10 Makanan Khas Georgia Menggugah Selera


Reni  January 21, 2019  0 Comment



Makanan khas Georgia yang begitu nikmat di lidah sehingga membuat orang terbayang-bayang bagaimana rasanya, hal itu memang selalu menjadi primadona saat berkunjung ke negara pecahan Rusia. Olahan masakan Georgia notabene berasal dari daging dan bumbu rahasia yang membuat khas saat mengunyah lebih dalam ditambah aroma bawang yang kuat.

Daftar makanan khas Georgia yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Lobiani

Ketika berkunjung ke Negara Georgia anda pasti bingung ingin memakan apa karena semua sajian di menu restoran membuat ngiler saat melihatnya. Pertama yang perlu anda coba adalah makanan bernama Lobiani karena makanan ini cukup ringan bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Georgia. Lobiani merupakan makanan berbahan dasar fermentasi susu dengan campuran kacang ini masih mudah di lidah ala Indonesia. Bentuknya ada yang bundar atau setengah lingkaran, ketebalannya sekitar 1-2 cm, mungkin mirip dengan kue terang bulan kalau di Indonesia. Cara memasaknya juga dengan dipanggang tidak dengan digoreng.

review makanan

Nyobain Ceker Lapindo Khas Sidoarjo, Ternyata Gini Rasanya

Bro Grill & Chill BBQ Bali

2. Khachapuri

Merupakan makanan berbahan dasar tepung atau lebih tepatnya yang sudah berbentuk roti gepeng hampir mirip dengan Pizza Italia. Khachapuri sendiri ada beberapa macam antara lain:

  • khachapuri acharuli (berbentuk seperti perahu, bagian tengah keju, telur setengah matang)
  • khachapuri imeruli (berbentuk bulat seperti pizza, bagian atas polos,bagian dalam ada lapisan keju yang meleleh, disajikan mirip dengan potongan pizza)
  • khachapuri penovani (berbentuk kotak, berisi keju yang meleleh dan dibungkus dengan lapisan kulit tipis renyah).
Baca juga :  7 Rekomendasi Nasi Jamblang Terkenal Paling Enak di Cirebon

3. Khabizgina


Bagi anda yang sedang ingin menggemukkan badan bisa mengonsumsi makanan berbahan dasar roti dengan campuran kentang rebus serta lelehan keju di dalamnya. Makanan itu bernama Khabizgina yang khas dibuat oleh warga daerah Ossetia, georgina. Saat musim dingin menu ini memang enak sekali dimakan karena selain membuta kenyang juga badan menjadi lebih hangat.

4. Kubdari

Kubdari Makanan Khas Georgia


Kubdari merupakan makanan yang sangat cocok dikonsumsi saat musim dingin dan musim semi karena berbahan dasar roti dengan isian daging sapi dan daging babi. Olahannya sangat unik, pertama dengan digoreng kemudian dipanggang agar bau daging dan rempahnya menyengat di hidung Anda. Jika Anda pergi ke Georgina khususnya Pegunungan Svaneti maka makanan ini akan banyak sekali dijual dengan harga yang murah dan porsi yang menggila.

5. Pkhali


Bagi Anda yang sedang menjalani program diet daging bisa menikmati makanan lucu dan unik berbentuk bulat dengan bahan dasar sayuran. Sayuran yang diisikan antara lain bayam, kenari, kacang, bit, wortel, terong yang dikombinasikan dengan roti jagung atau roti tepung. Ada kombinasi topping dengan potongan buah ceri dan irisan apel. Makanan ini disajikan dengan sedikit saos atau mayonaise jika memang terasa sedikit hambar.

6. Badrijani Nigvzit


Satu lagi makanan khas Georgina yang baik sekali untuk program diet yaitu Badrijani Nigvzit, merupakan makanan berbahan dasar terong yang disisir halus kemudian digoreng dan dicampur dengan kenari lalu ditambahkan rempah bawang yang kuat sehingga aromanya merangsang hidung untuk memakannya. Badrijani Nigvzit akan anda temui jika masuk ke restoran sebagai makanan pembuka pesta.

7. Khinkali


Merupakan makanan yang berbentuk seperti moci atau bunga lotus dengan lapisan kulit pangsit dan isian yang beragam seperti daging, jamur, keju, keju cottage, atau kentang rebus. Makanan ini sangat cocok didampingi dengan saos teriyaki atau mayonaise. Cara memakannya menggunakan sumpit dan dicelupkan ke mangkok saos. Sayangnya, untuk Khinkali memiliki tekstur kulit yang tebal sehingga beberapa orang kurang suka dengan kulit yang tebal ini.

Baca juga :  15 Restoran Seafood di Medan, Kuliner Terenak dan Terkenal!

8. Homemade Stuff


Penduduk di daerah pinggiran Georgia sangat kreatif sekali dalam membuat olahan makanan seperti keju, roti, acar, salad sayur, minuman anggur, anggur vodka lokal, roti mungil, teh herbal. Anda tertarik dengan menu tradisonal ala Georgia bisa mengunjungi pedesaannya.

9. Tarragon


Olahan dari tumbuhan herbal yang dibuat minuman kesehatan bernama Tarragon ini sangat berguna untuk vitalitas dan menambah stamina bagi anda yang berprofesi sebagai pekerja keras. Minuman ini brwarna hijau bening yang memiliki bau khas dan rasa yang cukup unik.

10. Pelmen


Merupakan makanan kembaran dari Khinkali, hanya saja bentuknya lebih kecil dan mungil, yang dibungkus dengan kulit pangsit. Isiannya daging ayam atau sapi yang dimakan sekali lahap saja dengan racikan bumbu lebih kuat dibanding Khinkali. Sehingga, ketika dikukus atau digoreng aroma bawang dan mericanya membuat bersin. Pada umumnya, Pelmen disajikan sepiring dengan isi 20 biji.

Berkunjung ke negara pecahan Rusia, Georgia tak lengkap jia tidak mencicipi sajikan khasnya, apalagi jika Anda bisa membuatnya setiba di Indonesia. Makanan yang berbahan dasarnya mudah ditemukan dan dengan resep yang murah meriah pastinya menarik untuk dicoba beramai-ramai menikmati masakan khas Georgia ala buatan tangan anda sendiri pastinya lebih seru.



Leave a Reply