Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Tempat Wisata di Georgia Dijamin Bikin Kamu Bahagia


Reni  January 21, 2019  4 Comments

Kini, jalan-jalan ke berbagai negara Eropa semakin mudah dengan berlakunya Visa Schengen. Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengurus visa dari satu negara ke negara Eropa lainnya jika memiliki visa ini. Berbicara tentang Eropa, berlibur ke negara-negara Eropa Barat seperti Inggris dan Perancis, bukan lagi hal yang asing. Padahal, beberapa negara di Eropa Timur juga tidak kalah menarik. Salah satu negara yang recommended untuk dikunjungi adalah Georgia. Daya tarik wisata negara ini terletak pada gunung batu dan bukit nan hijau serta bangunan-bangunan sejarah berarsitektur indah. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Georgia yang wajib anda kunjungi.

1. Tbilisi

The New York Times

Hampir setiap wisatawan yang bepergian ke Georgia pasti berkunjung ke Tbilisi. Ibu kota dari Georgia ini terbilang unik, dimana Tbilisi merupakan perpaduan dari berbagai pengaruh budaya, mulai dari budaya Eropa, Asia hingga Timur Tengah. Tbilisi merupakan kota tua penuh dengan sejarah yang dikelilingi bukit dan pegunungan. Tidak hanya pemandangannya yang menakjubkan, anda juga dapat menikmati kuliner-kuliner lokal di beberapa restoran terbaik di kota ini dengan harga yang terjangkau. Cara paling tepat untuk menikmati kota ini adalah dengan menjelajahi jalanan kota dimana anda dapat melihat kemegahan arsitektur bangunan di Tbilizi.

2. Batumi

Tempat Wisata di Georgia

Tkemali Tour

Batumi merupakan salah satu destinasi wisata musim panas favorit. Kota ini terletak di tepi pantai Laut Hitam. Anda dapat merasakan harmoni antara dua budaya dan agama yang berbeda di kota ini. Anda dapat mendengar lonceng Gereja berdentang namun pada saat yang sama anda juga bisa mendengar suara adzan berkumandang dari Masjid sebelahnya. Arsitektur kota ini adalah kombinasi gaya Eropa dan Asia. Anda akan merasakan sensasi seperti berada di negeri dongeng karena bangunannya memiliki banyak menara, patung, dan warna yang indah. Beberapa tempat menarik yang bisa anda kunjungi di kota ini adalah Batumi Botanical Garden, Akuarium, Batumi Boulevard, dan Adjara State Museum.

3. Mtskheta

Sakurageorgia

Bagi anda yang menyukai wisata religi, maka Mtskheta dapat menjadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi. Mtskheta merupakan kota kelahiran agama Kristen Orthodox di Georgia. Oleh karena itu, banyak monumen-monumen bersejarah di kota ini, seperti Jvari Monastery, Svetitskhoveli Cathedral, reruntuhan Pompey’s Bridge, dan sebagainya. Kota ini juga merupakan kota tertua di Georgia, dimana jejak pemukiman manusia berumur 4.000 tahun ditemukan di sini. Apabila anda berkunjung ke Jvari Monastery, anda dapat melihat pemandangan kota Mtskheta dari ketinggian. Di sini juga anda bisa berhenti sejenak dan menikmati segarnya jus delima dan khinkali (sejenis dimsum khas Mtskheta berisi daging) di kios-kios terdekat.

4. Kazbegi (Stepantsminda)

Tempat Wisata di Georgia

Wikipedia

Kazbegi terletak di kaki Pegunungan Kazbegi yang kini telah memiliki nama baru yaitu Stepantsminda. Kota kecil ini dikelilingi oleh pegunungan Kaukasus yang tertutup salju. Situs menarik di kota ini adalah Gergeti Trinity Church yang menjulang di ketinggian 2.000 mdpl. Gereja ini dapat ditempuh melalui lembah-lembah pegunungan yang menakjubkan. Hal menarik yang dapat anda lakukan di kota ini adalah melakukan pendakian di bukit-bukit dan pegunungan Kazbegi maupun sekedar berjalan santai berkeliling kota, bersantai di kedai kopi dan wine menikmati khachapuri kudapan khas Kazbegi. Latar belakang dari Pegunungan Kazbegi yang spektakuler dapat menjadi spot foto menarik untuk anda ambil. Momen terbaik untuk menikmati keindahan kota ini adalah di pagi hari ketika matahari terbit.

5. Svaneti

Booking.com

Svaneti merupakan daerah yang terletak di Mestia dan merupakan salah satu tempat wisata di Georgia yang kaya akan historis. Svaneti ini merupakan rumah bangsa Svans, yaitu sekelompok etnis yang telah tinggal di pegunungan Georgia sejak dahulu kala. Daerah ini terkenal dengan arsitektur bangunannya yang unik, dimana rumah-rumah di desa ini tersusun dari batu-batu berbentuk kotak dan menara yang menjulang tinggi. Menara pertahanan di desa ini digunakan sebagai tempat pertahanan dari serangan suku lain. Hingga saat ini, beberapa bangunan masih digunakan sebagai tempat tinggal. Desa Svaneti dikelilingi oleh pegunungan Kaukasus Besar dan padang rumput Alpen. Berjalan di desa ini akan memberikan sensasi kembali pada Abad Pertengahan Eropa.

