimanjakan dengan pemandangan indah, dikelilingi dengan pepohonan dan sumber yang airnya bening. Kendati tidak boleh digunakan untuk berenang, namun di sana sudah ada kolam renang yang bisa kita gunakan sepuasnya.

Review kuliner

Menikmati Senja Di Gunung Kelud

Sendang Wedodaren, Kolam Renang Untuk Anak Anak

2. Resort Kelir

Resort Kelir

YouTube.com

Resort atau Taman Kelir ini terletak di kaki Gunung Wilis. Makanya, hawa di tempat ini sangat sejuk dan pemandangannya pun juga tidak perlu diragukan lagi, sangat indah. Meskipun jalan menuju tempat ini sangat sulit, harus melewati jalanan terjal, namun semua terbayar lunas ketika sudah sampai di lokasi. Di Resort Kelir ini, kita bisa menemukan rumah pohon yang sangat instagrammable. Cocok sekali untuk kita yang hobi berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Untuk memasuki Resort Kelir, kita hanya butuh merogoh kocek Rp 5.000 per orang dan biaya untuk parkir.

Baca juga :  Yuk intip 7 Wisata di Pare, Kediri Yang Seru Untuk Dikunjungi

3. Sumber Sugihwaras

Sumber Sugihwaras

wisatalengkap.com

Wisata Air Sumber Sugihwaras terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Berbeda dengan Sumber Ubalan yang tidak boleh dipakai untuk berenang, sumber ini membebaskan pengunjungnya untuk berenang. Makanya jangan heran kalau kalian ke sana pada Hari Sabtu atau Minggu, tempat ini pasti dipenuhi anak-anak yang berenang di sumber. Wajar saja karena selain airnya yang bersih, untuk masuk ke Wisata Air Sumber Sugihwaras, kita hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Setelah berenang, kita bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan yang rindang.

4. Desa Wisata Jambu

Desa Wisata Jambu

tokoilmukita.blogspot.com

Ini dia desa wisata unggulan di Kabupaten Kediri. Desa yang terletak di Kecamatan Kras ini mempunyai banyak wahana wisata yang cocok untuk mengedukasi anak-anak sampai orang dewasa. Menurut kepala desanya, Desa Jambu memang akan diarahkan menjadi desa wisata edukasi. Beberapa wahana yang bisa dinikmati di desa ini antara lain petik kelengkeng, sejuta ikan dan yang paling seru adalah arung jeram menggunakan ban di waduk desa tersebut. Hayo, siapa yang ingin merasakan terjun bebas hanya menggunakan ban?

5. Lembah Peri Peri

Lembah Peri Peri

lembahperiperi.blogspot.com

Lembah Peri Peri merupakan tempat wisata di Kediri yang baru saja diresmikan Mei lalu. Lembah ini terletak di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Di sini, kita bisa menikmati indahnya air terjun sambil bermain tubing. Karena baru dibuka, tempat ini memang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Makanya belum terlalu ramai. Sebelum tempat indah ini menjadi viral dan banyak yang berkunjung, yuk kita duluan kesana!

6. Dam Bakung

Dam Bakung

dedepur.blogspot.com

Dam Bakung ini dulu sempat ramai dibicarakan publik karena pernah dijadikan salah satu tempat uji nyali. Menepiskan semua misteri yang ada di dam ini, dam yang terletak di Kecamatan Wates ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tempat ini cocok dijadikan tempat foto-foto, apalagi ketika langit sedang biru. Coba bayangkan, perpaduan antara hijaunya pepohonan, birunya langit dan air dam yang memantulkan dua warna tersebut. Pasti indah sekali kan? Yuk kesana yuk!

Baca juga :  Berikut 10 Tempat Wisata Pesona Di Ujung Barat Bali

7. Waduk Siman

Waduk Siman

wisataalamkediri.blogspot.com

Mau berburu matahari terbit? Waduk Siman jawabannya! Kalau mau berburu matahari terbenam? Waduk Siman juga jawabannya! Tempatnya yang lapang membuat kita leluasa melihat ke arah timur dan barat membuat tempat ini cocok untuk menangkap matahari. Apalagi biaya masuk tempat ini tidak ada alias gratis tis tis! Makanya, bagi para penikmat matahari, yuk kita buruan kesana. Dijamin tidak bakal rugi lho! Waduk Siman terletak di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

8. Lembah Gandrung

Lembah Gandrung

YouTube.com

Nah, kalau Lembah Gandrung ini terletak di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Saat ini, Lembah Gandrung sudah menjadi salah satu jujugan wisata favorit penduduk lokal karena pemandangannya yang memang indah. Setelah akses menuju ke tempat ini dibuka, banyak masyarakat yang memilih menghabiskan waktunya di sana pada hari libur. Makanya, pemerintah daerah memberikan perhatian lebih pada Lembah Gandrung dengan menambahkan spot-spot untuk berfoto yang super instagrammable. Mau cari tempat baru untuk feed Instagram-mu? Main ke Lembah Gandrung saja yuk!

9. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi

myridemyadventure.blogspot.com

Seperti namanya, candi ini terletak di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Candi Tegowangi ini hanya satu dari sekian banyaknya peninggalan sejarah yang ada di Kediri. Ukuran candi ini sebenarnya tidak terlalu besar, hanya sekitar 121 meter persegi dengan tinggi 4,5 meter. Namun bagi yang ingin menghabiskan senja dengan berlatar belakang candi, Candi Tegowangi bisa menjadi pilihan yang tepat. Setelah dari Candi Tegowangi, kita bisa sekalian berkunjung ke Candi Surowono yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Badas.

10. Sumber Gundi

tempat wisata terdekat

reuniperaksmast90.wordpress.com

Satu lagi sumber air yang terdapat di Kabupaten Kediri. Kali ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pagu. Nama Sumber Gundi ramai diperbincangkan publik setelah agenda tahunan bersih desa di tempat ini, yakni Grobyak Ikan, mencuat di media massa dan media sosial. Banyak masyarakat yang penasaran dengan sumber ini kemudian datang ke sana setiap ada agenda tersebut. Namun lama kelamaan, banyak pula masyarakat yang datang ke sana hanya untuk menghabiskan waktu. Tempatnya yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.
Nah, itu tadi 10 tempat wisata di Kediri yang tidak boleh kalian lewatkan begitu saja ketika berkunjung ke Kediri. Selain 10 tempat wisata di atas, Kediri masih memiliki puluhan tempat wisata lain yang juga tidak kalah indah. Kalau kita berkunjung ke bagian kotanya, kita bisa berkunjung ke sejumlah taman di Kota Kediri, seperti Hutan Joyoboyo, Memorial Park, Taman Brantas, Taman Sekartadji dan Kebun Bunga Matahari. Dari Kebun Bunga Matahari, jika naik ke atas sedikit, kita bisa sekalian berkunjung ke Goa Selomangleng dan Museum Airlangga. Di museum tersebut ada sejarawan yang siap menceritakan sejarah Kediri kepada kita. Makanya, liburan yang akan datang, yuk ramai-ramai datang ke Kediri!



Leave a Reply