6. Ushguli

Tempat Wisata di Georgia

flickr

Tidak jauh dari Svaneti, terdapat satu desa unik lagi yang wajib anda kunjungi bernama Ushguli. Ushguli merupakan desa tertinggi di Eropa, yakni dengan ketinggian mencapai 2.200 mdpl. Desa ini sangat terpencil dan jalan satu-satunya menuju desa ini pun sangat terjal dan berlumpur. Namun terjalnya perjalanan yang anda tempuh akan terbayarkan dengan pemandangan alam dan pesona desa yang menakjubkan. Hingga saat ini desa ini masih digunakan sebagai tempat pemukiman. Uniknya, mereka masih menunggang kuda untuk bepergian. Suasana asri dan kental akan sejarah tempo dulu menjadi salah satu daya tarik desa ini dan anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat ini.

7. Gudauri

Tempat Wisata di Georgia

Advantour

Bagi anda yang gemar bermain ski, maka Gudauri merupakan destinasi yang tepat untuk anda kunjungi. Gudauri memiliki resort terbaik di Eropa dengan ketinggian 3.000 meter yang memiliki ski run sepanjang 57 km dengan fasilitas 7 lift. Semua jalur lift beroperasi mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Anda bahkan dapat menikmati paket heliski, menggunakan helikopter untuk mencapai area-area terbaik resor ini. Selain resort ski, Gudauri juga memiliki tempat wisata menarik lainnya, seperti Holy Trinity Monastery dan pergi bertamasya ke Truso Gorge maupun menyusuri perbatasan Rusia di Darial Gorge.

8. Kakheti

Tempat Wisata di Georgia

Wander-Lush

Georgia dikenal sebagai negara penghasil anggur terbaik dan terjangkau di dunia. Maka dari itu, rasanya tidak akan lengkap jika anda belum mengunjungi daerah penghasil wine terbesar di Georgia ini. Hampir 75% dari wine yang dimiliki Georgia berasal dari Kakheti. Tidaklah heran apabila banyak guesthouse di sini akan menyambut anda dengan sebotol besar anggur dan sepiring penuh buah-buahan. Wine Kakheti dibuat dengan cara memfermentasi anggur utuh (termasuk tangkai dan kulitnya) dalam wadah tanah liat yang disebut qvevri. Hampir semua rumah di Kakheti memiliki ruang fermentasi wine bawah tanah. Selain menikmati keunikan Kakheti, sempatkan juga untuk mampir ke beberapa kilang anggur di Sighnaghi tak jauh dari Kakheti. Kota ini memiliki benteng tinggi dan terowongan yang kini digunakan untuk menyimpan wine secara alami.

9. Chiatura

Tempat Wisata di Georgia

Advantour

Pada zaman dahulu, Chiatura merupakan salah satu kota pertambangan besar di dunia. Daya tarik utama dari kota ini adalah jaringan kereta gantung kuno. Kereta gantung ini dibangun oleh Stalin untuk mendukung peningkatan produktivitas pertambangan. Setiap sudut kota dihubungkan dengan kereta kabel ini. Oleh karena itu, Chiatura juga dikenal sebagai kota kereta kabel. Kebanyakan kereta gantung sudah berkarat, namun beberapa masih dapat digunakan hingga saat ini bahkan dijadikan transportasi publik gratis. Anda akan merasakan pengalaman yang luar biasa menegangkan dan sedikit menakutkan mengendarai kereta gantung ini. Bagi anda yang menyukai wisata mistis, Chiatura juga memiliki beberapa situs mistis dan beberapa wisatawan pun mengaku pernah merasakan hantu Kekaisaran Soviet.

10. Uplistsikhe

Travel On Spot

Tempat wisata di Georgia tidak bisa anda lewatkan adalah Uplistsikhe. Uplistsikhe merupakan kompleks gue kuno yang dibangun di atas bukit dan telah berusia lebih dari 3.000 tahun. Luas kota ini hampir seluas 40.000 m2 yang pada zaman dahulu dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi para pedagang di Jalur Sutra. Di dalamnya terdapat apotek, toko roti, amfiteater, dan bahkan penjara. Semua ruang dan struktur di kota batu ini dihubungkan melalui terowongan. DI atas kompleks ini terdapat sebuah gereja yang dibangun pada abad ke-9. Anda akan banyak menemukan spot-spot menarik untuk berfoto maupun berpetualang.

Leave a Reply

4 Comments
  1. Backpacker Tampan says:

    Wow, keren keren. Tapi jauh, kapan ya bs kesana 🙁

  2. buku mimpi says:

    keren bgt tempatnya